Begini Lho Cara Membuat Kemasan Botolmu Unik dan Berbeda!

Halo Sobat Dikemas! Packaging atau kemasan bukan hanya sekadar melindungi produk yang ada di dalamnya. Namun lebih dari itu, pengemasan dapat menciptakan citra dan kesan yang berbeda dari produk anda. Branding suatu produk sangat penting sebagai salah satu strategi marketing perusahaanmu. Bagi kamu yang merupakan produsen produk-produk minuman packaging yang baik bisa dilakukan salah satunya dengan kemasan botol. Selama ini kemasan botol yang beredar di pasaran adalah kemasan plastik yang bentuknya sama satu sama lain.

Bagi sobat yang memproduksi minuman tentu harus memutar otak bagaimana agar bisnis anda diingat konsumen dengan baik. Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah dengan strategi pengemasan yang menarik dan unik. Berikut ini merupakan tips dan trik agar usaha minuman kamu unik dan berbeda dari usaha lain yang banyak beredar di pasaran.

paper-cup-baner-web

1. Gunakan kemasan yang unik

Kemasan botol ada banyak macamnya dan bentuknya. Ada yang bahan dasarnya dari plastik dan kaca. Plastik penyusun kemasan botol juga ada bermacam-macam, yang paling umum adalah plastik PET dan HDPE. Anda harus menyesuaikan bahan dasar kemasan botol anda dengan produk yang akan anda kemas. Selain itu bentuk kemasan botol sangat beragam, ada yang berbentuk menyerupai pin bowling, ada juga botol dengan leher yang panjang dan terlihat elegan. Kemasan botol juga bisa dibentuk menyerupai karakter-karakter tertentu yang lucu dan digemari anak-anak. Keunikan menjadi kunci pembeda kemasan botol anda dengan kemasan botol lainnya.

2. Jangan lupakan desain

Selain bentuk yang unik anda juga harus memperhatikan desain dari kemasan botol anda. Pengaplikasian desain juga menjadi hal yang penting, dimana dan sebanyak apa desain akan diaplikasikan ke dalam kemasan. Desain yang baik adalah desain yang bisa menyampaikan informasi seputar produk dan bisa menarik perhatian konsumen terhadap produk tersebut. Ada produk-produk tertentu yang lebih baik menggunakan desain minimalis dan ada produk yang sebaiknya menggunakan full desain.

3. Jika warna produkmu menarik, gunakan kemasan transparan

kemasan botol transparan

Bagi anda produsen minuman ‘kekinian’ yang biasanya memiliki warna-warna menarik, kemasan botol transparan menjadi pilihan tepat untuk mengemas produk minuman anda. Botol yang transparan akan menonjolkan warna produk anda dan secara natural bisa menarik perhatian konsumen. Namun usahakan tidak semua kemasan transparan, beri juga sedikit informasi terkait produk anda pada kemasan.

4. Beri warna mencolok pada kemasan

Sebaliknya, jika anda memproduksi minuman-minuman dengan warna yang umum seperti bening air putih, coklat teh, atau hitam kopi maka warna kemasan yang mencolok akan membantu kemasan agar lebih menarik. Pewarnaan pada kemasan botol anda tidak harus pada seluruh bagian kemasan, bisa pada bagian bawah saja atau sisi kanan dan kiri kemasan. Kreasikan kemasan botol anda dengan warna-warna yang mencolok namun tidak terkesan norak.

5. Beri sticker yang mewakili produkmu

gunakan sticker pada kemasan botol

Selain desain dan warna, kamu juga bisa bermain dengan sticker pada kemasan botolmu. Sticker berguna sebagai penyedia informasi produk kepada konsumen dan identitas produk. Jika kamu sudah merasa kemasan botolmu sudah cukup menarik dari segi bentuk dan bahan serta tidak membutuhkan desain lagi, maka kamu bisa menjadikan sticker sebagai pilihan. Gunakan sticker yang tidak sekadar memberi informasi seputar produkmu, namun juga yang bisa mengambil perhatian konsumen.

Sudah siap membuat kemasan botolmu menjadi unik dan berbeda daripada kemasan botol yang lain? Untuk membuat kemasan botol yang baik dan menarik kamu bisa percayakan pada Dikemas.com!

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar