Ini Dia Beberapa Jenis Minuman Kopi Yang Perlu Kamu Ketahui

Berbagai jenis minuman kopi biasanya hadir menemani moment nongkrong para anak muda milenial. Baik di kedai kopi maupun coffee shop. Biasanya beberapa jenis minuman kopi ini menghadirkan beberapa jenis kopi kekinian yang unik dan menarik. Nah meskipun sama-sama bahan dasarnya adalah kopi beberapa jenis minuman kopi ini memiliki rasa dan kenikmatan tersendiri lho.

Bagi sebagian orang yang menyukai kopi pasti sudah paham betul dan sangat familiar dengan beberapa jenis minuman kopi ini. Jenis minuman kopi yang banyak dan beragam ini menjadikan banyak pilihan bagi para pecinta kopi. Ada jenis kopi yang disajikan secara original ada pula yang disajikan dengan kombinasi antara kopi dengan susu.

paper-cup-baner-web

Sajian Jenis Minuman Kopi Beragam

Jenis minuman kopi sekarang lebih beragam, berbeda dengan beberapa tahun silam, dulu kebanyakan sajian kopi tubruk yang disajikan. Namun kini seiring dengan perkembangan zaman jenis kopi pun mulai bervaiasi. Para pecinta kopi bisa menikmati minuman kopi dengan berbagai macam olahan dan variasi. Jenis minuman kopi yang beragam ini memiliki banyak varian rasa dengan cara meracik, menyeduh dan menyajikan yang berbeda pula.

Ditambah lagi sekarang ngopi sudah menjadi suatu kebutuhan dan budaya bagi kalangan anak muda milenial. Berbagai ragam varietas biji kopi di beberapa daerah di Indonesia menjadikan pengolahannya berbeda pula. Keunikan dari berbagai jenis penyajian minuman kopi ini menjadikan para penggemar kopi semakin bertambah banyak. Dalam beberapa tahun belakangan ini beberapa para pebisnis kopi mulai bermunculan. Baik kedai kopi dengan konsep modern maupun tradisional.

Bahkan beberapa kedai kopi atau coffee shop yang bermunculan saling bersaing dalam menyajikan dan menawarkan jenis minuman kopi. Nah buat kamu yang belum tahu beberapa jenis minuman kopi, kita akan bahas beberapa jenis minuman kopi seperti :

Jenis Minuman Kopi

Cappucino

Jenis minuman kopi yang satu ini adalah cappucino yang merupakan salah satu jenis minuman kopi yang paling digemari dan populer di kedai kopi maupun coffee shop. Biasanya kopi ini disajikan dengan lapisan atas foam susu yang dihias dengan bubuk coklat. Kopi ini adalah perpaduan dari kopi dengan susu. Jenis minuman kopi ini biasanya disajikan dalam cangkir berukuran 88 mililiter.

Flat White

Sekilas jenis minuman kopi ini mirip dengan latte, yang membedakan adalah flat white terbuat dari steamed milk. Susu lalu dituang di atas espresso, jika dilihat dari segi rasa makan flat white lebih kuat dari latte dan lembut dari cappucino. Flat white menggunakan campuran susu lebih banyak. Biasanya minuman kopi ini terdiri dari tekstur susu berbentuk gelembung yang terbentuk saat susu dipanaskan.

Macchiato

Jenis minuman kopi ini ada 2 yakni long dan short. Short macchiato adalah single shot espresso dengan campuran sedikit susu. Campuran susu ini bertujuan meringankan rasa espresso yang kuat. Sedangkan untuk long macchiato menggunakan double espresso. Untuk bisa mendapatkan hasil minuman kopi yang nikmat maka penting dalam memperhatikan perbandingan susu yang pas.

Ristretto

Merupakan jenis minuman kopi yang diekstraksi dalam waktu terbatas. Ristretto ini cukup mirip dengan espresso yang mana diekstraksi dengan jumlah kopi yang sama. Namun menggunakan jumlah air yang banyak. Hasil akhirnya pun adalah ekstraksi espresso yang lebih pekat dan hitam gelap.

Piccolo Latte

Merupakan jenis minuman kopi yang disajikan dengan ristretto. Kopi ini mengalami ekstraksi espresso yang cukup baik. Hasilnya kopi yang sangat enak dan nikmat. Nikmatnya kopi ini memiliki kadar asam rendah dan berasa pahit manis yang cukup seimbang. Kopi ini disajikan dalam gelas kecil. Rasanya pun sangat berasa kopi dengan sentuhan rasa susu yang sangat lembut.

Latte

Jenis minuman kopi yang satu ini adalah Latte. Latte dan cappucino adalah 2 jenis minuman yang berbeda. Bahkan komposisi dan rasionya juga cukup berbeda. Perbandingan espresso dengan susu 2 banding 1. Sehingga rasanya sangat nikmat. Selain rasa yang enak dan ringan, latte ini disajikan dalam cangkir dengan motif yang cantik di atasnya atau lebih dikenal dengan latte art.

Americano

Americano merupakan jenis minuman kopi yang dikenal dengan nama long black. Hampir mirip dengan espresso namun minuman kopi ini didapat dari mengencerkan espresso dengan perbandingan yang tepat. Minuman kopi jenis ini bisa dinikmati dalam keadaan panas maupun dingin. Penyajiannya ini disajikan dalam sebuah cangkir ukuran 178 mililiter dan dicampur dengan air panas hingga memenuhi gelas.

Mocha

Merupakan jenis minuman kopi yang dipadukan dengan coklat dan espresso dan susu. Di Eropa sendiri kopi ini sering disebut dengan kopi mochachino.

Espresso

Espresso merupakan jenis minuman kopi yang diseduh dengan air hangat. Sajian kopi ini murni tanpa menggunakan campuran bahan apapun. Kopi ini biasanya lebih banyak disukai oleh orang yang suka dengan kopi yang cukup strong. Tekstur dari jenis minuman kopi ini pekat hitam dengan adanya buih diatasnya.

Biasanya minuman kopi ini disajikan dalam sebuah cangkir khusus yang berukuran 30 mililiter. Ukuranya yang kecil ini memang karena kopi benar-benar diambil sarinya dan dinikmati untuk mencari cita rasa khas kopi itu sendiri tanpa campuran bahan lainnya. Kopi ini dikatakan kopi yang paling rendah kalorinya.

Demikian tadi adalah beberapa jenis minuman kopi yang sering disajikan di kedai kopi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar