5 Jajanan Jadul yang Disulap Jadi Kekinian Favorit Milenial!

Jajanan jadul ternyata sampai sekarang peminatnya masih banyak. Bahkan dari kalangan anak-anak muda generasi milenial yang lahir jauh sebelum jajanan jadul itu berjaya di masanya. Meski pun termasuk jajanan jadul tapi yang namanya dunia bisnis food and beverages tidak akan pernah kehilangan kreativitas dan inovasi untuk menghadirkan atau memodifikasi suatu sajian makanan atau minuman menjadi lebih menarik.

Perkembangan Jajanan Jadul

Tren dunia bisnis kuliner tentu saja mengalami pasang surut untuk suatu sajian makanan atau minuman tertentu. Apalagi untuk jajanan kekinian yang sekarang jumlahnya udah nggak bisa dihitung pakai jari. Tapi tetap saja ada sajian makanan dan minuman yang sifatnya timeless. Sebut saja lima makanan nasional yaitu soto, sate, nasi goreng, rendang, dan gado-gado yang sejak dulu sampai sekarang masih eksis baik itu yang diolah secara tradisional atau diinovasikan menjadi sajian kekinian.

Begitu juga dengan jajanan jadul yang punya sifat timesless dan hadir sebagai sajian yang dikreasikan menjadi lebih kekinian dengan catatan versi originalnya juga tidak dihilangkan. Di beberapa kota di Indonesia jajanan jadul mulai diangkat lagi dan hadir menjadi jajanan jadul yang disulap jadi makanan kekinian. Kira-kira jajanan jadul apa ya yang disulap jadi makanan kekinian dan sekarang jadi favorit anak milenial? Ini dia lima jajanan jadul yang disulap jadi makanan kekinian!

1. Kue Pukis

Kue Pukis

Sajian kue manis yang adonan dasarnya mirip kue pancong ini sekarang hadir dengan tampilan dan varian rasa yang lebih beragam. Kue pukis adalah kue khas dari Indonesia yang terbuat dari adonan telur, tepung tergigu, gula pasir, ragi, dan santan. Proses pembuatannya juga cukup mudah, tinggal campurkan adonan setelah jadi kemudian dituang ke dalam cetakan khusus dan panggang di atas api sedang. Kalau kue pukis versi original atau jajanan jadul warna kuning dan bagian bawahnya ada sedikt warna cokelat dan biasanya ditaburi meses coklat. Tapi sekarang jajanan jadul ini disulap jadi kue pukis dengan beragam toping kekinian.

Pembuatan adonan kue pukis kekinian nggak jauh beda sama kue pukis tradisional. Tinggal tambahin pewarna makanan dan pasta kue. Toping atau varian rasa yang biasanya jadi pilihan kue pukis kekinian adalah cokelat, taro, keju, grenntea, oreo, red velvet, nutela, marsmallow, dan almond. Tekstur kue yang lembut dipadukan dengan berbagai toping akan menghadirkan sensasi yang berbeda dalam menikmati kue pukis. Kalau rentang pukis kekinian antara 10rb tiap satu kotak tergantung toping yang dipilih.

2. Jajanan Jadul Kue Serabi

Jajanan Jadul Kue Cubit

Surabi atau serabi merupakan salah satu jajanan jadul khas Indonesia. Makanan ini dikenal dalam dua jenis yaitu serabi manis dengan kuah gula dan serabi asin dengan taburan oncom. Makin berkembangnya dunia kuliner di Indonesia kue serabi sekarang disulap jadi makanan kekinian dengan toping yang beraneka ragam. Mulai dari oreo, cokelat, keju, kacang almond, nutela, greentea, vanila, dan aneka toping lainnya. Nggak cuma topingnya aja yang banyak, dari tampilan warna jajanan jadul kue serabi ini juga makin beragam. Mulai dari cokelat, hijau, ungu, merah muda, sampai warna pelangi.

Kalau di Indonesia ada dua wilayah yang punya ciri khas dengan sajian kue serabinya. Ada serabi solo yang adonannya lebih kenyal dan ada juga serabi Bandung yang disajikan dengan kuah kinca. Bisa dibilang serabi itu ya pancake asli Indonesia. Biasanya serabi ini jadi camilan mengeyangkan yang dinikmati di acara atau momen tertentu seperti kumpul keluarga sampai momen buka puasa di bulan ramadan.

3. Jajanan Jadul Kue Cubit

Jajanan Jadul Kue Serabi

Siapa sih yang nggak kenal sama jajanan jadul yang satu ini? Kue cubit biasanya dijajakan di sekolah-sekolah. Kebanyakan di SD karena harganya memang sangat terjangkau buat uang saku anak sekolahan. Untuk bikin kue cubit resepnya juga cukup simpel dari campuran susu dan tepung terigu yang jadi bahan utamanya. Tampilan kue cubit ini kecil dengan diameter sekitar 4 cm. Nama kue cubit asalnya adalah karena kue yang matang diambil menggunakan alat penjepit oleh si pedagang, sehingga terlihat seperti dicubit.

Sekarang kue cubit hadir dengan tampilan yang lebih modern. Banyak varian rasa dan toping yang menjadikan kue ini makin menarik. Mulai dari toping oreo, keju, almond, marsmellow, meses, dan toping lainnya. Bahkan warnanya juga makin banyak, nggak cuma warna kuning matang. Ada warna pink, hijau, cokelat, ungu, sampai kue cubit rainow. Bahkan bentuk kue cubit juga makin unik. Ada yang dibentuk menjadi karakter sampai huruf alpabet.

4. Cireng Isi

Cireng Isi

Olahan dari makanan dengan bahan aci memang tidak pernah membosankan dan terus menghadirkan inovasi baru. Mulai dari cimol, cilung, cireng, sampai bakso aci merupakan makanan yang diolah dari bahan utama aci. Kalau juaranya olahan aci udah pasti dari Jwa Barat. Salah satunya adalah cireng isi yang merupakan jajanan jadul yang punya banyak penggemar.

Kalau dari segi bentuknya, cireng isi memang menarik. Mulai dari bentuk persegi, segitiga, oval, bintang, sampai bentuk hati dengan berbagai varian isi. Kalau biasanya jajanan jadul cireng isi ini pakai isian ayam dan bumbu padat ada yang pedas dan tidak pedas sekarang cireng isi varian isiannya makin beragam. Ada isian sosis, telur, mayones, sampai keju mozarella dan beragam tambahan saus.

5. Tahu Walik

Tahu Walik

Kalau dulu tahu hanya dijadikan lauk pauk atau campuran masakan sayur, sekarang tahu juga dijadikan camilan yang mengenyangkan. Bahkan sajiannya juga makin beragam, nggak cuma tahu pong digoreng biasa tapi ada juga yang dibikin tahu crispy pedas, tahu isi, sampai tahu walik. Camilan tahu walik adalah jajanan yang berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur.

Tahu walik biasanya digoreng dengan isian aci atau bahan lain di dalamnya. Dinamain tahu walik karena cara bikinnya adalah tahunya dibalik, baru deh dikasih isian. Bahkan sekarang ini tahu walik udah jadi tren camilan yang jadi favorit banyak orang di berbagai wilayah. Hebatnya jajanan tahu walik sekarang ini juga udah dijadiin bisnis kuliner dengan sistem waralaba.

Itulah lima jajanan jadul yang sekarang disulap jadi snack kekinian. Apakah kamu tertarik untuk bikin usaha kuliner dari ide jajanan jadul ini? Meski pun nantinya makanan yang kamu jual adalah jajanan jadul salah satu yang bisa bikin tampilannya lebih kekinian selain inovasi makanannya adalah dari inovasi kemasan jajanan jadul. Hal ini tentu aja bukan tanpa alasan karena kemasan makanan adalah salah satu unsur penting dalam membangun sebuah brand. Kalau tampilannya makin keren dan kekinian udah pasti makin menarik calon konsumen buat beli kan?

Nah kalau urusan kemasan kamu bisa konsultasikan kemasan makanan kekinian dengan tim diKemas.com dengan menghubungi kontak di bawah ini!

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar