Tips Nyobain Usaha Bakso Tusuk Kekinian Modal Kecil!

Usaha bakso tusuk kekinian bisa dibilang makin ngetren di Indonesia. Mulai dari wilayah perkotaan sampai pedesaan gampang banget buat nemuin yang punya usaha bakso tusuk. Karena bakso yang pada mulanya dijadikan makanan utama sekarang udah diinovasikan jadi jajanan yang mengenyangkan, namanya bakso tusuk. Bakso sebernya udah jadi salah satu sajian kuliner favorit kebanyakan orang Indonesia. Sajian makanan dengan bentuk khas bulat ini juga gampang ditemuin di banyak tempat. Mulai dari kaki lima, keliling, warung, sampai restoran.

Peluang Usaha Bakso Tusuk

Melihat bahwa bakso itu usaha kuliner menjanjikan, familiar, dan banyak disukai orang dari berbagai kalangan menjadikan peluang usaha bakso tusuk makin menggiurkan. Usaha bakso tusuk sebenrnya hadir sebagai bentuk inovasi untuk menjadikan sajian bakso lebih mudah dinikmati oleh semua kalangan dengan harga yang lebih terjangkau. Selain itu usaha bakso tusuk juga memberikan cara baru bagaimana menikmati sajian kuliner bakso.

paper-cup-baner-web

Umumnya bakso disajikan dalam mangkuk dengan dampingan mie kuning, bihun, seledri, sawi hijau, tetelan daging sapi, disiram dengan kuah kaldu sapi dan taburan bawang goreng. Tapi lain halnya sama bakso tusuk kekinian yang menawarkan kesan lain dalam menikmati sajian bakso. Kalau bakso tusuk tidak menggunakan daging sapi sebagai bahan utama tapi daging ayam. Karena harga jual yang dipatok oleh para pelaku usaha bakso tusuk juga lebih terjangkau dibandingkan dengan harga bakso sapi. Selain itu usaha bakso tusuk juga hadir untuk memberikan konsep baru menyulap bakso jadi camilan yang mengeyangkan harga murah meriah.

Tips Memulai Usaha Bakso Tusuk

Sudah menjadi kebiasaan yang umum kalau anak muda itu suka jajan. Mulai dari anak sekolah, anak kuliahan, bahkan mereka yang sudah kerja juga suka janan. Termasuk salah satunya bakso tusuk yang menjadi incaran mereka. Selain mengenyangkan bakso tusuk ini juga harganya terjangkau untuk kantong pelajar dan anak-anak muda. Nah udah kebayang kan gimana menggiurkannya usaha bakso tusuk ini? Ketika kamu memulai usaha bakso tusuk ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan. Biar bisnis kuliner kamu bisa jalan nggak asal-asalan.

1. Tentukan Konsep Usaha Bakso Tusuk

Kalau kamu memilih konsep usaha kaki lima atau kedai yang pada dasarnya dijalankan secara mandiri persiapannya akan lebih banyak. Untuk konsep bisnis kaki lima kamu bisa memanfaatkan etalase atau gerobak yang mobilitasnya mudah. Supaya tidak menyulitkan kamu ketika membuka lapak. Kalau kamu memilih konsep bisnis kedai, maka perhitungkan dengan betul terkait modal, biaya operasional, dan pendapapatan.

2. Rencana Produksi Bakso Tusuk

Untuk menghasilkan bakso tusuk yang enak dan disukai konsumen tentunya kamu perlu perencanaan yang matang. Mulai dari pemilihan bahan sampai proses produksinya. Dalam menyusun perencanaan produksi ini kamu perlu membuat daftar belanja bahan. Buatlah rencana produksi dimulai dengan riset supplier bahan. Pilihlah supplier yang memang berkualias, terpercaya, dan harga penawarannya sesuai dengan budget usaha kamu. Jadi setiap kali kamu belanja bahan untuk produksi bakso tusuk tidak perlu berpindah dan mencari supplier baru.

3. Buatlah Inovasi Bakso Tusuk

Kalau pada umumnya para pelaku usaha bakso tusuk menawarkan konsumen dengan menu yang sama, kamu bisa berinovasi kreatif untuk bisnis kuliner kamu. Misalnya selain menyediakan bakso tusuk kuah kamu juga menyediakan menu bakso tusuk bakar. Bisa juga dengan variasi lain yaitu bakso tusuk mercon, bakso tusuk ikan, bakso tahu, bakso tusuk jamur, dan inovasi produk bakso tusuk lainnya yang bisa kamu kembangkan. Bisa juga dengan menambahkan variasi saus atau sambal untuk bakso tusuk yang kamu jual. Misalnya sambal kacang pedas, sambal setan,  serta sambal lainnya.

4. Resep Bakso Tusuk

Untuk menghasilkan bakso tusuk yang sesuai dengan selera konsumen tentu bukan proses yang instan. Perlu adanya percobaan sampai kamu bisa menciptakan resep yang menghasilkan bakso tusuk dengan cita rasa yang konsisten dan sesuai selera konsumen. Berikut ini resep sederhana dan cara pembuatan bakso tusuk yang bisa kamu kembangkan.

Bahan

– Telur 1 butir

– Tepung terigu 2 sdm

– 1 sdm tepung tapioka

– Bawang putih 3 siung 

– Daun bawang

– Garam secukupnya 

– Merica secukupnya

– Penyedap rasa secukupnya

Bahan Saus

– Saus sambal

– Kecap

– Mayones

Cara Membuat

1. Pertama daging ayam dihaluskan dengan campuran bawang, garam, dan merica. Bisa menggunakan blender untuk menghaluskannya.

2. Kemudian siapkan adonan tepung dengan menambahkan telur dan adonan daging ayam yang telah digiling. Tambahkan juga penyedap rasa dan irisan daun bawang.

3. Aduk adonan hingga kalis. Kemudian bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil. Ukuran bulatan disesuaikan dengan kebutuhan.

4. Setelah itu siapkan panci yang berisi air dan tambahkan sedikit minyak ke dalamnya.

5. Masukkan adonan bakso yang telah dibentuk bulatan ke dalam panci. Tunggu sampai bakso matang ditandai dengan bakso yang mengambang ke permukaan. Angkat dan tiriskan.

6. Setelah dingin, tusuk bakso dengan tusuk sate sesuai selera. Sajikan dengan saus.

7. Bakso tusuk siap dinikmati.

5. Strategi Pemasaran Bakso Tusuk

Manfaatkan media sosial untuk memasarkan bakso tusuk yang kamu jual. Media sosial adalah alat pemasaran yang sangat efektif untuk memasarkan sebuah produk. Apa lagi segmen konsumen yang kamu sasar adalah anak muda. Mereka adalah pengguna aktif media sosial yang kemungkinan besar segala aktivitas yang mereka lakukan selalu berkaitan dengan media sosial. Seperti mencari rekomendasi kuliner enak atau mencari produk yang mereka inginkan. Selain itu manfaatkanlah kemitraan merchant di aplikasi ojek online. Hal ini akan sangat efektif untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Serta sudah tentu akan lebih memudahkan konsumen untuk bisa menikmati bakso tusuk yang kamu jual dengan lebih praktis.

6. Kemasan Bakso Tusuk

Kalau biasanya jananan semacam bakso tusuk dikemas dengan plastik bening, kamu bisa banget nih bikin inovasi kemasan yang lebih vancy sekaligus ramah lingkungan loh! Sekarang kemasan makanan itu tidak hanya sebatas menjadi wadah atau kemasan suatu produk saja. Tapi lebih dari itu kemasan makanan merupakan bagian dari identitas produk itu sendiri.  Jadi kalau kamu udah punya resep bakso tusuk yang super enak, selanjutnya adalah buat kemasan bakso tusuk dengan desain yang menarik.

Ada beberapa jenis kemasan yang cocok untuk mengemas bakso tusuk yang kamu jual. Tapi yang paling cocok adalah kemasan dari kertas yang bisa membuat tampilan bakso tusuk makin berkelas. Sekaligus memudahkan konsumen ketika membeli, terutama untuk layanan delivery. Berikut ini kemasan snack yang cocok buat bakso tusuk.

Paper Bowl

Paper Bowl
https://dikemas.com/

Kemasan berbentuk mangkuk dari bahan kertas ini banyak digunakan untuk produk-produk makanan. Mulai dari camilan, makanan berat, sampai makanan berkuah. Ukurannya juga beragam mulai dari ukuran kecil, sedang sampai besar. Kemasan paper bowl dilapisi bahan anti panas dan anti air. Jadi jangan khawatir kemasan akan bocor atau rembes. Untuk desainnya kamu bisa gunakan stiker atau sablon. Kemasan paper bowl juga dilengkapi dengan penutup. Jadi bakso tusuk akan tetap aman sampai ke konsumen ketika dikirimkan dengan layanan delivery. Bahkan kalau bakso tusuk yang kamu jual berkuah.

Food Pail

Food Pail
https://dikemas.com/

Kemasan berbahan kertas layaknya box nasi ini punya tampilan dan desain yang unik serta menarik. Bahan kertas untuk kemasan ini sudah dilaminasi dan masuk kategori food grade. Jadi tidak akan rembes atau bocor. Model kemasan seperti box tapi ada kuncian di bagian atas atau tutup kemasan sehingga lebih praktis untuk digunakan. Kamu bisa pilih teknik cetakan menggunakan printing full warna atau sablon kalau kamu ingin desain kemasan bakso tusuk yang simpel. Ukurannya mulai dari kecil, sedang, sampai besar.

Food Tray

Food Tray

Bahan kemasannya mirip dengan paper luch box, tapi beda bentuk dan model. Kemasan food tray tampil tanpa tutup kemasan. Biasanya cocok buat pelaku UMKM yang jualannya di food court. Jadi pelanggan bisa langsung makan di tempat tanpa menambah pekerjaan kamu buat mencuci wadah. Teknik cetakannya juga bisa menggunakan full color printing atau sablon. Nah cocok banget nih buat ngemas bakso tusuk kekinian kamu.

Udah mulai kebayang kan gimana peluang usaha bakso tusuk ini bisa jadi bisnis modal kecil yang menjanjikan? Kalo urusan kemasan bakso tusuk mulai dari ukuran sampai desainnya kamu bisa konsultasi ke tim diKemas.com dengan menghubungi kontak di bawah ini. Konsultasi dan desain kemasan tanpa dipungut biaya!

Tinggalkan komentar