Ada Varietas Kopi Baru Nih Namanya Kopi Geisha

Kopi Geisha adalah salah satu kopi varietas Indonesia, mungkin memang masih cukup asing bagi sebagian orang. Tidak hanya ada varietas kopi arabica, robusta, excelsa, liberika dan citamor saja. Salah satu kopi nusantara yang tak kalah menarik dan unik adalah Kopi Geisha. Kopi ini aslinya bernama Kopi Gesha.

Kopi ini berasal dari Gesha, bagian barat Ethiophia yang mana dibawa ke Kosta Rika. Jenis kopi yang satu ini menjadi primadona yang selalu dicari dan cukup banyak penikmatnya. Namun meskipun kopi ini banyak penikmatnya nyatanya kopi ini tidak mudah ditemukan. Cita rasa dari kopi yang satu ini cukup unik dan anggun.

Kopi Geisha merupakan salah satu varietas kopi Indonesia yang cukup terkenal di dunia. Tidak hanya terkenal karena karakter rasanya yang unik namun juga harganya yang sangat fantastis. Lalu apa yang membuat kopi ini harganya fantastis? Nah hal ini dipengaruhi oleh kualitas rasa dan juga jumlah produksi kopi ini sangat terbatas.

Kopi Geisha Punya Rasa Yang Berkarakter

Jenis kopi ini memiliki rasa yang sangat jelas, karakter rasanya benar – benar terasa. Rasa dari kopi ini tergantung dari ketepatan dalam menanam dan juga metode penanamannya. Menariknya kopi ini memiliki rasa yang sangat fruity atau rasa buah serta floral dengan aroma yang mirip dengan wanginya bunga. Yang membuat kopi ini langka adalah karena varietas ini sulit proses penanamannya. Selain itu kopi ini juga berbuah sangat sedikit.

Kopi Gesiha ini ditemukan di daerah pegunungan dan pada masa itu tanaman kopi ini tumbuh subur dan tumbuh secara liar. Karakter dari biji kopi ini ditentukan dari kondisi sekitar tanaman kopi ini sendiri, pertumbuhan serta perawatannya. Iklim juga mempengaruhi dari rasa dari kopi yang satu ini. Hal yang unik dari Kopi Geisha ini karena memiliki karakteristik yang aromatik. Keseimbangan aroma dan juga rasa menjadikan Gesiha ini tidak mirip dengan kopi. Beberapa pecinta kopi juga menemukan rasa yang unik yakni cokelat yang samar dan asam dari buah.

KOPI GEISHA

Daerah Asal

Kopi Geisha ini adalah kopi varietas dari Indonesia yang memang cukup langka. Hal ini karena tanaman kopi ini sulit untuk tumbuh. Bisa dikatakan jika kopi ini cukup sulit untuk perawatanya. Bahkan kopinya hanya tumbuh terbatas dan proses penanamannya juga tidak mudah. Tanaman kopi ini berasal dari daerah Geisha, bagian barat Ethiophia dan tumbuh subur di atas 2100 mdpl. Tumbuhan kopi ini berbeda dengan kopi pada umumnya, yakni kopi ini membutuhkan waktu yang lama sekitar 8 tahun untuk panen.

Karakteristik

Tanaman biji Kopi Geisha ini ciri buahnya panjang, memiliki body yang ringan dan memiliki rasa seperti madu dan bauh jeruk yang sangat kompleks. Aroma yang khas ketika disedu semerbak bau bunga yang mirip dengan jasmine. Tingkat keasaman cukup lembut dan terkadang ada rasa blueberry, mangga, pepaya bahkan jeruk mandarin.

Kerumitan rasa yang sangat unik ini menjadikanya cukup digemari oleh para pecinta kopi dunia. Hal inilah yang menjadikan kopi ini menjadi salah satu kopi primadona dan menjadi kopi papan atas. Berbeda dengan kopi pada umumnya kopi yang satu ini membutuhkan banyak air dan penanaman yang lebih rumit.

Kelebihan

Kopi Gesiha ini merupakan kopi terbaik di dunia yang mana telah memenangkan kompetisi. Sejak saat itu Kopi Geisha selalu memenangkan kompetisi serupa selama 4 tahuh berturut – turut pad atahun 2004 sampai 2007. Kopi ini sering memenangkan berbagai pengharagaan diajang kopi tasting. Hal inilah yang menjadikan kopi ini semakin dicari dan diminati para pecinta kopi di dunia.

Tak hanya itu saja, yang mencengangkan kopi ini memiliki harga yang cukup fantastis. Bukan karena permintaan yang selalu naik. Namun karena langkanya kopi yang satu ini serta penanaman yang cukup sulit. Kopi ini juga memiliki rasa dan aroma yang unik dan sangat berkarakter.

Kemasan Kopi

Standing Pouch Printing Doff

Deskripsi bahan

Kemasan ini namanya standing pouch alupaper printing doff terbuat dari bahan aluminium foil di bagian dalam dan bagian luar ilaminasi art paper yang bisa di print dengan desain merk/ brand produk sesuai dengan kebutuhan para pelaku bisnis kopi.

Pada umumnya kemasan stand pouch alupaper ini dipilih para pelaku bisnis kopi yang ingin naik kelas dengan kemasan yang sudah dibranding dengan merk/ brand produk yang dipasarkan, namun dengan minimal order yang masih cukup terjangkau. Kemasan stand pouch printing ini bagian dalamnya dilapisi bahan aluminium foil dengan dilaminasi art paper printing dengan tampilan glossy maupun doff.

Kelebihan standing pouch printing doff :

  1. Kemasan yang sudah dilengkapi merk/ brand produk yang mereka pasarkan. Dengan adanya kemasan standing pouch alupaper printing ini.
  2. Meski tidak dilengkapi dengan zipper, tapi kemasan stand pouch ini bisa direkatkan dengan alat pres listrik disebut dengan istilah hand sealer.
  3. Laminasi glossy ataupun doff pada kemasan stand pouch alupaper, membuat kemasan terlihat semakin eksklusif dan elegan sehingga mempertajam desain merk/ brand yang dipasarkan.

Standing Pouch Aluminium Foil

Deskripsi bahan

Kemasan ini namanya standing pouch aluminium foil yang sedang hits dan paling banyak digunakan saat ini. Bahanya adalah laminasi bagian luarnya doff atau istilah lainnya laminasi mate. Dilengkapi dengan zipper lock untuk tutup ulang kemasan, model stand pouch doff aluminium foil banyak dipakai para pelaku bisnis kopi bubuk maupun biji kopi.

Terbuat dari bahan full aluminium foil dengan kualitas food grade premium, kemasan stand pouch ini punya beberapa varian warna yakni hitam, gold, putih. Dan menariknya sekarang standing pouch ini ada beberapa warna loh. Bisa disablon dengan desain menarik dan kekinian juga. Sisi depan dan belakangnya juga bisa disablon maupun di tempelin stiker buat nunjukin produk brand kamu.

Kelebihan kemasan stand pouch :

  1. Laminasi pada kemasan stand pouch aluminium foil hitam, putih, gold, hijau, merah dsb. Banyak dicari para pelaku usaha kopi karena kemasan terlihat lebih elegan dan eksklusif.
  2. Stand pouch kopi dari aluminium foil ini dilengkapi dengan zipper lock yang berfungsi sebagai pengaman ekstra, sehingga aroma dan kualitas kopi masih bisa tetap terjaga meski kemasan sudah dibuka segelnya oleh para konsumen.
  3. Tidak hanya itu saja, kemasan kopi ini jg bisa ditambahkan lubang valve udara, sehingga konsumen bisa mencium aroma kopi tanpa menyebabkan udara luar masuk ke dalam kemasan.
  4. Untuk mempercantik kemasan, pelaku bisnis kopi juga bisa menambahkan sticker brand atau merk yang dipasarkan.

Standing Pouch Craft

Deskripsi bahan

Kemasan berikut ini adalah standing pouch craft, kemasan ini terbuat dari kertas coklat dan laminasi dalamnya alufoil. Berlaminasi dalam alufoil membuat produk bubuk tidak mudah menggumpal dan tetap menjaga aroma kopi lebih lama.

Untuk menutup kemasan ini bisa menggunakan mesin handsealer. Kemasan ini juga bisa diaplikasikan menggunakan sablon ataupun stiker untuk cetak desainnya. Gratis desain untuk setiap pembelian kemasan. Kemasan ini juga bisa ditambah dengan lubang valve ( lubang hirup untuk aroma kopi ).

Kelebihan

Kelebihan dari kemasan standing pouch craft ini adalah bahannya yang sangat elegan, kemasan ini juga bisa dilengkapi denģan window yang akan membuat produk kamu terlihat dari luar kemasan sehingga tampak lebih menarik. Menariknya lagi kemasan ini ditambah dengan adanya zipper lock sehingga ketika produk dibuka bisa ditutup kembali tanpa takut tumpah.

Demikian adalah beberapa contoh kemasan kopi yang paling populer di beberapa tahun terakhir dan kemasan ini adalah kemasan yang paling favorit digunakan oleh para pebisnis kopi.

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar