Resep Bolu Jadul Buat Bikin Usaha Bakery Rumahan

Resep bolu jadul jadi salah satu yang paling banyak dicari terutama saat momen lebaran. Banyak juga yang menjadikan resep bolu jadul untuk sajian saat kumpul bersama keluarga. Tapi meski pun resep bolu jadul mudah dicari dan dipelajari, banyak orang yang pada akhirnya lebih memilih membeli bolu jadul di toko kue atau bakery agar lebih simpel dan praktis. Jadi nggak heran kalau resep bolu jadul jadi salah satu daftar olahan kue yang banyak dibuat oleh banyak bakery di Indonesia.

Peluang Usaha Bakery

Toko kue merupakan salah satu jenis bisnis kuliner yang sampai sekarang masih punya peluang yang menjanjikan. Bisnis di bidang food and beverages memang selalu menghadirkan kesempatan dan peluang. Termasuk untuk usaha bolu jadul yang bisa kamu coba untuk dijadikan usaha bakery rumahan. Sebenernya banyak jenis kue yang bisa kamu jadikan ide untuk usaha bakery rumahan. Mulai dari menu kue tradisional sampai kekinian konsumennya berasal dari semua kalangan dari anak-anak sampai orang tua masih menjadikan kue sebagai makanan favorit. Selain itu bolu jadul atau jenis kue lainnya juga merupakan sajian yang biasanya harus ada di berbagai acara. Seperti saat acara ulang tahun, pernikahan, kumpul keluarga, dan acara lainnya. Jadi sudah pasti peluang usaha bolu jadul ini masih terbuka lebar. Apakah kamu tertarik untuk memulai usaha bolu jadul rumahan yang menjanjikan?

paper-cup-baner-web

Resep bolu jadul adalah salah satu resep kue yang sudah lama menemani perjalanan aneka sajian kue di Indonesia ini. Bolu jadul, kue dengan tekstur yang padat dan aroma harum masih menjadi favorit banyak orang. Sajian bolu jadul juga biasa disebut dengan marmer cake atau bolu macan. Bolu jadul ini merupakan camilan manis yang mudah ditemui di toko kue tradisional atau legendaris di Indonesia. Meski namanya bolu jadul kamu juga bisa menginovasikan kue ini menjadi kue kekinian. Kamu bisa berinovasi dengan meracik resep bolu jadul dengan tampilan yang lebih beragam dan kekinian. Kreasikan kemampuan kamu dalam meracik resep bolu jadul dengan tampilan yang kreatif. Misalnya kamu bisa berkreasi dengan membuat pola warna cokleat yang ada di kue bolu jadul dengan pola lain. Bahkan kamu bisa menjadikan kue bolu jadul sebagai media lukis loh. Banyak para pembuat kue yang super kreatif dengan menjadikan kue sebagai media gambar atau media lukis.

Resep Bolu Jadul

Dalam menjalankan bisnis di bidang food and beverages salah satu hal yang sangat penting adalah meracik resep dengan citarasa khas dan sesuai dengan selera konsumen. Begitu juga ketika kamu akan menjalankan usaha bakery rumahan. Resep bolu bisa jadi salah satu sajian yang kamu racik dengan lebih kreatif dan inovatif. Tapi tetap saja, resep bolu jadul dengan cita rasa yang lezat adalah hal pertama yang harus kamu ciptakan terlebih dahulu. Berikut ini resep bolu jadul yang bisa kamu jadikan referensi dan dikembangkan untuk usaha bakery rumahan kamu nanti.

Bahan Bolu Jadul

– 250 gram margarin

– 200 gram gula pasir halus

– ¼ sendok teh

– Garam

– 5 butir telur

– 250 gram tepung terigu protein sedang

– 30 gram maizena

– 1 sendok teh baking powder

– 60 ml susu cair

– ½  sendok teh pasta vanila

– 2 sendok makan cokelat bubuk

– ¼  sendok teh cokelat pasta

– 2 sendok makan air panas, dilarutkan

Cara Membuat Bolu Jadul

1. Kocok margarin dan gula pasir halus sampai lembut dan mengembang.

2. Tambahkan telur satu per satu bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil diayak dan dikocok rata.

3. Masukkan sisa tepung terigu, maizena, dan baking powder sambil diayak bergantian dengan susu cair dan pasta vanila sambil dikocok perlahan.

4. Ambil 200 gram adonan. Tambahkan larutan cokelat bubuk dan cokelat pasta. Aduk rata.

5. Tuang sedikit adonan putih di dasar loyang diameter 20 cm tinggi 7 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti.

6. Tuang adonan cokelat di beberapa tempat. Tusuk adonan cokelat dengan tusukan sate atau garpu dan bentuk motif dengan pola bergelombang.

7. Sendokkan lagi adonan putih. Tuang adonan cokelat. Lakukan sampai adonan habis. Terakhir bentuk lagi motif marmer di atasnya.

8. Panggang adonan di oven selama 50 menit dengan api bawah, suhu 180 derajat Celsius sampai matang.

9. Bolu jadul siap disajikan.

Tips Memulai Usaha Bakery Rumahan

Ketika kamu sudah punya resep bolu jadul yang super enak, dalam menjalankan usaha bakery rumahan kamu nanti tentu saja ada hal lain yang harus kamu persiapkan. Mulai dari quality control sampai marketing usaha bakery rumahan kamu. Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika akan menjalankan usaha bakery rumahan supaya nantinya bisnis kamu bisa terus berkembang. Berikut ini tips untuk memulai usaha baker rumahan yang bisa kamu terapkan!

1. Pilih Bahan Bolu Jadul Terbaik

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa cita rasa adalah hal yang sangat penting dalam menjalankan bisnis di bidang makanan atau minuman. Begitu juga dengan usaha bolu jadul kamu ini. Pilihlah bahan-bahan untuk membuat bolu jadul dengan kualitas terbaik. Berkualitas bukan berarti harus selalu mahal. Misalnya dari bahan telur, kamu bisa menyetok telur dalam jumlah yang secukupnya karena kalau telur terlalu lama disimpan tentu saja kualitasnya akan menurun. Jadi buatlah perencanaan produksi yang matang supaya persediaan bahan juga bisa kamu sesuaikan.

2. Susun Strategi Pemasaran Bolu Jadul

Manfaatkan media sosial untuk memasarkan bolu jadul yang kamu jual. Media sosial adalah alat pemasaran yang sangat efektif untuk memasarkan sebuah produk. Apalagi sekarang banyak orang yang punya akun media sosial. Mereka adalah pengguna aktif media sosial yang kemungkinan besar segala aktivitas yang mereka lakukan selalu berkaitan dengan media sosial. Seperti mencari rekomendasi kuliner enak atau mencari produk yang mereka inginkan. Selain itu ketika memulai usaha bakery rumahan, manfaatkan juga kemitraan merchant di aplikasi pesan antar online. Hal ini akan sangat efektif untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Tentunya juga akan lebih memudahkan konsumen untuk bisa menikmati resep bolu jadul racikan kamu dengan lebih praktis.

3. Kemasan Bolu Jadul

Kalau biasanya kemasan aneka kue, roti, dan bolu adalah kardus atau box polos, kamu bisa banget loh bikin inovasi kemasan bolu jadul yang lebih menarik dan kreatif. Salah satunya adalah dengan menggunakan kemasan box kue printing. Kamu bisa bikin desain kemasannya terlebih dahulu. Buatlah desain kemasan yang menarik. Mulai dai pemilihan warna sampai unsur grafisnya yang sesuai dengan identitas brand. Selain itu kamu juga bisa pilih model desain kemasan bolu jadul yang lebih menari seperti kemasan box window.

Nah udah mulai tertarik buat bikin usaha bakery rumahan pake resep bolu jadul? Urusan kemasan kamu bisa percayakan ke tim diKemas.com yang akan membantu kamu mulai dari konsultasi sampai pembuatan desain kemasan tanpa dipungut biaya. Yuk konsultasikan kemasan box kue yang kamu butuhkan dengan menghubungi kontak di bawah ini!

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar