Usaha Leker, Jajanan Kue Legendaris Peluang Bisnisnya Manis!

Usaha leker menjadi salah satu peluang bisnis jajanan atau snack yang menguntungkan. Siapa sih yang nggak kenal sama kue legendaris yang satu ini? Kue leker adalah kue tradisional masyarakat kota Solo. Kalau kata orang-orang yang terdahulu, kenapa kue tipis ini dinamakan leker berawal dari sebutan orang Belanda saat mencicipi kue ini. Leker atau lecker kalau diterjemahkan dalam bahasa Belanda artinya lezat atau enak. Bentuk dari kue leker ini mirip sama martabak, tapi ukurannya lebih kecil dan adonannya lebih tipis. Ciri khas dari kue leker ini adalah adonan kue yang renyah dan isian kue leker yang bisa disesuaikan dengan selera.

Peluang Usaha Leker

Kue leker populer dan diminati oleh banyak kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang tua menjadi bagian dari penggemar kue leker. Jadi nggak heran kalau peluang usaha leker punya prospek yang menjanjikan. Untuk memulai usaha leker ini pastinya diperlukan persiapan, terutama dalam membuat olahan kue leker dengan hasil yang renyah dan crispi. Ketepatan dalam mengolah kue leker itu sangat penting. Kalau enggak, adonan kue leker akan tidak sempurna atau bantat dan tidak bisa mengembang. Seiring perkembangan zaman, sekarang usaha kue leker juga terus mengalami inovasi. Salah satunya adalah dengan hadirnya kue crepes sebagai inovasi dari kue leker.

Sekarang ini kue leker tampil dengan berbagai varian isi atau toping yang lebih beragam. Kalau dulu kue leker dikenal dengan isian atau toping cokelat, susu, pisang, meses, sekarang kue leker varian topingnya makin beragam. Mulai dari cita rasa yang manis, gurih, asin, sampai pedas. Seperti toping sosis, keju mozarella, daging, tuna, saus mayones, greentea, oreo, vanilla, dan varian rasa lain yang kekinian. Bisnis kuliner memang tidak pernah berhenti untuk berinovasi. Tiap hari kreativitas para pelaku bisnis kuliner selalu bertambah. Tidak terkecuali usaha leker yang terus mengalami inovasi. Mulai dari inovasi toping, ukuran, sampai kemasan. Jadi nggak heran kalau persaingan usaha leker makin hari makin kompetitif. Bahkan usaha leker sekarang ini sudah merambah pada bisnis waralaba atau franchise.

Resep Kue Leker

Hal yang paling penting dalam memulai usaha kuliner adalah menciptakan makanan atau minuman dengan cita rasa yang sesuai dengan selera konsumen. Nggak cuma cita rasa aja, tapi ciri khas rasa juga penting ketika ingin mendapatkan hati konsumen. Pasti kamu juga nggak asing sama pernyataan “rasa nggak pernah bohong” jadi kalau ada bisnis kuliner yang banyak pelanggannya pasti produk yang mereka jual punya ciri khas dan cita rasa yang sesuai dengan selera konsumennya. Nah maka dari itu dalam menjalankan usaha leker ini kamu juga perlu menciptakan resep kue leker dengan cita rasa yang sesuai dengan selera konsumen. Mulai dari adonan kulitnya sampai takaran toping yang pas. Berikut ini resep yang bisa kamu kembangkan untuk usaha leker kamu nanti.

Bahan Kue Leker

– Terpung terigu 200 gram

– Telur 2 butir

– Garam 1 sdt

– Gula pasir 2 sdm

– Bubuk vanili secukupnya

– Air secukupnya

Bahan Isi

– Susu kental manis

– Irisan pisang kepok

– Gula pasir

– Meses cokelat

– Parutan keju

Cara Membuat Kue Leker

1. Siapkan bahan adoan kue leker. Ayak tepung terigu di wadah besar. Kemudian tambahkan kocokan telur. Masukkan garam, vanili, dan air secukupnya. Aduk sampai merata.

2. Diamkan adonan 20 menit.

3. Siapkan wajan berbentuk pipih, panaskan dengan api kecil dan lumuri permukaan dengan mentega.

4. Ambil adonan sebanyak satu sendok sayur, tuangkan ke atas wajan. Tunggu sampai agak mengering, masukkan semua bahan isian. Kemudian lipat adonan dan balikkan supaya matang merata.

5. Angakt dan tiriskan. Kue leker siap disajikan.

Strategi Pemasaran Usaha Leker

Manfaatkan media sosial untuk memasarkan produk kue leker yang kamu jual. Media sosial adalah alat pemasaran yang sangat efektif untuk memasarkan sebuah produk. Apalagi segmen konsumen yang kamu sasar adalah anak muda. Mereka adalah pengguna aktif media sosial yang kemungkinan besar segala aktivitas yang mereka lakukan selalu berkaitan dengan media sosial. Seperti mencari rekomendasi kuliner enak atau mencari produk yang mereka inginkan. Selain itu ketika memulai usaha leker manfaatkan juga kemitraan resto di aplikasi layanan pesan antar online. Hal ini akan sangat efektif untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Lebih memudahkan konsumen untuk bisa menikmati kue leker yang kamu jual dengan lebih praktis.

Kemasan Kue Leker

Kalau dari zaman dulu kue leker hanya dikemas menggunakan koran, kamu bisa banget nih bikin inovasi kemasan yang lebih vancy. Sekarang kemasan makanan itu nggak cuma sebatas jadi wadah atau kemasan produk aja. Tapi lebih dari itu kemasan merupakan bagian dari identitas produk itu sendiri.  Jadi kalau kamu udah punya resep kue leker yang super enak, selanjutnya adalah buat kemasan kue leker dengan desain yang menarik. Selain bikin produk tampil menarik, kemasan kue leker juga memudahkan konsumen ketika membeli kue leker dengan layanan delivery. Berikut ini kemasan makanan yang cocok untuk mengemas kue leker.

Kantong Kertas atau Paper Bag

Kantong Kertas atau Paper Bag
https://dikemas.com/

Kemasan kantong kertas makanan biasanya digunakan untuk produk makanan cepat saji misalnya fried chicken, burger, kentang goreng, kebab, roti maryam, donat, kue leker dan aneka makanan ringan lainnya. Jenis kantong kertas ini berbahan dasar kertas food grade yang tahan minyak atau greaseproof. Untuk desainnya adalah menggunakan teknik printing. Simpel, praktis, plus vancy sekaligus ramah lingkungan. Ukurannya bisa kamu sesuaikan dengan ukuran kue leker yang kamu jual.

Kemasan Box Kue Leker

Kemasan Box Kue Leker
shopee.co.id

Kalau kemasan yang satu ini pasti kamu sudah familiar. Bahannya dari kertas, ada pilihan yang laminasi atau non laminasi. Kemasan ini cocok untuk kue leker yang kamu jual. Kalau untuk cetakannya adalah printing. Kamu bisa gunakan desain yang eye cathing dengan full color. Ukurannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Food Tray

Food Tray
tokopedia.net

Bahan kemasannya mirip dengan kemasan box tapi beda bentuk dan model. Kemasan food tray tampil tanpa tutup kemasan. Biasanya cocok buat UMKM yang jualannya di food court. Jadi pelanggan bisa langsung makan di tempat tanpa menambah pekerjaan kamu buat mencuci wadah. Teknik cetakannya juga bisa menggunakan full color printing atau sablon. Nah cocok banget nih buat ngemas kue leker kekinian yang kamu jual.

Udah kebanyang kan peluang usaha leker yang prospeknya menggiurkan ini? Kalau urusan kemasan kamu serahin aja ke tim diKemas.com biar usaha leker kamu makin naik kelas. Ada layanan gratis konsultasi dan desain kemasan juga loh. Yuk konsultasikan kemasan kue leker yang kamu butuhkan dengan menghubungi kontak di bawah ini.

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar