Cup Kopi Unik Pakai Desain Ternyata Bisa Laku Lebih Mahal, Kok Bisa?

 

jual-cup-kopi-pakai-desain-ternyata-bisa-laku-lebih-mahal-kok-bisa

Bisnis kedai kopi sedang menjamur di berbagai kota. Mulai dari kedai kopi yang menggunakan booth sampai kedai kopi kekinian di mal atau pusat perbelanjaan lainnya. Ini merupakan peluang bisnis yang menggiurkan, apalagi ngopi menjadi tradisi masyarakat Indonesia sejak lama. Tak heran jika banyak orang yang jual cup kopi polos atau pakai desain untuk memenuhi kebutuhan para pemilik kedai kopi.

Bagi penjual, kemasan adalah bagian terpenting karena menarik konsumen dan merupakan bagian dari startegi marketing. Hal yang pertama dilirik konsumen adalah kemasannya yang unik dan menarik. Penjual kopi memang bisa membeli kemasan cup kopi yang tersedia di pasaran, namun ada juga yang ingin desain unik untuk brand mereka.

Sekarang ini yang beredar di pasaran adalah cup kopi polos dengan berbagai ukuran. Ada juga cup kopi murah dengan motif yang beragam. Pemilik kafe pun semakin punya banyak pilihan kemasan mana yang mereka sukai.

Desain Cup Kopi Unik, Curi Daya Tarik Konsumen

Selain unik, tentu ada alasan mengapa pengusaha kopi ingin membuat desain sendiri. Ini adalah peluang bisnis buat kamu yang jago desain atau kamu yang punya usaha di bidang printing atau percetakan. Berikut ini adalah alasan mengapa bisnis jual cup kopi dengan desain unik itu punya potensi yang besar.

  1. Banyak Warung Kopi

Semakin banyak orang yang membuka bisnis kuliner, artinya semakin banyak pengusaha yang ingin membuat kemasan. Termasuk juga usaha kopi. Usaha kedai kopi tidak hanya ada di mal atau pusat perbelanjaan. Apalagi sekarang ada kemudahan pesan antar melalui ojek online, mengembangkan bisnis kuliner, termasuk kopi bisa dilakukan dari rumah.

  1. Desain Khusus

Pemilik kafe arau kedai kopi, pastilah ingin punya pelanggan setia atau menarik pelanggan baru. Kemasan adalah salah satu cara untuk dapat menarik pelanggan. Kamu bisa membuat desain unik dan khusus yang sederhana namun mudah diingat. Jangan lupa desain unik tentunya tak jauh dari tema kopi atau nama kafe.

  1. Pemesanan Dalam Jumlah Banyak

Pemilik kafe, tidak mungkin memesan dalam jumlah sedikit. Mereka biasanya mencetak minimal 500 cup. Alasannya? Cup kopi adalah modal mereka yang tidak mudah basi. Sehingga bisa dibuat dan disimpan dalam jumlah banyak. Pelanggan yang datang tidak dapat diprediksi. Terlebih lagi jika sudah membuka cabang di beberapa lokasi. Misalnya, dalam satu hari laku 10 cup, artinya dalam 30 hari sudah bisa menghabiskan rata-rata 300 cup. Tentunya tak mungkin mereka hanya memesak 100 cup saja.

  1. Desain Unik, Ciri Khas Brand

Pemilik kafe yang ingin membuat desain sendiri, tentunya bertujuan membuat brand usaha. Jika kamu jago desain, kamu bisa berkreasi sekaligus menuangkan kreativitasmu untuk membuat brand usaha kafe mereka. Kamu bisa ajukan, desain yang merupakan ‘sumbangan’ ide dari pemilik kafe atau si pemilik kafe memasrahkan sepenuhnya padamu.

  1. Menambah Portofolio

Desain cup kopi mungkin hanya sederhana. Namun jika desain yang kamu buat itu jadi brand terkenal tentu akan menjadi poin plus buatmu. Si pemilik kafe bisa jadi akan merekomendasikanmu pada teman atau koleganya. Demikian pula dengan pemilik kafe lainnya yang ingin dibuatkan desain cup kopi yang unik dan berbeda dari lainnya.

Cup Kopi Unik Dengan Desain, Bikin Makin Mahal

Tentunya berbeda cup kopi murah polos dengan cup kopi dengan desain. Pemilik kafe memang bisa memilih cup kopi motif yang dijual bebas. Namun risikonya adalah jumlah cup kopi murah bermotif yang dijual di pasaran, tidak memenuhi kebutuhan mereka. Itu sebabnya membeli cup kopi custom adalah pilihan yang paling tepat.

Untuk harga jual cup kopi custom tentunya berbeda dengan cup kopi polos atau motif. Kamu bisa membanderol harga lebih tinggi. Apalagi jika desain tersebut hanya boleh digunakan oleh si pemesan. Artinya, pemilik kafe lain tidak bisa menggunakan desain tersebut, kendati hanya diganti logo atau nama kafe. Pemilik kafe punya pilihan, dan kamu sebagai pengusaha percetakan dan desain bisa memanfaatkan peluang ini sebagai ladang bisnis.

Ada beberapa alternatif yang bisa kamu berikan, untuk cup kopi murah, namun elegan dan berkualitas:

  1. Desain Template

Kamu bisa membuat desain cup kopi yang bisa digunakan untuk banyak kafe. Hanya perlu menambahkan nama kafe, logo, dan media sosial mereka. Kamu bisa menawarkan desain yang sudah ada, si pelanggan bisa menambahkan logo atau gambar lain yang mereka inginkan. Untuk harga cup kopi dengan desain template,  kamu bisa pasang harga seragam per cup atau per 50 cup. Jangan lupa berikan diskon untuk pemesanan di atas 1.000 cup.

  1. Desain Khusus

Tidak semua pemilik kafe atau kedai kopi mau dengan desain yang sudah ada. Kreativitasmu diuji di sini. Bagaimana mendesain cup kopi yang untuk dan berbeda dari yang lain. Jika ada yang ingin desain custom, kamu bisa menanyakan konsep yang mereka mau. Kamu juga bisa menunjukkan beberapa desain yang sudah ada sebagai referensi.

Agar tidak bertele-tele, batasi berapa kali desain bisa direvisi. Pastikan klien tidak bingung dan cepat memberi keputusan. Tanyakan juga kepada mereka apakah memiliki referensi desain selain yang kamu punya, dari situlah kamu bisa mengembangkan ide dan membuat desain cup kopi yang unik dan berkelas.

  1. Banderol Harga Khusus

Cup kopi murah kamu menjadi tak murahan jika dipesan khusus. Kamu bisa menambahkan biaya desain, di luar biaya sablon dan cetak. Misalnya harga cup kopi dengan sablon per cup adalah Rp 850 .  Kemudian untuk biaya desain kamu bisa tambahkan Rp 100.000 per desain.

Kamu juga bisa membanderol harga cup kopi custom lebih mahal, misal Rp 1.000 per cup, minimal pemesanan 1.000 cup. Biaya desain sudah termasuk harga per cup.

Cup kopi dengan desain custom memang kayak untuk dihargai lebih mahal. Jadi jika kamu punya keahlian desain dan juga ingin mencari peluang bisnis, cup kopi murah ini bisa menjadi pilihan lho. Kamu bisa usaha sendiri atau bekerja sama dengan teman atau saudara yang memiliki usaha percetakan.

Apalagi sekarang ini semakin banyak kafe atau kedai kopi di sudut-sudut kota. Paper cup masih jadi primadona kemasan, karena mudah dibawa dan ringan. Selain itu, juga ramah di kantong bagi para pemilik kafe. Kamu juga boleh menyalurkan ide-ide gila untuk desai cup kopi. Semakin gila dan kreatif desainmu, tentu akan semakin tinggi pula nilainya.

Cup kopi murah yang tadinya polos bisa bernilai tinggi, karena sentuhan tangan kreatifmu. Kamu juga ikut berpartisipasi untuk mengembangkan bisnis. Bagaimana siap untuk berkreasi dan menciptakan desain untuk brand kopi lokal Indonesia?

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar