Begini Sejarah Kopi Robusta Yang Ngak Banyak Orang Tahu

Sejarah Kopi Robusta yang bernama latin Coffea Canephora ini pertama ditemukan di daerah Belgia di dataran Afrika, Kongo pada tahun 1898. Tanaman biji kopi robusta ini berasal dari negara benua Afrika yakni Kongo, SUdan, Liberia dan Uganda. Pada zaman dulu memang kopi yang paling populer dan pertama kali dikenal oleh dunia adalah kopi arabika.

Namun kemudian muncul kopi robusta ini sebagai alternatif kopi arabika. Arabika yang terkenal mudah terserang hama dan juga penyakit pada saat itu tergantikan oleh robusta. Sudah dibuktikan bahwa kopi robusta ini tahan terhadap hama dan berbagai macam penyakit.

Bahkan robusta ini juga bisa bertahan dalam segala musim dan cuaca. Hal yang paling menonjol dari kopi robusta ini adalah rasanya yang lebih kuat dari pada kopi. Bahkan berdasarkan penelitian membuktikan kopi Robusta ini memang memiliki ketahanan yang cukup baik.

Sejarah Kopi Robusta

Pada tahun 1907 Belanda membawa tanaman ke Indonesia untuk dibudidayakan. Dan kopi robusta ini pernah menjadi alternatif pengganti kopi arabika yang pernah mati karena wabah penyakit. Jika dibandingkan dengan kopi arabika, excelsa dan liberika robusta memiliki ketahanan paling baik.

Terbukti ketika ditanam pada musim penyakit dan hama yang bertahan hanyalah kopi robusta. Sejak saat itu kopi robusta paling banyak ditanam dan dibudidayakan. Dan tahukah kamu jika lebih dari 80% perkebunan kopi di Di Indonesia adalah jenis tanaman kopi robusta.

Varietas Kopi Robusta

Varietas Robusta

Kopi robusta ini memiliki varietas turunan, sebenarnya robusta ini memiliki 2 turunan yakni robusta dan nganda. Nah dari robusta ini turun lagi varietasnya yakni ada catimor, ruiru 11, sigagar utang, sarchimor. Keunggulan lain dari tanaman kopi robusta ini adalah kopi yang berasal dari Afrika Barat dan tumbuh subur di dataran rendah dibawah 500 mdpl. Kopi robusta ini mampu tumbuh pada suhu yang hangat dan terkenal mudah dirawat.

Kadar Kafein

Kadar kafein dalam biji kopi robusta ini memiliki kadar 2 kali lipat dari arabika. Rasanya cenderung lebih pahit dan kental, Kopi robusta ini memiliki rasa yang menyerupai kacang, kasar dan pastinya jauh lebih pahit. Kopi ini memang memiliki karakter yang cenderung lebih kuat dan kasar. Keunikan lain dari kopi robusta ini terletak pada aromanya mengeluarkan aroma earthy dan nutty. Rasanya yang pahit ini menjadikan kadar gulanya rendah dan kadar kafeinnya cenderung tinggi.

Bentuk Biji

Bentuk biji kopi robusta bentuknya bulat dan ukurannya lebih kecil dan bulat jika dibandingkan dengan kopi arabika. Warnanya pun jauh lebih pucat dan lipatannya dan bagian tengahnya kurang jelas. Garis tengah pada biji kopi terlihat lurus strukturnya. Untuk teksturnya lebih kasar dan di lidah terasa lebih manis seperti cokelat.

Sekian adalah pembahasan mengenai sedikit sejarah kopi robusta, semoga semakin menambah pengetahuan tentang kopi robusta, Selanjutnya yang akan kita bahas adalah kemasan kopi.

Kemasan Kopi

Standing Pouch Printing Doff

Deskripsi bahan

Kemasan ini namanya standing pouch alupaper printing doff terbuat dari bahan aluminium foil di bagian dalam dan bagian luar ilaminasi art paper yang bisa di print dengan desain merk/ brand produk sesuai dengan kebutuhan para pelaku bisnis kopi.

Pada umumnya kemasan stand pouch alupaper ini dipilih para pelaku bisnis kopi yang ingin naik kelas dengan kemasan yang sudah di branding dengan merk/ brand produk yang dipasarkan, namun dengan minimal order yang masih cukup terjangkau. Kemasan stand pouch printing ini bagian dalamnya dilapisi bahan aluminium foil dengan di laminasi art paper printing dengan tampilan glossy maupun doff.

Kelebihan standing pouch printing doff :

  1. Kemasan yang sudah dilengkapi merk/ brand produk yang mereka pasarkan. Dengan adanya kemasan standing pouch alupaper printing ini.
  2. Meski tidak dilengkapi dengan zipper, tapi kemasan stand pouch ini bisa direkatkan dengan alat pres listrik disebut dengan istilah hand sealer.
  3. Laminasi glossy ataupun doff pada kemasan stand pouch alupaper, membuat kemasan terlihat semakin eksklusif dan elegan sehingga mempertajam desain merk/ brand yang dipasarkan.

Standing Pouch Aluminium Foil

Deskripsi bahan

Kemasan ini namanya standing pouch aluminium foil yang sedang hits dan paling banyak digunakan saat ini. Bahanya adalah laminasi bagian luarnya doff atau istilah lainnya laminasi mate. Dilengkapi dengan zipper lock untuk tutup ulang kemasan, model stand pouch doff aluminium foil banyak dipakai para pelaku bisnis kopi bubuk maupun biji kopi.

Terbuat dari bahan full aluminium foil dengan kualitas food grade premium, kemasan stand pouch ini punya beberapa varian warna yakni hitam, gold, putih. Dan menariknya sekarang standing pouch ini ada beberapa warna loh. Bisa disablon dengan desain menarik dan kekinian juga. Sisi depan dan belakangnya juga bisa disablon maupun di tempelin stiker buat nunjukin produk brand kamu.

Kelebihan kemasan stand pouch :

  1. Laminasi pada kemasan stand pouch aluminium foil hitam, putih, gold, hijau, merah dsb. Banyak dicari para pelaku usaha kopi karena kemasan terlihat lebih elegan dan eksklusif.
  2. Stand pouch kopi dari aluminium foil ini dilengkapi dengan zipper lock yang berfungsi sebagai pengaman ekstra, sehingga aroma dan kualitas kopi masih bisa tetap terjaga meski kemasan sudah dibuka segelnya oleh para konsumen.
  3. Tidak hanya itu saja, kemasan kopi ini jg bisa ditambahkan lubang valve udara, sehingga konsumen bisa mencium aroma kopi tanpa menyebabkan udara luar masuk ke dalam kemasan.
  4. Untuk mempercantik kemasan, pelaku bisnis kopi juga bisa menambahkan sticker brand atau merk yang dipasarkan.

Standing Pouch Craft

Deskripsi bahan

Kemasan berikut ini adalah standing pouch craft, kemasan ini terbuat dari kertas coklat dan laminasi dalamnya alufoil. Berlaminasi dalam alufoil membuat produk bubuk tidak mudah menggumpal dan tetap menjaga aroma kopi lebih lama.

Untuk menutup kemasan ini bisa menggunakan mesin handsealer. Kemasan ini juga bisa diaplikasikan menggunakan sablon ataupun stiker untuk cetak desainnya. Gratis desain untuk setiap pembelian kemasan. Kemasan ini juga bisa ditambah dengan lubang valve ( lubang hirup untuk aroma kopi ).

Kelebihan

Kelebihan dari standing pouch craft ini adalah bahannya yang sangat elegan, kemasan ini juga bisa dilengkapi denÄ£an window yang akan membuat produk kamu terlihat dari luar kemasan sehingga tampak lebih menarik. Menariknya lagi kemasan ini ditambah dengan adanya zipper lock sehingga ketika produk dibuka bisa ditutup kembali tanpa takut tumpah.

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar