Ide Usaha Mie Ayam Geprek Pake Kemasan Ramah Lingkungan!

Usaha mie ayam geprek menjadi salah satu peluang bisnis kuliner kekinian yang banyak penggemarnya. Olahan mie merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Dari anak kecil, remaja, hingga orang tua adalah penikmat makanan dari tepung terigu ini. Selain mengenyangkan layaknya nasi, mie juga nikmat kalau dipadukan dengan berbagai pelengkap. Mulai daging, sayuran, telur, bakso, pangsit, dan juga kerupuk.

Peluang Usaha Mie Ayam Geprek

Pamor mie makin meningkat saat tren makanan bercita rasa pedas menjangkit pasar kuliner tanah air sejak beberapa tahun lalu. Jadi tidak heran kalau makanan mie kekinian berlabel pedas dengan beragam variasi di dalamnya membuat orang penasaran dan ingin mencicipinya. Faktor tersebutlah yang akhirnya membuat peluang usaha kuliner mie kekinian dengan variasi pedas berlevel bermunculan.  Banyak juga dari pebisnis yang membuka kemitraan usaha kuliner mie kekinian pedas berlevel. Kemunculan usaha kuliner mie pedas berlevel yang kian marak membuat kompetisi  menjadi semakin menarik terutama di kota-kota besar. Salah satunya adalah usaha mie ayam geprek yang makin banyak penggemarnya.

paper-cup-baner-web

Apakah kamu tertarik untuk memulai usaha mie ayam geprek? Kalau di tempat kamu tinggal masih terdapat banyak orang dari kalangan anak muda maka bisnis kuliner mie kekinian ini akan sangat menjanjikan untuk mendapatkan keuntungan besar. Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha mie ayam geprek juga terbilang tidak terlalu besar. Kamu bisa menjalankan usaha kuliner mie kekinian ini dengan skala rumahan terlebih dahulu.

Resep Mie Ayam Geprek

Untuk memulai bisnis kuliner, kunci utamanya adalah menciptakan produk dengan cita rasa yang khas dan sesuai dengan selera konsumen. Kalau ayam geprek selama ini dikenal dengan makanan yang sangat cocok untuk dimakan dengan nasi putih hangat. Tapi beberapa orang yang bosan dengan nasi, mie bisa menjadi pilihannya. Sama-sama mengenyangkan, mie menjadi pendamping ayam geprek yang juga tidak kalah lezatnya. Mie ayam geprek hadir sebagai inovasi untuk menikmati sajian ayam geprek yang banyak menjadi favorit pecinta makanan pedas. Berikut ini resep mie ayam geprek yang bisa kamu kembangkan untuk usaha kamu nanti.

Bahan Mie Ayam Geprek

– 250 gram daging ayam, cuci bersih

– 1 bungkus mie goreng instan

– 3 siung bawang putih

– Merica bubuk 1 sdt

– 1 sdm perasan jeruk nipis

– Lada bubuk

– Penyedap rasa

– 75 gram tepung terigu protein rendah

Bahan Sambal

– 3 siung bawang putih

– 7 buah cabe rawit bisa sesuai selera

– Gula dan garam

Cara Membuat Mie Ayam Geprek

1. Buat ayam crispy terlebih dahulu. Marinasi ayam yang telah dicuci bersih dengan campuran bawang putih, merica bubuk, dan perasan air jeruk nipis. Diamkan sampai 30 menit.

2.  Siapkan adonan tepung. Campurkan tepung terigu, penyedap rasa, dan lada bubuk.

3. Siapkan air es di mangkok.

4. Jika proses marinasi sudah selesai, gulingkan ayam yang sudah dimarinasi ke dalam adonan tepung.

5. Angkat ayam dan celupkan ke dalam es.

6. Ulangi lumuri ayam ke dalam tepung dan celupkan ke dalam es (kurang lebih 3x pengulangan).

7. Siapkan minyak goreng di wajan, tunggu hingga panas.

8. Masukkan ayam ke dalam minyak goreng panas, goreng ayam tepung hingga matang dan warnanya kecokelatan. Angkat, lalu tiriskan.

9. Masak mie goreng instan seperti biasa, lalu siapkan di piring.

10. Haluskan semua bahan sambal geprek.

11. Tumis bahan sambal geprek dengan sedikit minyak. Jangan terlalu lama dan gunakan api yang kecil.

12. Geprek ayam yang sudah matang di atas sambal.

13. Letakkan ayam geprek di atas olaham mie goreng instan yang sudah disipkan di piring.

14. Mie ayam geprek siap untuk disajikan.

Strategi Pemasaran Usaha Mie Ayam Geprek

Manfaatkan media sosial untuk memasarkan produk mie ayam geprek yang kamu jual. Media sosial adalah alat pemasaran yang sangat efektif untuk memasarkan sebuah produk. Apa lagi segmen konsumen yang kamu sasar adalah anak muda. Mereka adalah pengguna aktif media sosial yang kemungkinan besar segala aktivitas yang mereka lakukan selalu berkaitan dengan media sosial. Seperti mencari rekomendasi kuliner enak atau mencari produk yang mereka inginkan.

Selain itu ketika memulai usaha mie ayam geprek dengan skala rumahan supaya modal awal yang dikeluarkan kecil manfaatkanlah kemitraan merchant di aplikasi ojek online. Hal ini akan sangat efektif untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Serta sudah tentu akan lebih memudahkan konsumen untuk bisa menikmati mie kekinian yang kamu jual dengan lebih praktis. Peluang usaha mie ayam geprek akan semakin besar ketika belum banyak atau belum ada kompetitornya di tempat kamu mulai usaha ini. Kamu bisa menyasar pelajar dan anak-anak muda sebagai konsumen potensial kamu.

Kemasan Mie Ayam Geprek Ramah Lingkungan

Kalau makanan berat biasanya dikemas dengan kertas minyak atau sterofoam, kamu bisa banget membaut inovasi kemasan yang lebih vancy sekaligus ramah lingkungan loh! Sekarang kemasan makanan itu tidak hanya sebatas menjadi wadah atau kemasan suatu produk saa. Tapi lebih dari itu kemasan makanan merupakan bagian dari identitas produk itu sendiri.  Jadi kalau kamu sudah punya resep mie ayam geprek yang super enak, selanjutnya adalah buat kemasan mie ayam geprek dengan desain yang menarik.

Ada beberapa jenis kemasan yang cocok untuk mengemas mie ayam geprek yang kamu jual. Tapi yang paling cocok adalah kemasan dari kertas yang bisa membuat tampilan mie ayam geprek makin berkelas. Sekaligus memudahkan konsumen ketika membeli mie ayam geprek yang kamu jual. Terutama untuk layanan delivery. Berikut ini kemasan makanan yang cocok untuk mengemas mie ayam geprek.

Paper Bowl

Paper Bowl
https://dikemas.com/

Kemasan berbentuk mangkuk dari bahan kertas ini banyak digunakan untuk produk-produk makanan. Mulai dari camilan, makanan berat, sampai makanan berkuah. Ukurannya juga beragam mulai dari ukuran kecil, sedang sampai besar. Kemasan paper bowl dilapisi bahan anti panas dan anti air. Jadi jangan khawatir kemasan akan bocor atau rembes. Untuk desainnya kamu bisa gunakan stiker atau sablon. Kemasan paper bowl juga dilengkapi dengan penutup. Jadi mie ayam geprek akan tetap aman sampai ke konsumen ketika dikirimkan dengan layanan delivery.

Food Pail

Food Pail
https://dikemas.com/

Kemasan berbahan kertas layaknya box nasi ini punya tampilan dan desain yang unik serta menarik. Bahan kertas untuk kemasan ini sudah dilaminasi dan masuk kategori food grade. Jadi tidak akan rembes atau bocor. Model kemasan seperti box tapi ada kuncian di bagian atas atau tutup kemasan sehingga lebih praktis untuk digunakan. Kamu bisa pilih food pail warna coklat atau putih. Ukurannya mulai dari kecil, sedang, sampai besar.

Paper Lunch Box

https://dikemas.com/

Bahan kemasannya mirip dengan food pail, tapi beda bentuk dan model. Paper lunch box biasanya digunakan untuk mengemas produk makanan berat seperti nasi atau pun mie. Ukurannya bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Kalau satu porsi mie ayam gerek yang kamu jual lumayan banyak, kamu bisa cetak kemasan paper lunch box custom untuk lebar dan tingginya. Supaya bisa disesuaikan dengan produk yang kamu jual. Teknik cetakannya juga bisa menggunakan full color printing atau sablon.

Nah gimana nih, tertarik buat coba usaha mie ayam geprek? Urusan kemasan, kamu bisa konsultasikan kemasan mie ayam geprek dengan menghubungi tim diKemas.com di bawah ini! Ada layanan gratis desain sampai bebas biaya ongkir ke banyak wilayah!

Tinggalkan komentar