Jangan Buang Kemasan Botolmu, Ini Dia 6 Kegunaan Lain Kemasan Botol!

Semakin hari semakin banyak limbah yang dihasilkan di dunia. Salah satu penyumbang limbah dunia adalah dari sektor perindustrian. Plastik menjadi sampah yang paling banyak dan paling lama diuraikannya. Masyarakat Indonesia saat ini mulai banyak yang menyadari pentingnya lingkungan yang bersih. Sebagai pelaku usaha tentu kita juga ingin berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan, bukan. Saat ini kemasan produk yang banyak dipakai oleh produsen salah satunya adalah kemasan botol.

Kemasan botol yang banyak beredar di pasaran merupakan kemasan botol plastik. Biasanya kemasan semacam itu setelah dipakai akan langsung dibuang. Padahal daripada membuang kemasan-kemasan botol tersebut dan membuatnya jadi tumpukan sampah kamu bisa menggunakan kemasan botol untuk kegunaan-kegunaan lain yang terkadang tidak terpikirkan oleh kita.

paper-cup-baner-web

Ternyata kemasan botol bisa digunakan untuk kegunaan-kegunaan di bawah ini, lho.

1. Vas bunga

kemasan botol vas bunga

Siapa sangka kemasan botol kalian dapat menjadi vas bunga yang terlihat elegan semacam ini. Cara membuatnya pun cukup mudah, hanya membutuhkan botol plastik, gunting, dan perekat. Sekilas vas bunga ini tidak terlihat seperti dibuat dari kemasan botol plastik. Untuk membuat vas bunga ini yang perlu kamu persiapkan pertama kali adalah botol plastik. Setelah itu gunting bagian leher botol. Lalu gunting seluruh sisi botol berbentuk persegi panjang seperti yang terlihat di foto. Datarkan potongan-potongan tadi lalu lipat ke bagian dalam. Agar lebih tahan lama kamu bisa gunakan perekat. Mudah, ya.

2. Tempat serbaguna

Kemasan botolmu bisa menjadi tempat serbaguna untuk menyimpan barang-barang kecil. Contohnya untuk menyimpan perhiasan kecil, kamu hanya membutuhkan ¼ bagian botol saja. Setelah itu rangkai bagian-bagian botol tersebut menjadi satu kesatuan dengan penghubung. Kamu bisa menggunakan botol yang lebih besar untuk menyimpan barang-barang yang lebih besar pula.

3. Pot tanaman

kemasan botol pot tanaman
sumber gambar: idntimes

Kemasan botol tidak terpakai bisa juga digunakan sebagai pot tanaman. Selain menghemat tempat dan biaya, kamu juga turut melestarikan bumi dengan mengurangi sampah plastik. Kamu hanya perlu menyiapkan botol plastik bekas dan gunting. Caranya hanya dengan menggunting botol plastikmu menjadi dua bagian. Pastikan potongan botol tersebut bisa berdiri dengan baik dan bisa diisi tanah, pupuk, dan tanaman.

4. Sapu lantai

kemasan botol sapu lantai

Ini adalah salah satu kreasi unik dari botol bekas. Sapu dari botol bekas ini bisa digunakan di luar ruangan, untuk menyapu tanah. Kamu membutuhkan beberapa botol bekas agar bisa menjadi sebuah sapu yang kokoh dan padat. Agar bisa digenggam dengan baik kamu juga membutuhkan batang atau gagang sapu. Cara membuatnya juga cukup mudah, hanya dengan menggunting bagian bawah botol, lalu juga menggunting seluruh sisi botol dengan bentuk yang serupa. Ulangi langkah tersebut pada beberapa buah botol plastik. Setelah cukup, satukan semua botol plastik yang telah digunting. Jika kamu bingung, ikuti caranya seperti yang terlihat di foto, ya.

5. Sofa

kemasan botol sofa

Pernah terpikirkan botol plastik bekas yang kamu buang bisa menjadi barang berguna sekaligus penambah desain interior pada ruangan? Meski bukan botol bekas murni tapi bahan penyusun utama dari sofa ini adalah botol bekas. Kamu membutuhkan cukup banyak botol untuk membuat sebuah sofa sederhana ini. Agar sofamu nyaman diduduki, kamu membutuhkan sesuatu yang empuk agar menjadi bantalan saat duduk. Cara pembuatan sofa dari kemasan botol ini dapat kamu lihat pada foto yang terlampir, ya.

6. Karya seni

Saat mendengar karya seni apa yang ada di pikiran kalian? Indah? Mahal? Rumit? Jangan salah, kemasan botol yang selama ini kita buang setelah pakai bisa menjadi salah satu karya seni, lho. Kalian tinggal berkreasi dengan kreativitas masing-masing agar tercipta karya seni yang indah. Minimal bisa menghiasai dinding kamarmu. Kamu bisa menggunakan tutup botol yang disusun sedemikian rupa dengan warna-warna yang cantik. Atau bisa menjadikan bagian dasar kemasan botol kamu sebagai cetakan untuk membuat karya seni lukis.

Bagi anda produsen yang menggunakan kemasan botol, kemasan kalian dapat didaur ulang kembali oleh para konsumen. Sehingga secara tidak langsung bisa turut mengurangi sampah di bumi. Bagi para konsumen ayo jangan buang kemasan botol yang kalian miliki!

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar