Apa Pentingnya Kemasan yang Apik bagi Suatu Produk?

Pernahkah anda melihat sebuah produk, khususnya yang dipasarkan pada era saat ini, yang dalam penjualannya tidak dikemas? Bagaimana tanggapan anda terhadap produk tersebut? Meyakinkan untuk dibeli? Hmm, rasanya kemasan produk saat ini menjadi salah satu hal terpenting dalam keputusan pembelian suatu produk. Memang, salah satu komponen penting dalam penjualan suatu produk adalah berkaitan dengan kemasan produk tersebut.

Diperkuat dengan dunia akademis yang mengeluarkan banyak kajian yang berkaitan dengan keputusan pembelian suatu produk berdasarkan kemasan produk tersebut. Dari situ sudah terlihat seberapa berpengaruhnya sebuah kemasan produk terhadap tingkat penjualan produk tersebut.

paper-cup-baner-web

Sayangnya, banyak yang belum menyadari pentingnya pemilihan kemasan yang baik dan tepat bagi produk yang dijualnya. Mengapa kemasan produk menjadi penting bagi bisnis, ya? Simak ulasan berikut!

1. Sebagai Identitas Produk

Persaingan bisnis di Indonesia saat ini memang ketat, kebaharuan ide bisnis semakin susah dicari. Sehingga semakin banyak bisnis serupa yang berkembang. Lalu bagaimana membuat bisnis anda berbeda dengan bisnis lainnya dalam bidang yang sama? Salah satunya dengan menggunakan kemasan yang “gue banget” alias merepresentasikan produk atau brand anda sendiri. Kemasan yang berhasil akan membuat calon konsumen langsung mengenali produk anda. Dengan menggunakan kemasan anda bisa sekaligus membranding produk anda sehingga memiliki ciri khas atau identitas tersendiri.

2. Melindungi Produk

Melindungi Produk

Kemasan juga melindungi kualitas produk anda agar tetap terjaga. Bayangkan jika anda memiliki bisnis kopi dan menggunakan kemasan yang tidak tepat atau mudah robek. Produk anda yang ada di dalam kemasan akan mudah tercecer dan kualitasnya bisa rusak. Selain merugikan konsumen juga menjatuhkan bisnis anda. Kemasan tidak hanya melindungi produk pada saat pendistribusian tapi juga pada saat displaying di toko. Kemasan yang tertutup dengan baik akan menjaga produk anda dalam keadaan yang baik pula.

3. Menjadi Daya Tarik Tersendiri bagi Konsumen

Produk yang dikemas dengan cantik akan memiliki nilai penjualan yang lebih tinggi daripada produk yang dikemas ala kadarnya. Orang cenderung akan lebih ingin mencari tahu produk yang kemasannya menarik dan memiliki nilai lebih seperti desain yang bagus dan bahan yang ramah lingkungan. Apalagi saat ini masyarakat sudah mulai terliterasi dengan limbah yang dihasilkan, kemasan yang ramah lingkungan akan lebih disukai daripada kemasan yang susah diuraikan oleh bumi.

4. Menyajikan Informasi yang Dibutuhkan Seputar Produk

Menyajikan Informasi yang Dibutuhkan Seputar Produk

Biasanya dalam sebuah kemasan tidak hanya termuat nama produk saja, namun juga informasi-informasi seputar produk tersebut. Calon konsumen biasanya mencari informasi tersebut sebelum memutuskan tindakan pembelian lebih lanjut. Jika produk tidak memiliki kemasan yang baik, dimana informasi-informasi tersebut disematkan? Peletakan informasi mengenai produk di kemasan juga bertujuan agar mudah dilihat oleh konsumen sehingga mereka semakin yakin untuk melakukan pembelian. Informasi tersebut bisa berupa mengenai tanggal kedaluwarsa, bahan baku, angka kecukupan gizi, tanggal produksi, dan lain sebagainya.

Poin-poin yang telah disebutkan di atas hanya beberapa dari sekian banyak manfaat menggunakan kemasan untuk produk anda. Tren kemasan produk bersifat dinamis dan berganti seiring waktu sehingga anda para pelaku bisnis harus pandai membaca tren dan mengubahnya menjadi peluang. Mungkin anda akan merasa kerepotan jika harus memikirkan masalah pengemasan produk ini. Tenang, saat ini sudah banyak jasa pengemasan yang akan memikirkan kemasan produk anda dengan tepat, rapih, dan baik. Anda tidak perlu repot membuat desain, mencetak, dan melakukan pengemasan karena itu semua akan dilakukan oleh jasa pengemasan produk.

Dikemas.com menjadi salah satu jasa pengemasan yang akan membuat produk usaha anda memiliki kemasan yang apik, cantik, menarik, aman, dan menambah nilai jual produk anda.

Tinggalkan komentar