Desain Kemasan Kardus Ramah Lingkungan Yang Bikin Kepincut

Kemasan kardus jadi salah satu kemasan ramah lingkungan yang kini mulai disukai oleh pelaku usaha. Selain karena lebih fleksibel, mudah dibentuk dan dilipat. Kemasan kardus merupakan kemasan yang aman digunakan dalam jangka panjang. Tidak mencemari lingkungan dan membahayakan makhluk hidup. Jadi bisa dikatakan penggunaan kemasan kardus ini sangat bermanfaat dan berdampak baik bagi lingkungan.

Jika dilihat dari segi bisnis kemasan kardus ramah lingkungan untuk packing produk cukup memberikan dampak positif. Kemasan kertas cukup menarik dan unik dengan tekstur halus dan daya tahan lebih tinggi. Kertas karton sangat mudah dibentuk dan dapat digunakan kembali. Mudah dilipat tanpa harus merusak produk yang di packing di dalamnya.

Kemasan kardus yang digunakan untuk packing produk makanan aman digunakan sebab sudah food grade. Artinya kemasan tersebut sudah aman digunakan dan terhindar dari lembab jamur. Bahan kardus aman digunakan untuk mengemas produk makanan. Sebab bahan kemasan tidak mengandung bahan kimia yang dapat mencemari produk didalamnya ketika di packing saat panas.

Kemasan Kardus Lebih Aman Digunakan

Memilih kemasan menjadi sesuatu hal yang harus dipikirkan secara matang. Hal tersebut karena kemasan jadi salah satu faktor yang penentu keberhasilan penjualan produk. Tidak cukup hanya terlihat menarik saja tapi kemasan juga mencerminkan kualitas. Oleh sebab itu harus mempertimbangkan beberapa hal berikut ini :

Seberapa penting produk yang dipacking perlu di lindungi? sebab banyak produk yang sampai ke tangan pembeli sudah rusak. Hal ini terjadi karena pemilihan kemasan kurang dipikirkan bagaimana keamanannya selama diperjalanan. Untuk meminimalisir kerusakan produk kalian perlu membungkus produk dengan aman dan double protection.

Kemudian bahan kemasan harus dipilih sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai fungsi kemasan hilang dalam melindungi produk. Fungsi utama kemasan adalah melindungi produk dari kerusakan dan paparan benda asing. Kemasan juga harus diperhatikan proses pengirimannya. Apabila pengiriman produk menempuh perjalanan jauh maka perlu perlindungan ganda. Artinya kemasan memerlukan lapisan kedua.

Kemasan primer adalah kemasan yang bersentuhan langsung dengan produk. Misalnya kemasan kopi sachet, kemudian kemasan sekundernya adalah kemasan kedua yang mengemas sachet yakni kemasan kardus. Kemasan kardus jadi kemasan sekunder sebab lapisan kemasan kedua yang melindungi dari kerusakan saat pengiriman barang.

Penggunaan kemasan kardus tidak akan membuat kemasan jadi terlihat lebih kuno. Akan tetapi akan membuatnya semakin terlihat menarik dengan keunikan kemasan kertas karton. Kesan elegan dan simpel melekat pada kemasan berbahan kertas ini. Berikut ini ada beberapa contoh desain kemasan kardus untuk produk makanan.

Contoh Desain Kemasan Kardus

Box Pizza Sablon

Kemasan kardus yang satu ini adalah kemasan box pizza yang biasa untuk mengemas makanan. Box ini sudah food grade jadi kalau untuk mengemas makanan tentu sudah aman dan tidak mengandung zat berbahaya, terutama untuk mengemas produk yang panas dan berminyak.

Kemasan kardus atau box pizza ini biasa untuk mengemas makanan pizza, roti atau kue bahkan bisa untuk mengemas produk fashion. Seperti baju, celana, rok, jilbab, gamis dan hampers. Kemasan box ini memiliki daya tarik tersendiri dengan bentuk yang unik.

Desain kemasan kardus box pizza ini seperti umumnya menggunakan sablon. Paling umum tinta yang digunakan hitam, sebab penggunaan warna hitam terlihat lebih jelas. Warna hitam juga memberikan kesan elegan dengan kombinasi kemasan kertas coklat.

Untuk desain kemasan box biasanya yang dicantumkan ada nama brand, nama produk dan gambar ilustrasi. Ada pula yang menambahkan contac person untuk memudahkan konsumen dalam menguhubungi. Umumnya sablon yang dipakai menggunakan 1 warna dan 1 sisi bagian depan.

Box Fashion Sablon

Kemasan box fashion ini terbuat dari bahan kertas karton coklat yang tebal. Box fashion sama dengan box pizza yang mana bentuk dan ukurannya. Akan tetapi kalian juga bisa custom ukuran sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kalian.

Kalau desain kemasan fashion yang satu ini menggunakan tinta warna biru. Dengan warna sablon satu warna dan pemilihan area cetak sablon satu muka dibagian depan. Kemasan box ini juga cocok digunakan untuk mengemas hampers lebaran atau ulang tahun. Tetap terkesan elegan dan menarik dengan penambahan sablon.

Sama seperti kemasan box pizza kemasan untuk fashion ini biasanya desain yang dicantumkan ada brand, nama produk, gambar dan alamat sosmed atau nomor wa. Kalian bebas bisa pilih sablon berapa muka, umumnya bagian depan dan samping pada kardus box.

Kardus Packing Sablon

Kemasan ini juga sama dengan box lainnya barbahan dasar kardus coklat yang ramah lingkungan. Hal yang membedakan kardus ini dengan box pizza dan fashion adalah bentuknya. Kemasan ini di rancang sebagai kemasan sekunder atau kemasan kedua yang tidak bersentuhan langsung dengan produk.

Kemasan ini berfungsi untuk melindungi produk yang ada di dalamnya. Umumnya kemasan kemasan botol kaca yang membutuhkan perlindungan ekstra. Akan tetapi kemasan ini juga bisa di gunakan untuk mengemas makanan kotak dalam jumlah banyak. Contohnya seperti bakpia untuk mempermudah packing agar semakin ringkas dibawa.

Kemasan kardus ini terdapat pegangan di bagian atas yang memudahkan dalam membawa produk dalam jumlah banyak. Penggunaan kemasan ini jadi jauh lebih menarik jika dibandingkan dengan kemasan kardus kotak tanpa pegangan karena akan mempersulit untuk membawa produknya.

Kemasan kardus packing ini bisa di sablon dengan satu warna hingga tiga warna. Maksimal penggunaan warna hanya 3 sebab penggunaan warna yang terlalu banyak akan membuat konsumen binggung dengan produk. Untuk contoh diatas menggunakan tiga warna, yakni merah, biru dan hitam.

Untuk desain kemasannya hampir sama dengan kemasan lainnya yakni mencantumkan nama produk, brand, gambar produk dan simbol penting dalam kemasan seperti “jangan diinjak”. Desain tersebut ditempatkan pada depan kemasan. Sedangkan untuk desain sisi belakang biasanya mencantumkan nilai gizi, komposisi, varian rasa, kode produksi, asal produksi, diproduksi oleh, tanggal kadalauarsa dan izin edar.

Kardus Packing Printing

Kemasan kardus packing ini ada 2 pilihan cetak dengan sablon atau printing. Untuk contoh diatas menggunakan sablon dan untuk kardus packing dibawah ini kardus packing printing. Untuk ukuran kalian bisa custom sesuai dengan kebutuhan kalian.

Pada kardus packing printing ini desain yang dicantumkan hampir sama dengan sablon. Yakni ada nama produk, brand, gambar produk, netto, izin edar, klaim Halal MUI, label penting, kode produksi, diproduksi oleh, asal produksi dan alamat sosmed. Sedangkan untuk desain bagian belakang ada mencantumkan varian rasa, petunjuk penggunaan dan simbol dalam kemasan.

Hal yang membedakan antara kardus packing sablon dan printing tentu dari segi warna yang terlihat mencolok. Penggunaan desain cetak printing warna lebih jelas, kompleks dan detail. Informasi yang dicantumkan lebih banyak dan tulisan jelas. Jika dilihat dari segi warna kemasan kardus packing tentu lebih menarik dilihat.

Kalian butuh kemasan kardus yang mana nih? Desain kemasan kardus yang cantik bisa bikin konsumen tertarik lho. Jadi tunggu apalagi mumpung antrian belum panjang. Tanya-tanya dulu boleh melalui nomor berikut  085700293940 (CS Silvi). Kalian juga bisa diskusi dikolom komentar.

Tinggalkan komentar