Tips Bikin Desain Kemasan Keripik Menarik dan Super Unik!

Desain kemasan keripik menjadi satu hal penting yang harus diperhatikan untuk branding suatu produk camilan keripik. Industri makanan ringan khususnya camilan keripik, sekarang ini udah semakin berkembang. Hal ini tentu menjadi angin segar bagi para pelaku usaha makanan. Peningkatan jumlah pelaku bisnis camilan atau makanan ringan tentu juga berhhubungan dengan meningkatnya kebutuhan desain kemasan keripik di kalangan pelaku usaha. Di industri makanan ringan, kemasan produk tidak hanya bermanfaat sebagai wadah atau pelindung tetapi juga mempermudah proses distribusi serta memberi kenyamanan kepada konsumen. Di sanalah nilai efisiensi kemasan produk yang bisa didapatkan.

Pentingnya Kemasan Keripik

Dalam menghadapi persaingan pasar, pelaku bisnis camilan keripik membutuhkan inovasi dan kreativitas untuk menampilkan produk makanan ringan secara berbeda dari produk lain. Salah satunya adalah dengan cara membuat inovasi kemasan keripik yang jauh lebih menarik. Tapi sebelum membuat desain kemasan keripik yang unik dan menarik kita harus paham terlebih dahulu kenapa kemasan itu penting untuk sebuah produk. Berikut beberapa alasan yang menjadikan kemasan penting untuk suatu produk.

1. Melindungi Produk

Tentunya kemasan untuk suatu produk dibuat dengan tujuan melindungi produknya supaya tidak mudah rusak. Selain itu supaya produk tidak mudah tergores atau cacat karena biasanya dalam proses pengiriman dan pendistribusian terkadang produk amat sangat berisiko rusak atau tertimpa barang lainnya. Apalagi untuk produk keripik yang karakteristik produknya memang mudah rusak. Tapi dengan adanya kemasan keripik yang tepat inilah akan membuat produk tetap aman. Jadi sebelum kamu membuat desain kemasan keripik yang menarik, pastikan juga jenis atau material kemasannya juga harus sesuai dengan karakteristik produk keripik yang dikemas.

2. Membangun Trust

Kemasan suatu produk pada dasarnya dapat membangun kepercayaan para pelanggan. Bayangin aja kemasan keripik yang kamu pakai ala kadarnya. Tanpa memperhatikan desain kemasan keripik, jenis  atau bahannya, bahkan tidak mengutamakan keamanan produk. Pastinya konsumen akan memiliki kesan yang kurang baik terhadap produk kamu. Tapi ketika kamu betul-betul memperhatikan dengan betul bagaimana desain kemasan keripik yang dibuat, pemilihan jenis dan bahannya tepat, hal ini akan membangun rasa percaya konsumen terhadap produk kamu. Apalagi kalau produk keripik yang kamu jual jalur distribusinya panjang, pasarnya luas, dan dijual secara online. Konsumen akan merasa puas dan makin percaya dengan bisnis keripik kamu jika produk yang dibeli sampai tujuan dengan keadaan yang baik dan tidak cacat.

3. Meningkatkan Daya Tarik

Kemasan keripik dibuat juga berfungsi untuk menambah daya tarik produk itu sendiri. Salah satunya adalah dengan membuat desain kemasan keripik yang menarik. Mulai dari konsep desain, pemilihan warna, pemilihan huruf, dan model kemasannya. Tujannya supaya bisa menarik perhatian dan minat konsumen sejak kesan pertama. Pada umumnya untuk sebuah produk baru hanya punya waktu sekitar 10 detik untuk menarik calon pembeli lewat kesan pertama yang dibangun. Jadi bayangin aja kalau desain kemasan keripik yang kamu buat memang menarik, bukan tidak mungkin meski tergolong produk baru kamu akan mendapatkan banyak konsumen loyal.

4. Media Informasi

Biasanya dalam sebuah kemasan tidak hanya termuat nama produk saja, tapi juga informasi seputar produk. Calon konsumen biasanya mencari informasi pada kemasan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli. Penambahan informasi produk pada kemasan juga bertujuan agar mudah dilihat oleh konsumen. Jadi, konsumen akan semakin yakin untuk melakukan pembelian. Informasi yang perlu dimuat dalam desain kemasan keripik di antaranya adalah merek, varian rasa, tanggal kedaluwarsa, nomor PIRT, komposisi, dan informasi kontak. Bisa juga kamu tambahkan quotes atau lelucon pada desain kemasan keripik. Sesuaikan dengan identitas bisnis dan siapa segmen pasar yang kamu bidik. Teknik copywriting juga sangat penting untuk dipahami perihal membuat informasi produk.

5. Kemasan Keripik sebagai Identitas Produk

Dalam dunia bisnis pasti ada kompetitornya termasuk produk keripik yang usaha makanan ringan memang sudah banyak. Maka dari itu adanya sebuah kemasan menjadi salah satu strategi kamu untuk membuat perbedaan dengan produk lainya. Kemasan juga akan menjadi identitas tersendiri untuk keripik yang kamu jual. Jika desain kemasan keripik yang kamu buat menarik maka konsumen akan lebih mudah mengenali dan mengingat produk kamu. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa menguatkan identitas produk juga merupakan bagian dari meningkatkan daya saing dengan kompetitor.

Tips Membuat Desain Kemasan Keripik

Ketika kamu akan membuat desain kemasan keripik yang menarik, tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Mulai dari penyesuaian dengan model dan jenis kemasan yang dipakai, pemilihan visual, jenis font, dan kombinasi warna kemasan. Berikut beberapa tips membuat desain kemasan keripik yang menarik.

Pertama, desain kemasan keripik harus inovatif dan kreatif. Serta mempermudah konsumen saat membawa dan mengkonsumsinya karena saat ini para konsumen lebih mengutamakan nilai kepraktisannya.

Kedua, pilih warna kemasan yang cerah dan menarik. Penggunaan warna yang menarik pada kemasan produk akan membuat kemasan terlihat lebih menonjol dari sisi pewarnaan. Efek mengkilat yang dihasilkan dari warna kemasan itulah yang akan lebih memberi kesan mewah dan bermutu pada kemasan produk.

Ketiga, buatlah informasi seputar produk dengan singkat, padat dan jelas. Informasi yang dicantumkan mengenai petunjuk penggunaan dan manfaat produk. Selain itu, penting juga bagi pelaku bisnis makanan ringan untuk mencantumkan data legalitas dari lembaga pemerintahan yang berwenang. Untuk produk keripik adalah izin P-IRT yang bisa didapatkan legalitasnya dari Dinas Kesehatan setempat.

Keempat, buat desain kemasan keripik sesuai target konsumen. Kamu sangat perlu mempertimbangkan target konsumen yang akan dibidik. Jika target konsumen adalah menengah ke atas pastinya harus disesuaikan pemilihan model kemasan dan desainnya. Sebab untuk desain kemasan keripik premium juga harus didukung dengan jenis kemasannya.

Kelima, sesuaikan dengan anggaran atau biaya operasional bisnis yang kamu miliki. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya desain kemasan juga harus disesuaikan dengan model dan jenis kemasan yang digunakan.

Udah Siap Bikin Desain Kemasan Keripik yang Menarik?

Kalau kemasan keripik yang punya nilai jual biasanya menggunakan desain full color dengan konsep visual dan pemilihan font yang juga lebih kompleks. Kalau produk kamu kemasannya akan didesain dengan konsep simpel atau kompleks? Pastinya desain ini harus kamu sesuaikan juga dengan jenis keripik apa yang kamu jual. Supaya semua unsurnya bisa sesuai dan bisa makin menguatkan identitas produk keripik kamu.

Semoga informasi mengenai tips membuat desain kemasan keripik ini dapat membantu dan menginspirasi kamu dalam menentukan kemasan produk yang tepat dan menarik untuk bisnis camilan yang kamu jalankan. Kalau urusan kemasan keripik berkualitas dan harganya terjangkau percayakan dengan diKemas.com!

Yuk konsultasikan kemasan keripik yang kamu butuhkan dengan menghubungi kontak di bawah ini!

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar