Resep Sushi Roll Buat Bikin Usaha Makanan Jepang Kekinian

Resep sushi roll mungkin belum banyak diketahui oleh kebanyakan orang karena cara pembuatannya yang cukup perlu keahlian. Terutama pada resep sushi roll di bagian akhir yaitu saat menggulung sushi. Jadi banyak orang yang lebih memilih membeli makanan dari Jepang ini di resto khusus sushi dibandingkan mencoba resep sushi roll sendiri. Hal inilah yang bisa kamu jadikan peluang dengan bermodalkan resep sushi roll untuk dijadikan usaha kuliner modal kecil. Kalau dulu resep sushi roll hanya bisa dijadikan peluang usaha untuk bisnis skala besar seperti resto khusus makanan Jepang, sekarang peluangnya bisa dimanfaatkan oleh siapa saja termasuk kamu.

Peluang Usaha dengan Modal Resep Sushi Roll

Siapa bilang kalau mau punya resep sushi roll nanti usahanya harus skala besar, sewa ruko yang besar? Usaha sushi roll ini juga bisa kamu mulai dari skala kecil bahkan kaki lima. Sushi, makanan khas Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk berupa makanan laut, daging, sayuran mentah, atau sudah dimasak memang saat ini memiliki penggemar tersendiri di Indonesia. Kalau di Jepang lauk pauknya masih mentah atau setengah matang. Tapi biar sesuai selera kebanyakan masyarakat Indonesia, sushi roll disajikan dalam keadaan matang. Usaha sushi roll modal kecil dengan konsep kaki lima akan lebih simpel ketika kamu menjualnya dengan isian yang sudah matang.

Harga jualnya juga lebih terjangkau dibandingkan dengan sushi roll yang dijual di resto Jepang. Kalau di resti per porsi 30ribu ke atas, kamu bisa menjual sushi roll di kaki lima dengan harga 10-25ribu per porsi untuk 6-8 potongan sushi roll. Murah bukan berarti harus mengurangi kualitas bahan baku yang digunakan. Tapi bisa pakai bahan baku alternatif untuk menekan harga jual, tanpa harus menghilangkan kualitas sushi roll yang kamu jual. Misalnya pilih beras lokal yang dicampur dengan beras ketan sebagai pengganti beras Jepang yang harganya jauh lebih mahal.

Strategi Promosi Usaha Sushi Roll

Kalau terkait pemasaran dan promosi, kamu bisa melakukannya dengan memanfaatkan media sosial dan juga mendaftarakan diri menjadi merchant resto di aplikasi layanan pesan antar online. Buatlah konten marketing yang menarik dan bernilai. Supaya makin banyak orang yang tertarik untuk mencoba sajian sushi roll yang kamu jual. Sushi roll pada dasarnya dari tampilan sudah menarik, jadi pintar-pintarlah untuk mengambil foto produk dengan estetik. Buatlah resep sushi roll dengan cita rasa yang memang lezat dan sesuai dengan selera kebanyakan orang karena di dunia bisnis kuliner kuliatas rasa akan menentukan banyak atau sedikitnya pelangan. Semakin enak resep sushi roll yang kamu buat makin banyak juga pelangan yang akan merekomendasikan sushi roll buatan kamu.

Resep Sushi Roll

Dalam meracik resep sushi roll memang tidak mudah, perlu percobaan dan analisa yang tepat. Sebagai awalan, kamu bisa mempelajarinya di youtube atau artikel-artikel resep masakan. Pada dasarnya semua resep sushi roll bisa kamu pelajari dan inovasikan dengan isian yang sesuai dengan target pasar kamu. Berikut ini resep sushi roll isi crab stik yang bisa kamu kembangkan untuk usaha kuliner modal kecil kamu ini.

Bahan

– Beras 250 gram

– 100 gram beras ketan

– Air 650 liter

– 2 sdm air perasan jeruk lemom

– Gula pasir 5 sdm

– Garam 2 sdt

– Nori

Isian

– Crab stik 10 batang

– Telur 2 butir, kocok dan didadar

– Timun 2 buah

Cara Membuat Sushi Roll

1. Cuci beras dan ketan hingga bersih, tiriskan. Didihkan beras dan beras ketan sampai kesat kemudian angkat.

2.  Siapkan pengukus. Kukus sampai matang kemudian angkat. Saat masih panas masukkan perasan jeruk lemon, gula dan garam. Aduk sampai tercampur.

3. Siapkan selembar nori di atas gulungan bambu atau cetakan sushi. Letakkan nasi panas di atas permukaan dan ratakan. Letakkan potongan telur, timun, dan crab stik. Gulung sampai seluruh permukaan tertutup dan rapikan.

4. Potong sushi roll dengan ketebalan 3 cm atau sesuai selera.

5. Sushi roll siap dihidangkan.

Kemasan Sushi Roll

Kalau biasanya sushi roll dikemas dengan kemasan mika atau sterofoam, kamu bisa banget nih bikin inovasi kemasan yang lebih vancy sekaligus ramah lingkungan loh! Sekarang kemasan makanan itu nggak hanya sebatas menjadi wadah atau kemasan suatu produk saa. Tapi lebih dari itu kemasan merupakan bagian dari identitas produk itu sendiri. Jadi kalau kamu sudah punya resep sushi roll yang super enak, selanjutnya adalah buat kemasan sushi roll dengan desain yang menarik.

Ada beberapa jenis kemasan makanan yang cocok untuk mengemas sushi roll yang kamu jual. Tapi yang paling cocok adalah kemasan dari kertas yang bisa membuat tampilan sushi roll makin berkelas. Sekaligus memudahkan konsumen ketika membeli sushi roll yang kamu jual. Terutama untuk layanan delivery. Berikut ini kemasan makanan yang cocok untuk mengemas sushi roll.

Kemasan Paper Lunch Box

Kemasan Paper Lunch Box
https://dikemas.com/

Kemasan paper lunch box biasanya digunakan untuk mengemas produk makanan berat seperti nasi atau pun mie. Ukurannya bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Kalau satu porsi sushi roll yang kamu jual lumayan banyak, kamu bisa cetak kemasan paper lunch box custom untuk lebar dan tingginya. Supaya bisa disesuaikan dengan produk yang kamu jual. Teknik cetakannya juga bisa menggunakan full color printing atau sablon.

Kemasan Paper Lunch Box Window

Kemasan Paper Lunch Box Window
https://dikemas.com/

Kalau kemasan yang satu ini pasti kamu sudah familiar. Bahannya kertas, ada pilihan yang laminasi atau non laminasi. Tapi berbeda dengan kemasan dus atau kemasan box kertas yang biasa, bagian atas kemasan terdapat bagian transparan atau jendela. Tujuannya supaya isi produk bisa terlihat dari luar dan tampil lebih menarik. Kemasan ini cocok untuk mengemas sushi roll. Kalau untuk cetakannya adalah printing. Kamu bisa gunakan desain yang eye cathing dengan full color. Ukurannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Kemasan Food Tray

Food Tray
tokopedia.net

Bahan kemasannya mirip dengan paper lunch box tapi beda bentuk dan model. Kemasan food tray tampil tanpa tutup kemasan. Biasanya cocok buat UMKM yang jualannya di food court. Jadi pelanggan bisa langsung makan di tempat tanpa menambah pekerjaan kamu buat mencuci wadah. Teknik cetakannya juga bisa menggunakan full color printing atau sablon. Nah cocok banget nih buat dijadiin kemasan sushi roll yang kamu jual.

Udah kebanyang peluang usaha dengan modal resep sushi roll ini kan? Kalau urusan kemasan kamu serahin aja ke tim diKemas.com biar usaha leker kamu makin naik kelas. Ada layanan gratis konsultasi dan desain kemasan juga loh. Yuk konsultasikan kemasan sushi roll yang kamu butuhkan dengan menghubungi kontak di bawah ini.

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar