Usaha Kebab, Kuliner Populer dari Turki yang Mendunia

Usaha kebab jadi salah satu peluang bisnis kuliner yang menjanjikan. Siapa sih yang nggak kenal sama makanan kebab? Kuliner lezat dari Turki ini sudah populer di berbagai belahan dunia. Kebab punya cita rasa asin, pedas, gurih dengan ciri khas isian potongan daging, sayuran, serta saus. Sebutan kebab maksudnya adalah jenis daging yang ditusuk dan dibakar atau dipanggang. Kuliner kebab dari timur tengah ini sudah familiar di Indonesia, penggemarnya juga berasal dari banyak kalangan. Mulai dari anak-anak sampai orang tua.

Peluang Usaha Kebab

Makanan siap saji ini punya cita rasa yang mudah diterima, terutama untuk masyarakat Indonesia. Kandungan gizinya juga cukup baik, mengenyangkan dan bisa menjadi sumber energi untuk beraktivitas. Meskipun tergolong fast food, kebab tidak terlalu meningkatkan kadar kolesterol karena pengolahan dagingnya tidak digoreng, tapi dipanggang. Jadi nggak heran kalau usaha kebab sekarang makin populer di Indonesia. Kepopuleran usaha kebab juga didukung dengan kuliner kebab itu sendiri yang cocok untuk dinikmati kapanpun dan dimanapun. Jadi, udah pasti peluang usaha keban juga semakin terbuka lebar buat siapa saja.

paper-cup-baner-web

Kalau di Turki, kuliner kebab ini dikenal dengan nama shawarma yang bahkan menggeser kepopuleran pizza, burger, atau hot dog. Begitu juga dengan kepopuleran kuliner kebab di berbagai negara di dunia. Kalau di wilayah Eropa juga sudah sangat populer, banyak ditemukan penjual kebab di sana. Ciri khas dari kuliner kebab yang memberdakan dengan makanan cepat saji sejenis adalah lapisan rotinya menggunakan roti tortila.

Saat usaha kebab mulai populer di Indonesia, banyak inovasi yang muncul dalam membuat olahan kuliner kebab yang disesuaikan dengan selera kebanyakan masyarakat di Indonesia. Kebanyakan inovasi yang dilakukan adalah mengubah isiannya. Mulai dari daging, jenis sayurannya, saus, atau lapisan roti yang dipakai. Dalam menjalankan usaha kebab juga cukup mudah karena pengolahannya simple. Maka dari itu peluang usaha kebab semakin terbuka lebar dan menarik untuk dicoba. Kamu tertarik buat nyoba usaha kebab?

Usaha kebab bisa dilakukan oleh siapa saja. Sekarang ini usaha kebab bisa dicoba dengan sistem waralaba atau franchise. Tapi kamu juga bisa kalau mau menjalankan usaha kebab secara mandiri. Kalau kamu mau mencoba usaha kebab dengan sistem waralaba sebenarnya akan lebih memudahkan kamu, apalagi kalau kamu pemula. Sistem usaha kebab waralaba akan memberikan banyak keuntungan. Mulai dari modalnya yang terjangkau dan peralatan usaha sudah tersedia. Kamu juga tidak perlu memerlukan promosi dari nol, karena merek dagangnya biasanya sudah dikenal.

Memulai Usaha Kebab

Kalau dalam penjualannya, kebab dijual dengan berbagai ukuran. Hal ini bisa menjadi peluang juga supaya kamu bisa menjangkau konsumen dari berbagai kalangan. Ukuran kebab bisa disesuaikan dan disajikan dengan target konsumen yang disasar. Kebab dengan ukuran kecil tentu saja harganya lebih terjangkau, jadi konsumen atau pasarnya semakin luas. Supaya konsumen dari usaha kebab kamu semakin beragam, sediakan juga kebab dalam ukuran sedang dan besar. Kebab itu makanan yang cocok dikonsumsi kapan saja. Bahkan di acara-acara khusus seperti ulang tahun, pernikahan, pesta, dan acara lainnya juga sering menjadikan kebab sebagai salah satu menu dalam acara.

Ketika kamu memulai usaha kebab, pastikan kamu juga melakukan inovasi untuk sajian kebab yang kamu jual. Mulai dari ukurannya dan isian kebab. Kamu bisa berinovasi dengan menyediakan variasi isian seperti telur, daging sapi, daging ayam, keju, cokelat, sosis, jenis saus, buah-buahan, sayuran, dan variasi isian dan rasa lainnya. Bahkan kamu juga bisa berinovasi dengan membuat lapisan roti kebab menjadi warna hitam.

Manfaatkan juga media sosial sebagai alat promosi usaha kebab yang kamu jalankan. Sekarang media sosial sudah menjadi ruang publik di mana banyak orang yang menjadikannya untuk mencari beragam informasi. Termasuk informasi tentang kuliner yang recommended untuk dicoba. Selain itu, manfaatkan juga layanan pesan antar online di aplikasi dengan mendaftarkan usaha kebab kamu sebagai mitra resto. Selain memudahkan konsumen, kamu juga bisa menjangkau konsumen yang lebih luas.

Resep Kuliner Kebab

Dalam menjalankan usaha kuliner satu hal yang harus kamu perhatikan adalah cita rasa dari produk yang kamu jual. Ketika kamu akan memulai usaha kebab, pastikan kamu sudah menemukan resep kebab yang menjadi ciri khas dari usaha kuliner internasional yang satu ini. Berikut ini resep kuliner kebab yang bisa kamu kembangkan.

Bahan Kebab

– Daging sapi iris ½ kg

– Jahe 1 ruas

– Ketumbar ½ sdt

– Plain yogurt

– Cabai merah 3 buah

– Bawang putih 2 siung

– Lada secukupnya

– Garam secukupya

– Lembaran tortila

– Bawang bombay iris 25 gram

– Margarin 1 sdt

– Selada iris 25 gram

– Tomat iris 25 gram

– Timun iris 25 gram

– Mayones secukupnya

– Saus secukupnya

Cara Membuat

1. Cuci daging sapi sampai bersih, tumbuk hingga bentuk daging melebar.

2. Siapkan cabai merah, jahe, ketumbar, dan bawang putih untuk dihaluskan. Kemudian tambahkan plain yogurt, garam, dan lada.

3. Setelah bumbu tercampur, masukkan daging. Diamkan 10 menit sampai bumbu meresap. Kemudian panggan hingga matang dan tiriskan.

4. Siapkan wajan, olesi margarin dengan api kecil. Masukkan tortila, panggang sampai muncul bercak kecokelatan kemudian tiriskan.

5. Letakkan tortila di atas piring, tata sayuran di bagian tengah dengan bentuk memanjang. Tambahkan olesan saus di atas sayuran, isian daging, dan mayones. Gulung tortila dan padatkan.

6. Siapkan lagi wajan dengan olesan margarin. Panggang kebab sampai berwarna kecokelatan dan tiriskan. Kebab siap disajikan.

Kemasan Kebab

Sekarang kemasan makanan itu tidak hanya sebatas menjadi wadah atau kemasan suatu produk saja. Tapi lebih dari itu kemasan makanan merupakan bagian dari identitas produk itu sendiri.  Jadi kalau kamu sudah punya resep kebab yang super enak, selanjutnya adalah buat kemasan kebab dengan desain yang menarik. Ada beberapa jenis kemasan kebab yang bisa kamu pilih. Tapi yang paling cocok adalah kemasan kebab kemasan dari kertas tampilannya berkelas. Serta memudahkan konsumen ketika membeli kebab yang kamu jual. Terutama untuk layanan delivery. Berikut ini kemasan makanan yang cocok untuk usaha kebab kamu.

Paper Bag

Paper Bag
tokokebab.com

Kemasan kantong kertas makanan biasanya digunakan untuk produk makanan cepat saji misalnya fried chicken, burger, kentang goreng, kebab, roti maryam, donat, dan aneka makanan ringan lainnya. Jenis kantong kertas ini berbahan dasar kertas food grade yang tahan minyak atau greaseproof. Untuk desainnya adalah menggunakan teknik printing. Cocok banget buat kemasan kebab yang kamu jual. Simpel, praktis, plus vancy sekaligus ramah lingkungan.

Kemasan Box Kebab

Kemasan Box Kebab
tokopedia.net

Kalau kemasan yang satu ini pasti kamu sudah familiar. Bahannya kertas, ada pilihan yang laminasi atau non laminasi. Bentuknya memanjang dan slim, sesuai dengan bentuk kebab. Untuk ukurnnya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Cetakannya adalah printing. Kamu bisa gunakan desain yang eye cathing dengan full color.

Udah kebayang kan prospek usaha kebab yang menjanjikan ini? Kalau urusan kemasan, kamu serahin aja ke tim diKemas.com biar usaha kebab kamu makin naik kelas. Ada layanan konsultasi dan desain kemasan kebab gratis tanpa dipungut biaya spesial buat pelaku UMKM. Yuk konsultasikan kemasan kebab yang kamu butuhkan dengan menghubungi kontak di bawah ini!

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar