Resep Cimol Goreng Kriuk, Inspirasi Buat Usaha Modal Kecil

Resep cimol goreng mungkin belum banyak diketahui banyak orang karena salah satu kendala terbesar adalah meledaknya cimol saat digoreng. Jadi orang-orang lebih memilih membeli jajanan asal Bandung ini daripada mencoba resep cimol goreng di rumah. Kalau ngomongin tentang penjual makanan atau jajanan pasti pasarnya akan selalu ada dan tidak pernah sepi. Seperti halnya jajanan cimol yang terus laku di pasaran. Karena gorengan dari bahan dasar aci ini merupakan camilan yang disukai banyak orang terutama dari kalangan anak muda. Cimol atau singkatan dari aci digemol memang menawakan cita rasa yang bikin nagih. Apalagi ketika ditambah dengan beragam bumbu bubuk mulai dari asin pedas, keju pedas, barbeque pedas, dan rasa bumbu lainnya.

Jajanan Cimol Goreng

Cimol goreng menjadi camilan favorit mulai dai anak-anak sampai dewasa. Cita rasanya memang nikmat dengan tekstur empuk dan kenyal. Tampilan dari jajanan cimol secara umum bentuknya bulat. Untuk menemukan jajanan ini memang bisa dibilang tidak sulit karena cimol goreng banyak dijajakan di berbagai tempat. Mulai dari pedagang keliling, pedagang kaki lima, sampai bazar makanan banyak yang menjajakannya. Penikmat cimol goreng bisa dikatakan juga cukup besar di mana setiap hari banyak yang mencarinya. Nah apakah kamu tertarik untuk usaha jualan cimol? Untuk menjalankan bisnis cimol tidak begitu sulit modalnya juga tidak besar. Cimol goreng sangat laku keras di pasaran sehingga nanti akan mudah dalam memasarkannya. Selain itu cara pengolahan cimol juga mudah dan praktis. Nanti bakal dibahas tentang resep cimol goreng kriuk biar dagangan kamu makin laku keras.

paper-cup-baner-web

Peluang Usaha Jualan Cimol Goreng

Peluang usaha cimol terbilang sangat bagus dan sangat cerah. Usaha cimol menjadi suatu pilihan usaha kuliner yang menjanjikan hingga banyak orang yang tertarik menekuni usaha tersebut. Ketika menjalankan usaha cimol memang dapat dimulai dengan langkah mudah dan modal yang kecil. Selain itu usaha cimol bisa dimulai dari skala kecil kaki lima atau rumahan. Usaha cimol ini bisa dan cocok dijalankan oleh semua orang termasuk kamu. Siapa saja yang ingin menjalankan usaha modal kecil, cimol goreng bisa jadi pilihan yang menguntungkan.

Konsumen dari jajanan cimol goreng juga sangat luas. Konsumen cimol jumlahnya cukup besar dan tidak terbatas usia mulai kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Sebab rasanya memang sangat cocok untuk dijadikan camilan dan harganya juga sangat terjangkau. Dalam menjalankan usaha cimol memerlukan bahan baku untuk pembuatannya. Untuk membuat cimol yang nikmat membutuhkan bahan baku tepung beras tepung terigu, tepung kanji, baking soda, minyak goreng, garam, merica bubuk, cabai rawit, gula pasir, bawang putih, gula merah, asam jawa dan bumbu kering. Bahan baku cimol mudah ditemukan karena sudah tersedia di pasar.

Resep Cimol Goreng Kriuk

Hal paling penting dalam menjalankan bisnis kuliner adalah menjaga kualitas rasa. Salah satu caranya adalah menemukan resep yang menjadi ciri khas produk kamu. Nah berikut ini resep cimol goreng yang bisa kamu kembangkan.

Bahan Cimol

– 9 sdm tepung beras halus yang sudah diayak

– Tepung kanji sagu 900 gram

– Baking soda 1 ½ sdt

– 6 sdt tepung terigu

– Garam secukupnya

– Air 700 ml

– Merica bubuk secukupnya

– Minyak goreng

Cara Membuat

1. Masukkan tepung beras, tepung kanji, tepung terigu, garam, merica bubuk ke dalam wadah dan aduk sampai merata.

2. Sambil diaduk masukkan air sedikit demi sedikit ke dalam adonan dan tetap terus diaduk.

3. Jika adonan sudah kenyal, masukkan baking soda ke dalam adonan, aduk rata.

4. Setelah adonan siap, bentuk menjadi bulatan-bulatan kecil.

5. Panaskan minyak goreng, pastikan volumenya besar supaya cimol bisa mengembang dengan sempurna saat digoreng.

6. Masukkan cimol ke dalam wajan, goreng sampai matang.

7. Cimol siap disajikan, tambahkan bumbu bubuk sesuai selera.

Strategi Pemasaran Cimol Goreng Kriuk

Bisnis makanan skala kecil juga harus punya strategi pemasaran yang matang. Selain dengan media pemasaran konvensional seperti banner yang kamu pasang di lokasi jualan, menggunakan media sosial untuk memasarkan cimol goreng yang kamu jual juga harus dilakukan. Apalagi konsumen potensial kamu pada dasarnya adalah kalangan anak muda. Sudah pasti mereka merupakan pengguna aktif media sosial. Jadi, buatlah promosi di instagram dan facebook dengan konten yang menarik dan informatif. Daftarkan juga usaha cimol goreng kamu ke aplikasi layanan delivery untuk menjangkau konsumen lebih luas.

Kemasan Cimol Goreng Kriuk

Kalau kesannya selama ini cimol goreng dijual dengan plastik polos bening dengan tambahan tusuk bambu, kamu sangat bisa dan bahkan harusnya membuat inovasi berkaitan dengan kemasan snack cimol goreng ini. Sekarang kemasan makanan itu tidak hanya sebatas menjadi wadah atau kemasan suatu produk saja. Tapi lebih dari itu kemasan snack merupakan bagian dari identitas produk itu sendrii.  Jadi kalau kamu sudah punya resep cimol goreng kriuk buat usaha, selanjutnya adalah buat kemasan cimol goreng dengan desain yang menarik.

Ada beberapa jenis kemasan yang cocok untuk mengemas jajanan cimol goreng yang kamu jual. Tapi yang paling cocok adalah kemasan dari kertas yang bisa membuat tampilan cimol makin berkelas. Sekaligus memudahkan konsumen ketika membeli cimol yang kamu jual. Terutama untuk layanan delivery. Sebelum menentukan kemasan kertas mana yang akan kamu gunakan, ada baiknya kamu juga sudah punya perkiraan harga jual cimol kamu nanti. Supaya biaya operasional dan keuntungan masih sesuai. Berikut ini kemasan snack yang cocok untuk cimol goreng kriuk.

Paper Bowl

Paper Bowl
https://dikemas.com/

Kemasan berbentuk mangkuk dari bahan kertas ini banyak digunakan untuk produk-produk makanan. Mulai dari camilan, makanan berat, sampai makanan berkuah. Ukurannya juga beragam mulai dari ukuran kecil, sedang sampai besar. Kemasan paper bowl dilapisi bahan anti panas dan anti air. Jadi jangan khawatir kemasan akan bocor atau rembes. Untuk desainnya kamu bisa gunakan stiker atau sablon.

Paper Cup

Kalau biasanya kemasan gelas kertas digunakan untuk produk minuman, ternyata cocok juga loh buat mengemas makanan. Terutama untuk jajanan yang bersifat kering dan ukuran satuannya kecil. Ya jadi bisa juga nih kamu pilih untuk mengemas cimol goreng kriuk yang kamu jual. Sama seperti kemasan paper bowl. Kamu bisa gunakan stker atau sablon untuk desain kemasan snacknya.

Kantong Kertas atau Paper Bag

Kemasan kantong kertas makanan biasanya digunakan untuk produk makanan cepat saji seperti misalnya fried chicken, burger, kentang goreng, kebab, roti maryam, donat, roti boy, cup cake, pop corn, cimol goreng dan aneka makanan ringan lainnya. Jenis kantong kertas ini berbahan dasar kertas food grade yang juga tahan minyak atau greaseproof. Untuk desainnya adalah menggunakan teknik printing.

Nah udah mulai tertarik buat mulai usaha cimol goreng? Urusan kemasan, kamu bisa konsultasikan kemasan snack dengan menghubungi tim diKemas.com di bawah ini! Ada layanan gratis desain sampai bebas biaya ongkir ke banyak wilayah!

Tinggalkan komentar