Ingin Tembus Industri Hotel, Gula Semut Lokal Harus Dikemas Sachet Modern

Gula semut lokalSaatnya para petani Indonesia menjadi petani modern yang tidak hanya sekedar memikirkan pola budidaya saja. Tetapi juga perlu melakukan peningkatan dan menunjukan hasil pertanian yang menjadi komoditi pangan yang memiliki nilai jual tinggi dan mampu diterima pangsa pasar luas. Salah satunya dengan memproduksi gula semut kemasan sachet untuk kebutuhan hotel dan industri kuliner.

“Sebenarnya kalau mau serius saja, hasilnya pasti menguntungkan,” ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kutim Sumarjana, dikutip dari Prokal.co.

Sumarjana juga menambahkan kalau gula aren sendiri memiliki potensi besar baik di pasar nasional maupun internasional. Namun karena kurangnya inovasi dan sentuhan teknologi, saat ini produk olahan gula aren hanya dijual dengan harga yang murah dan kemasan seadanya.

Kemasan sachet gula semut
Kemasan sachet gula semut “Food Channel Brown Sugar”

Padahal jika dikelola dengan baik contohnya dengan membungkusnya dalam bentuk kemasan sachet, maka produk olahan dari gula aren tersebut bisa menjadi gula semut dengan kemasan yang lebih modern atau saat ini disebut kemasan sachet.

Bahkan gula aren semut sangat digemari di pasaran modern dan sangat dibutuhkan dunia perhotelan dan restoran dengan harga yang cukup mahal. Belum lagi jika petani modern di Kutim bisa melihat pangsa pasar beras organik.

“Selama ini beras organik hanya didatangkan dari Jawa. Padahal lahan yang dimiliki Kutim masih cukup luas dan belum terkontaminasi zat kimia. Sehingga peluang untuk pembudidayaan beras organik masih sangat luas terbuka,” ujar Sumarjana.

Karenanya, dirinya berharap para tenaga penyuluh pertanian yang diterjunkan kepada masyarakat mampu memberikan pembinaan kepada masyarakat. Sehingga petani bisa menciptakan inovasi dan peluang- peluang agar produk-produk pertanian yang dihasilkan mampu bersaing serta memiliki nilai ekonomis yang tinggi di pasaran.

Dengan demikian, masyarakat kedepan tidak akan lagi memandang sebelah mata hasil petani lokal. Karena dengan adanya inovasi yang dihasilkan maka pertanian RI menjadi salah satu sektor atau pekerjaan yang layak dipikirkan karena juga mampu mendatangkan keuntungan finansial besar.

SUMBER

Konsultasi (WA)

4 pemikiran pada “Ingin Tembus Industri Hotel, Gula Semut Lokal Harus Dikemas Sachet Modern”

    • Selamat Siang Pak Chirtian, terimakasih telah berkunjung di Dikemas.com. Untuk kemasan stick gula paper kami produksikan custom sesuai dengan ukuran dan jenis bahan yang dibutuhkan konsumen, untuk konsultasi tentang kemasan silahkan menghubungi customer servis kami melalui 0812-1511-1415. Terimakasih.

      Balas
  1. saya salah satu pengrajin gula aren semut, kira kira kemasan plastik per 500 gr brp ya?
    desain sudah ada tinggal kreasi kemasannya aja yang belu.

    Balas
    • Selamat pagi Pak Asrul, untuk memudahkan komunikasi selanjutnya, mohon bisa menghubungi CS kami di 0812-1511-1415, terimakasih

      Balas

Tinggalkan komentar