Ada Yang Sudah Kenal Sama Kopi Catimor? Kalau Belum Sini Kenalan

Ngomongin kopi di Indonesia memang beragam jenisnya dengan berbagai macam karakteristiknya. Salah satunya adalah Kopi Catimor, pasti banyak yang belum mengenal kopi yang satu ini. Kopi yang selama ini banyak dikenal oleh masyarakat adalah kebanyakan arabica dan robusta. Padahal selain 2 jenis kopi tersebut ada beberapa jenis kopi di Indonesia yang wajib kamu ketahui. Untuk pembahasan kali ini kita akan mulai bahas mengenai Kopi Catimor. Apa itu kopi catimor, bagaimana karakteristiknya, cita rasa dan lain sebagainya.

Kopi Catimor adalah kopi dari hasil persilangan antara kopi arabica dan robusta. Bagi sebagian orang mungkin masih sangat asing dan belum mengenal kopi yang satu ini. Namun meski begitu kopi ini terus semakin banyak para penikmatnya dan grafiknya makin naik. Persilangan kopi ini menghasilkan tanaman kopi yang berukuran kecil dengan kualitas tinggi. Kopi ini disebut juga kopi arabusta. Bentuk dari kopi ini menyerupai arabica dan rasanya menyerupai kopi robusta.

paper-cup-baner-web

Kopi Catimor Persilangan Arabica dan Robusta

Jenis kopi ini tumbuh subur di daerah dengan iklim tropis seperti Indonesia. Kopi catimor berasal dari provinsi Timor Timor pada tahun 1978. Varietas kopi ini pohonnya memang tidak terlalu tinggi dan penyebaran daerah penanamannya diperluas hingga Flores dan Aceh. Tahukah kamu jika Kopi Catimor ini juga disebut sebagai kopi Ateng?

Kopi ini memang menyerupai arabica dan rasa yang menyerupai tanaman kopi robusta. Ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh kopi yang satu ini yakni, kopi memiliki pohon yang pendek hanya berkisar 2 – 4 meter saja. Dengan begitu akan memudahkan dalam hal perawatan dan proses panen.

Kedua kopi ini termasuk tanaman kopi yang tahan terhadap hama. Kopi ini mempunyai kadar kafein yang tinggi dan hasil panennya cukup banyak dengan kualitas tinggi. Adanya variasi rasa dan juga karakter aroma serta rasa yang kuat menjadikan kopi ini berbeda dan unik. Ketiga kopi ini berbuah dengan sangat cepat, hal ini dikarenakan kopi ini memiliki kualitas yang bagus.

KOPI CATIMOR

Daerah Asal

Kopi Catimor ini merupakan salah satu kopi dari hasil persilangan antara arabica dan robusta. Kopi ini berasal dari daerah Timor Timor pada tahun 1978 dan kini tersebar tumbuh di daerah Flores dan Aceh. Tanaman kopi ini tumbuh subur pada iklim tropis yang mana pada suhu dingin dan cenderung panas.

Cita Rasa

Kopi Catimor ini memiliki karakter rasa yang sungguh unik, karena merupakan hasil persilangan dari kopi arabica dan robusta maka kopi ini mengambil unsur robusta yang ada pada kopi daerah Timor.

Tingkat keasaman yang rendah dan kadar kafeinnya yang cukup tinggi. Memberikan after taste herbal yang unik dan berkarakter kuat. Sentuhan rasa buah pun akan terasa pada saat setelah meneguknya. Kopi ini dianggap memiliki cita rasa yang cukup eksotis dan makannya cukup digandrungi oleh para pecinta kopi.

Bentuk Biji Kopi

Tanaman Kopi Catimor ini berukuran kecil, namun bijinya cukup besar. Bentuk biji kopi ini menyerupai kopi arabica karena merupakan persilangan dari kopi arabica dan robusta. Yakni bentuk biji kopinya berukuran cukup besar jika dibandingkan dengan robusta. Bentuknya lonjong dan pipih serta struktur bijinya memiliki garis lipatan yang melengkung dan tidak lurus, sedangkan untuk teksturnya lebih halus.

Karakteristik

Karakteristik dari kopi yang satu ini tanamannya berukuran kecil dan bijinya terlihat lebih besar sama dengan kopi arabica. Unsur robusta ada dalam kopi catimor ini memberikan efek rasa yang mirip dengan robusta. Rasa cenderung lebih asam namun rasa pahitnya masih dominan dan sangat pekat.

Nah itu tadi adalah pengenalan jenis kopi nusantara yang merupakan varietas unik dari persilangan kopi arabica dan robusta. Selanjutnya kita akan membahas sedikit mengenai contoh kemasan kopi sebagai referensi para pebisnis kopi, diantaranya adalah sebagai berikut.

Kemasan Kopi

Standing Pouch Aluminium Foil

Deskripsi bahan

Kemasan ini namanya standing pouch aluminium foil yang sedang hits dan paling banyak digunakan saat ini. Bahanya adalah laminasi bagian luarnya doff atau istilah lainnya laminasi mate. Dilengkapi dengan zipper lock untuk tutup ulang kemasan, model stand pouch doff aluminium foil banyak dipakai para pelaku bisnis kopi bubuk maupun biji kopi.

Terbuat dari bahan full aluminium foil dengan kualitas food grade premium, kemasan stand pouch ini punya beberapa varian warna yakni hitam, gold, putih. Dan menariknya sekarang standing pouch ini ada beberapa warna loh. Bisa disablon dengan desain menarik dan kekinian juga. Sisi depan dan belakangnya juga bisa disablon maupun di tempelin stiker buat nunjukin produk brand kamu.

Kelebihan kemasan stand pouch :

  1. Laminasi pada kemasan stand pouch aluminium foil hitam, putih, gold, hijau, merah dsb. Banyak dicari para pelaku usaha kopi karena kemasan terlihat lebih elegan dan eksklusif.
  2. Stand pouch kopi dari aluminium foil ini dilengkapi dengan zipper lock yang berfungsi sebagai pengaman ekstra, sehingga aroma dan kualitas kopi masih bisa tetap terjaga meski kemasan sudah dibuka segelnya oleh para konsumen.
  3. Tidak hanya itu saja, kemasan kopi ini jg bisa ditambahkan lubang valve udara, sehingga konsumen bisa mencium aroma kopi tanpa menyebabkan udara luar masuk ke dalam kemasan.
  4. Untuk mempercantik kemasan, pelaku bisnis kopi juga bisa menambahkan sticker brand atau merk yang dipasarkan.

Standing Pouch Craft

Deskripsi bahan

Kemasan berikut ini adalah standing pouch craft, kemasan ini terbuat dari kertas coklat dan laminasi dalamnya alufoil. Berlaminasi dalam alufoil membuat produk bubuk tidak mudah menggumpal dan tetap menjaga aroma kopi lebih lama. Untuk menutup kemasan ini bisa menggunakan mesin handsealer. Kemasan ini juga bisa diaplikasikan menggunakan sablon ataupun stiker untuk cetak desainnya. Gratis desain untuk setiap pembelian kemasan. Kemasan ini juga bisa ditambah dengan lubang valve ( lubang hirup untuk aroma kopi ).

Kelebihan

Kelebihan dari kemasan standing pouch craft ini adalah bahannya yang sangat elegan, kemasan ini juga bisa dilengkapi denģan window yang akan membuat produk kamu terlihat dari luar kemasan sehingga tampak lebih menarik. Menariknya lagi kemasan ini ditambah dengan adanya zipper lock sehingga ketika produk dibuka bisa ditutup kembali tanpa takut tumpah.

Demikian adalah beberapa contoh kemasan dengan deskripsi dan kelebihan dari masing – masing kemasan. Kamu bisa memilih kemasan kopi sesuai kebutuhan dengan berbagai macam ukuran, model dan juga desain menarik. semoga bermanfaat.

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar