Resep Roti Bakar Bandung Buat Usaha Kuliner Malam!

Resep roti bakar memang sekilas mudah untuk dibuat. Tapi kalau resep roti bakar buat memulai usaha kuliner pastinya ada resep roti bakar khusus supaya cita rasanya sesuai dengan selera orang kebanyakan. Usaha roti bakar adalah salah satu jenis usaha kuliner yang banyak ditemui hampir di setiap sudut kota. Roti bakar adalah jajanan asal Bandung yang menyenyangkan. Penggemar roti bakar juga berasal dari banyak kalangan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Biasanya roti bakar sangat cocok untuk disantap di malam hari di waktu-waktu santai atau kumpul dengan orang-orang terdekat layaknya martabak atau terang bulan yang juga banyak dijajakan.

Roti bakar merupakan kuliner dengan bahan utama roti tawar yang dipanggang di wajan dengan hasil akhir tekstur roti yang renyah dan smoky. Pilihan selai, rasa, atau toping menjadi daya tarik tersendiri dalam menikmati sajian roti bakar. Mulai dari selai nanas, strawberry, susu, cokelat meses, kacang, keju, sampai variasi selai atau toping kekinian seperti oreo, almond, greentea, vanila, serta rasa lainnya menjadi hal yang membuat orang makin tertarik untuk menikmati sajian roti bakar sesuai selera mereka.

paper-cup-baner-web

Peluang Usaha Roti Bakar

Usaha roti bakar lebih dikenal sebagai bisnis kuliner sederhana dengan keuntugan yang didapatkan tidak terlalu besar. Padahal konsumen dari kuliner roti bakar ini mencakup semua kalangan. Sampai sekarang usaha roti bakar masih tetap eksis karena kebiasaan konsumen kebanyakan orang Indonesia yang memang dikenal dengan guyup rukunnya. Mulai dari martabak, gorengan, sampai roti bakar merupakan kuliner yang sangat cocok untuk disantap saat kumpul bersama keluarga atau orang-orang terdekat.

Roti bakar juga menjadi salah satu kuliner pilihan untuk menjadi bingkisan sederhana ketika berkunjung ke tempat saudara, keluarga, teman, atau rekan kerja. Hal tersebut banyak terjadi mungkin karena memang kebanyakan orang doyan dengan sajian roti bakar, hanya saja selai atau topingnya saja yang setiap orang punya seleranya masing-masing. Tapi kebanyakan orang pasti doyan dengan sajian mengenyangan roti bakar ini.

Hal tersebutlah yang menjadikan peluang usaha kuliner roti bakar masih terbuka lebar dan menjanjikan. Begitu juga dengan kamu yang bisa menjalankan usaha roti bakar ini dari skala kecil. Apalagi kalau rumah kamu berada di dekat jalan utama atau dekat pusat keramaian seperti pasar, sekolah, kampus, perumahan, atau wilayah perkantoran. Kamu bisa memulai usaha roti bakar dari rumah dengan target konsumen dimulai dari orang-orang di sekitar kamu tinggal dengan menawarkan beragam rasa atau toping roti bakar dengan harga terjangkau.

Memulai Usaha Roti Bakar

Untuk memulai usaha ini pasti butuh resep roti bakar yang sesuai dan bisa dikatakan tidak terlalu rumit karena bahan-bahan untuk membuat roti bakar tidak sulit untuk ditemukan. Banyak tersedia di pasar, supermarket, atau toko khusus bahan kue. Resep roti bakar ini memang sederhana tapi untuk memulai usaha ini kamu juga harus memiliki perencanaan usaha kuliner yang matang.

Pertama adalah tentukan menu roti bakar yang akan kamu jual. Sediakan variasi atau toping yang beragam supaya konsumen yang membeli roti bakar kamu semakin banyak. Tidak hanya resep roti bakar dengan rasa atau toping yang umum saja seperti cokelat, keju, kacang, tapi sediakan juga variasi rasa yang lebih beragam seperti oreo, greentea, vanila, caramel, milo, serta selai dengan beragam rasa buah.

Kedua, penentuan harga disesuaikan dengan variasi menu yang kamu tawarkan. Seperti yang sudah dibahas tadi bahwa menyediakan resep roti bakar untuk menu dengan variasi rasa atau toping dalam satu harga akan lebih memudahkan konsumen dan juga kamu sebagai penjual. Tapi yang perlu kamu pahami di sini adalah menyesuaikan variasi menu dengan harga jual. Tentu akan berbeda ketika harga variasi menu roti bakar cokelat oreo dengan cokelat susu. Perhitungkan dengan baik harga jual setiap variasi menu yang kamu tawarkan agar kamu tidak rugi.

Ketiga, dalam menjalankan usaha roti bakar sudah pasti kamu harus mengetahui bagaimana menghasilkan sajian roti bakar yang lezat dan sesuai dengan selera konsumen secara umum dengan resep roti bakar racikan kamu. Tekstur dan rasa roti bakar merupakan poin penting untuk menjadikan roti bakar kamu disukai konsumen. Jadi tidak hanya mengandalkan toping atau selainya saja, tapi dari bahan utama rotinya juga enak dan lezat supaya resep roti bakar kamu makin disukai banyak pelanggan. Inilah resep roti bakar yang bisa kamu kembangkan untuk usaha kuliner malam kamu nanti.

Resep Roti Bakar

Bahan

– 3 sdm margarin

– Roti tawar 3 lembar

– 3 sdm meses cokelat

– 1 sachet susu kental manis

– Keju cheddar untuk diparut

Cara Membuat

1. Siapkan wajan atau alat pemanggang, nyalakan api.

2. Lelehkan margarin dengan api sedang.

3. Masukkan roti ke dalam wajan atau pemanggang.

4. Panggang roti hingga permukaannya mulai berwarna kecokelatan. Balik roti hingga kedua permukaannya berwarna cokelat.

5. Angkat roti dan sajikan di atas piring.

6. Tambahkan taburan meses, lipat roti. Kemudian tambahkan susu kental manis dan keju parut di atasnya. Roti bakar siap disantap.

Kemasan Roti Bakar

Selain resep roti bakar dengan hasil sajian yang lezat dengan berbagai toping atau varian rasa, kamu juga perlu untuk memilih kemasan roti bakar yang cocok. Kemasan yang menarik dengan desain yang menarik akan membuat produk roti bakar kamu semakin berkelas dan berkualitas. Jenis kemasannya paling cocok adalah kemasan dari bahan kertas. Kamu juga bisa makin mengenalkan produk roti bakar kamu melalui logo dan informasi kontak usaha pada kemasan roti bakar untuk memudahkan konsumen ketika ingin memesan produk dalam jumlah yang besar. Berikut ini beberapa jenis kemasan roti bakar yang bisa kamu gunakan.

Kantong Kertas atau Paper Bag

Kantong Kertas atau Paper Bag
https://dikemas.com/

Kemasan kantong kertas makanan biasanya digunakan untuk produk makanan cepat saji misalnya fried chicken, burger, kentang goreng, kebab, roti maryam, donat, kue leker, roti bakar dan aneka makanan lainnya. Jenis kantong kertas ini berbahan dasar kertas food grade yang tahan minyak atau greaseproof. Untuk desainnya adalah menggunakan teknik printing. Simpel, praktis, plus vancy sekaligus ramah lingkungan. Ukurannya bisa kamu sesuaikan dengan ukuran roti bakar yang kamu jual.

Paper Wrap

Paper Wrap
https://dikemas.com/

Hampir serupa dengan kemasan paper bag tapi kegunaan dan material bahannya lebih tipis. Paper wrap ini biasanya digunakan untuk melapisi makanan seperti nasi, roti, atau makanan lainnya sebelum dikemas kembali dengan jenis kemasan lainnya. Kemasan ini termasuk dalam kemasan primer dan tentu saja ketika kamu meggunakan paper wrap untuk roti bakar kamu perlu kemasan sekunder seperti dus atau box.

Kemasan Box Roti Bakar

Kemasan Box Roti Bakar
shopee.co.id

Kalau kemasan yang satu ini pasti kamu sudah familiar. Bahannya dari kertas, ada pilihan yang laminasi atau non laminasi. Kemasan ini cocok untuk roti bakar yang kamu jual. Kalau untuk cetakannya adalah printing. Kamu bisa gunakan desain yang eye cathing dengan full color. Ukuran dan bentuknya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Udah tertarik buat meracik resep roti bakar super enak buat usaha kuliner malam? Kalau urusan kemasan kamu bisa percayakan dengan tim diKemas.com sebagai jasa cetak kemasan murah. Yuk konsultasikan kemasan roti bakar yang kamu butuhkan dengan menghubungi kontak di bawah ini!

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar