Usaha Frozen Food Sedang Trend Begini Tips Memulai Usahanya

 

Semakin berkembangnya gaya hidup di era modern kini maka segala sesuatu yang serba praktis turut menjadi pilihan masyarakat. Dalam bidang kuliner, aneka makanan siap saji semakin banyak penggemarnya. Terutama bagi para wanita karir yang sibuk dan banyak menghabiskan waktunya diluar rumah. Keterbatasan waktu yang dimiliki menjadikan mereka tidak punya banyak waktu untuk memasak. Sehingga lebih memilih makanan beku atau frozen food karena pengolahanya cukup simpel dan tidak butuh waktu banyak.

paper-cup-baner-web

Salah satu makanan yang sedang trend dan terus berkembang saat ini adalah frozen food. Makanan ini dibuat atau diolah menjadi makanan beku yang berguna untuk memperlambat proses perkembangan bakteri. Sehingga makanan bisa lebih awet dan tahan lama untuk dikonsumsi. Beberapa sajian frozen food yang paling digemari masyarakat Indonesia salah satunya adalah nugget, bakso, sosis, galantin, kaki naga, dumpling keju, stik crab, chicken stik, dan maish banyak lagi. Frozen food ini tak hanya disukai dan digemari oleh para anak – anak namun juga orang dewasa dan lanjut usia.

usaha-frozen-food-sedang-trend-begini-tips-memulai-usahanya

Peluang Usaha Frozen Food

Peluang usaha ini memang trend saat ini, terutama di kota – kota besar karena aktivitas masyarkaat sekitar yang disibukkan dengan pekerjaan. Tak menutup kemungkinan di kota – kota kecil pun juga akan terus berkembang karena sekarang ini semakin banyak para wanita karir. Semakin bertumbuhnya usaha yang satu ini tentu memiliki potensi yang cukup bagus dan pastinya akan terus berkembang kedepannya. Sebab itulah banyak para pelaku usaha yang sekarang ini mulai menekuni usaha frozen food ini. Bagaimana dneganmu? mau ikut mencicipi usaha ini juga? Nah sebelum terjun kamu perlu memperhatikan beberapa tips memulai usaha frozen food ini.

Nah frozen food ini merupakan usaha yang cukup mudah dilakukan, bahkan bisa dilakukan dengan skala rumahan. Frozen food ini merupakan produk makanan yang dinilai sehat apalagi jika tidak menggunakan pengawet, nah maka dari itulah yang menjadi daya tarik tersendiri. Sehingga jika kamu menjajal usaha ini tidak akan ada ruginya. nah seperti yang akan kita sampaikan sebelumnya. Akan kita bahas bagaimana tips memulai usaha frozen food ini.

Tips Memulai Usaha Frozen Food

Lalu apa yang dilakukan dan disiapkan untuk memulai usaha frozen food ini?Untuk pertama kamu pelru melakukan analisa dan riset pasar terlebih dahulu. Pastikan jika lingkungan kamu berjualan merupakan orang yang tertarik frozen food atau tidak, mereka teratrik dengan produkmu atau tidak, dan tentukan target pasar yang akan kamu bidik sehingga kamu bisa menyiapkan strategi pemasaran yang akan kamu gunakan. Setelah itu langkah selanjutnya adalah sebagai berikut :

Menentukan Jenis Produk

Langkah pertama yang bisa kamu jalankan adalah menentukan jenis produk frozen food apa yang akan kamu jual. Agar kedepannya usaha bisa lebih lancar mkaa pastikan untuk menentukan jenis produk olahan makanan beku ini. Kamu bisa memilih membuat olahan makanan beku dari bahan baku daging ayam, sapi, ikan serta seafood. Bisa juga kamu membuat makanan beku aneka sayuran dan juga camilan seperti dimsum, siomay dan cireng.

Memperhitungkan Modal Awal

Sebelum memulai usaha frozen food ini hal terpenting yang harus dipertimbangkan adalah menghitung modal awal yang dibutuhkan. Baik untuk peralatan, bahan baku, kemasan, iklan dan strategi pemasaran lainnya. Perhitungan secara rinci agar kamu bisa menentukan arah modal usaha dan usaha pun tidak macet ditengah jalan.

Menyiapkan Peralatan

Pada saat kamu merinci modal usaha yang dibutuhkan tentunya kamu juga menggolongkan kebutuhan pokok yang memang kebutuhan utama. Pastikan kamu membelanjakan kebutuhan pokok seperti mesin pendingin untuk stok frozen food. Meskipun barang ini cukup mahal namun ini merupakan investasi yang sangat penting dan berharga. Karena jika mesin ini tidak ada maka proses produksi akan terhambat.

Kemasan Frozen Food

Hal lain yang tak kalah penting adalah kemasan produk, pengemasan yang sesuai dna baik maka akan mendukung penjualan. Sehingga kemasan dapat membantu menjaga kualitas dari frozen food itu sendiri. Maka pastikan jika kemasan yang kamu gunakan adalah kemasan yang memang khusus untuk mengemas makanan beku.
Kemasan pembungkus frozen food biasanya tidak memiliki pori dan cenderung kendap udara. Makanan yang dibekukan dengan kemasan yang kendap udara akan membuat makanan menjadi tahan lebih lama. Makanan beku ini juga perlu divakum untuk mengeliinasi udara didalam ruang penyimpanan makanan tersebut.
Pastikan jika kemasanmu juga mencantumkan label usahamu, logo nama brand dan juga informasi mengenai detail produkmu. Nah selain itu pastikan juga ketika mengawetkan frozen food ini suhunya terjaga dan rutinlah dalam mengeceknya untuk memastikan pendingin bekerja dengan baik.

Promosi Online

Penjualan secara offline merupakan salah stau langkah awal ketika memulai usaha frozen food ini. Namun mencoba promosi dengan menggunakan media online tentu akan meningkatkan penjualan karena menjangkau target pasar yang lebih luas. Tidka hanya dalam negeri saja namun juga mancanegara. Maka dengan memasarkannya melalui media sosial merupakan cara cerdas agar produkmu lebih dikenal secara luas.
Dengan menggunakan media sosial tentu akan mudah pula para calon pembeli mengenli produkmu. Mengetahui informasi detail lengkap, alamat, kontak dan memudahkan untuk memesan produkmu. Melalui media sosial ini bisa juga sebagai media untuk komunikasi antara penjual dan pembeli.

Memiliki ijin edar resmi

Frozen food adalah produk makanan yang harus mengikuti regulasi untuk menjamin produk yang dijual. Maka penting sekali jika usahamu memiliki ijin edar resmi. Hal ini tentunya agar usahamu aman dan agar bisa dijual dipasaran. Dengan begitu maka pembeli juga akan percaya dengan makanan beku yang kamu jual aman untuk dikonsumsi.
Itu tadi adalah beberapa tips memulai usaha frozen food, semoga dapat membantu para pembaca sekalian. Untuk kalian yang mau usaha frozen food ini dan mau cara tempat pembuatan kemasan yang menarik dan juga unik kalian bisa bikin di dikemas.com. Ada banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh dengan order di dikemas salah satunya free desain, konsultasi gratis, gratis ongkir, bahan berkualitas dan masih banyak bonus lainnya lagi. Kalo penasaran bisa tanya – tanya dan konsultasi langsung sama team marketingnya ya. Tenang, bakalan dibantu untuk mendapatkan kemasan yang kamu inginkan dan yang pastinya sesuai dengan produkmu.
Dapatkan artikel menarik lainnya muai dari tips kemasan, resep makanan, tips memulai usaha, ide usaha, peluang usaha, perijinan dan masih banyak lagi. Nantikan artikel menarik lainnya terbaru setiap harinya. Sekian dan terima kasih ^^

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar