9 Ide Desain Kemasan Kopi dari Elegan sampai Kekinian!

Desain kemasan kopi merupakan hal yang penting dalam pemilihan sebuah kemasan. Sekarang ini desain kemasan makin beragam. Begitu juga dengan jenis dan modelnya yang makin banyak diminati untuk mengemas produk kopi. Kopi sudah menjadi minuman yang sangat populer di Indonesia. Apalagi sejak profesi barista menjadi salah satu pekerjaan yang bergengsi di kalangan anak muda. Bahkan mulai bermunculan berbagai kelas atau kursus untuk menjadi barista dengan menyasar anak-anak muda. Jadi nggak heran kalau sekarang profesi barista didominasi anak-anak muda beserta para penikmat kopi yang juga dari kalangan anak muda.

Pentingnya Kemasan Kopi

Ngomongin peluang bisnis kopi udah nggak diragukan lagi prospeknya masih menjanjikan. Segmen pasarnya beragam dan bisa menyasar semua kalangan. Jadi kalau dulu produk kopi yang banyak dikonsumsi adalah kopi instan atau kopi bubuk dari pabrik besar, sekarang pelaku UKM juga punya daya saing yang tinggi di dunia bisnis kopi. Termasuk para pelaku bisnis kedai kopi yang biasanya juga menyediakan produk kopi dalam kemasan untuk konsumennya.

Banyak ditemui kalau sebagian besar dari konsumennya memang penggemar kopi, bukan sekadar ngopi untuk nongkrong di kedai saja. Ibarat peribahasa sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Buka kedai kopi tapi juga jual bubuk kopi atau biji kopi kemasan, keuntungan pasti akan lebih menjanjikan. Nah biar racikan kopi yang kamu jual makin menarik, hal yang penting untuk kamu perhatikan adalah desain kemasannya. Desain kemasan itu bagian dari identitas bisnis atau produk kamu. Jadi, dalam pembuatannya perlu konsep yang matang. Bisa mewakili identitas produk atau bisnis kopi yang kamu jalankan.

Ide Desain Kemasan Kopi

Pada dasarnya desain kemasan kopi harus disesuaikan dengan isi kemasan dan juga cita rasanya. Sekarang ini udah banyak banget variasi rasa kopi, jadi desain kemasan kopi sekarang juga makin variatif dan kreatif. Berikut ini beberapa ide desain kemasan kopi yang bisa kamu jadikan inspirasi.

Desain Kemasan Kopi Variasi Warna

Kemasan kopi yang paling sering digunakan adalah desain cup kopi yang dipadukan dengan variasi warna. Untuk warna yang digunakan harus tetap disesuaikan dengan warna yang masih berkaitan dengan kopi. Bisa cokelat, hitam, krem, dan warna lainnya. Secara umum warna tersebut nantinya akan diletakkan dalam satu bagian. Kemudian dipadukan dengan warna lain. Tata letaknya bisa abstrak atau bisa juga dengan pola beraturan. Kalau kamu suka dengan desain yang memainkan berbagai warna, desain kemasan kopi yang satu ini sangat cocok dan menarik untuk dipilih. Tipsnya adalah pilih warna yang tidak terlalu mencolok dan simple.

Desain Konsep Full Art

Selain menggunakan variasi warna, desain kemasan kopi full art juga menjadi salah satu desain kemasan kopi yang bisa dibilang juga menarik. Nanti untuk tenik cetakannya juga akan bisa disesuaikan. Kamu bisa gunakan gambar yang kontras untuk menutupi bagian kemasan kopi. Jadi, desain kemasan akan memenuhi setiap bagian kemasan. Tapi nggak cuma dari segi gambar, kamu juga perlu memilih warna yang padu dengan gambar yang digunakan. Tujuannya supaya hasil desain kemasan ketika dicetak tetap terlihat artistik dan menarik.

Desain Kemasan Kopi Logo

Banyak cara untuk menampilkan logo pada suatu kemasan kopi. Pertama, logo bisa ditampilkan dengan ukuran yang kecil dan tidak menjadi fokus utama dalam kemasan tersebut. Dalam hal ini biasanya yang menjadi fokus adalah desain yang lainnya bisa dari segi gambar ataupun warna yang digunakan. Kedua, logo memang digunakan sebagai fokus utama dari desain kemasan kopi. Kalau logo digunakan sebagai desain utama maka baiknya diletakkan pada bagian tengah kemasan. Jadi pelanggan akan tahu kalau logo tersebut adalah logo dari produk yang dibeli.

Konsep Desain Gambar Pembuatan Kopi

Desain yang satu ini merupakan suatu simbol terjadinya peristiwa dalam proses pembuatan kopi. Sablon kemasan kop untuk yang satu ini bisa dibilang yang lebih populer. Karena dalam pembuatannya tidak asal. Melalui ragam ide kreativitas yang rumit . Di mana dalam suatu simbol tertentu si pengembang ide harus bisa memunculkan peristiwa atau makna dalam peristiwa pembuatan kopi. Maka dari itu, karena kesulitannya menjadikan cetak kemasan kopi ini populer dan dan lebih banyak digunakan oleh para pengusaha. Apabila suatu desain terlihat unik dan juga menarik maka customer akan penasaran dan tentunya akan menimbulkan ketertarikan.

Desain Sederhana Satu Warna

Konsep desain kemasan kopi yang satu ini terlihat sangat sederhana dan simple. Tapi jangan salah, desain satu warna tergolong yang paling banyak diminati oleh para pelaku bisnis kopi kekinian. Karena saat ini masyarakat cenderung memilih hal-hal yang sederhana daripada yang rumit. Desain satu warna ini memang sengaja dibuat lebih sederhana sehingga memiliki makna yang lebih mudah untuk diterima. Biasanya agar lebih menarik, akan disertai dengan beberapa tulisan titik bisa berupa nama produk, atau tulisan lainnya.

Desain Destinasi Favorit

Salah satu bentuk persaingan yang ada dalam bisnis kopi adalah desain kemasan kopi. Ada yang memilih untuk menggunakan sablon kemasan dengan konsep desain destinasi favorit. Destinasi favorit di sini adalah destinasi yang menjadi impian banyak orang. Pastinya bukan berupa foto tapi berupa gambar animasi atau vector dengan sentuhan grafis yang menarik.

Desain Abstrak

Model yang ini juga menjadi salah satu pilihan desain yang bisa kamu pakai untuk kemasan produk kopi. Desain abstrak biasanya terdiri dari beberapa warna, garis, bangun yang memiliki bentuk penempatan dan juga pengaplikasian yang abstrak. Bisa full color atau satu warna. Buatlah konsepnya terlebih dahulu sampai matang.

Desain Simbol Kehangatan Kopi

Biasanya kehangatan kopi dilambangkan dengan gambar cangkir, gambar asap yang keluar dari cangkir dan masih banyak lagi. Kemudian mengenai tata letaknya bisa diletakkan dengan ukuran yang besar di tengah atau dengan ukuran yang kecil namun memenuhi seluruh kemasan. Akan lebih cocok kalau konsep kehangatan kopi menggunakan satu warna.

Desain Kemasan Kopi Kearifan Lokal

Tujuan dari pembuatan desain kemasan kopi dengan konsep local wisdom adalah untuk menciptakan ciri khas kopi dari suatu daerah. Beberapa desain yang bisa dipilih adalah rumah adat, lokasi wisata, atau bangunan bersejarah. Konsep desain yang satu ini memuat unsur budaya sekaligus ciri khas yang sangat kuat.

Mau Bikin Desain Kemasan Kopi Berkelas?

Nggak perlu repot-repot cari jasa cetak kemasan kopi, cukup dengan memesan secara online kamu sudah bisa mendapatkan layanan konsultasi sampai gratis desain kemasan kopi biar produk kamu tampil makin berkelas. Minimal pemesanan sedikit, jadi nggak perlu khawatir kalo kamu baru merintis bisnis kopi. Bahkan kamu juga bisa mendapatkan gratis biaya kirim ke banyak wilayah. Yuk konsultasikan kemasan kopi yang kamu butuhkan dengan menghubungi tim diKemas.com di bawah ini!

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar