Ide / Inspirasi Kemasan, Tips Kemasan

Kardus Parcel Kue dan Bingkisan Lebaran Ini Bikin Pembeli Jatuh Hati!

kardus kue lebaran

Bicara soal lebaran memang tak bisa lepas dari budaya kirim parcel atau bingkisan hari raya. Berbagai macam paket parcel lebaran pun mulai ditawarkan para penjual musiman di bulan ramadhan. Mulai dari yang membuat paketan kardus parcel kue kering, sampai paket parcel sembako ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau.

Di tengah kerasnya persaingan bisnis parcel lebaran, para pelaku bisnis pun seakan berlomba mempersiapkan kemasan kardus parcel lebaran yang menarik. Pasalnya, kalau tampilan luarnya nggak cantik, konsumenpun pastinya juga enggan untuk  melirik.

Lantas, kira-kira apa sih keuntungannya kalau kalian kemas kue kering atau parcel dengan kemasan kardus? Yuk, kita bahas bersama!

5 Keuntungan Menggunakan Kemasan Kardus Parcel

Prinsipnya kemasan kardus berfungsi sebagai bungkus sekunder atau kemasan kedua yang biasanya terbuat dari bahan karton box dengan ketebalan dan kerapatan bahan yang beragam.

Sedikitnya ada 5 keuntungan yang bisa didapatkan para pelaku usaha ketika menggunakan kemasan kardus parcel.

  1. Kalau dulunya kemasan kardus hanya digunakan untuk pengiriman barang, ternyata sekarang ini kardus juga bisa berfungsi sebagai alat promosi produk. Mulai dari pengusaha kue kering, penjual sepatu, aksesoris, baju, sampai penjual produk sembako seperti gula pasir dan minyak goreng, memanfaatkan kemasan kardus sablon untuk membungkus aneka macam produknya. Kalian bisa memesan kemasan kardus parcel dengan sablon merk produk yang kalian punya.
  2. Kemasan kardus bisa memberikan perlindungan lebih untuk produk di dalamnya, terutama saat proses pendistribusian barang berlangsung. Jadi ketika proses pengiriman kue kering atau parcel lainnya, produk di dalamnya tidak mengalami kerusakan rasa dan bentuk karena cuaca atau bisa juga karena proses pengiriman yang dilempar sembarangan oleh pihak ekspedisi. Biasanya barang yang rentan rusak dikemas kembali dengan kemasan kardus untuk bagian luarnya agar tidak bocor, rusak ataupun pecah.
  3. Nah, buat penjual produk parcel lebaran yang berisi sembako, keberadaan kemasan kardus parcel ini sangat membantu karena ada banyak jenis produk yang bisa dikemas jadi satu dalam satu kardus. Ada juga yang sengaja membuat kemasan kardus parcel untuk mengemas aneka macam kue kering, contohnya seperti dalam satu kardus parcel terisi 6 jenis kue kering dengan aneka varian rasa.
  4. Kemasan kardus parcel ternyata juga memudahkan konsumen untuk membawa aneka macam produk yang dibelinya. Apalagi sekarang ini ada model kemasan kardus parcel yang sudah dilengkapi dengan pegangan, jadi konsumen tinggal tenteng saja kemasan kardus tersebut untuk membawa parcel lebaran yang ukurannya cukup besar. Jadi lebih praktis kan kalau pakai kardus parcel lebaran!
  5. Percaya nggak percaya, ternyata kemasan kardus bisa menjadikan produkmu terlihat lebih eksklusif. Dengan begitu, harga jual produk yang ditawarkan juga bisa lebih tinggi dibandingkan dengan harga sebelumnya yang dikemas tanpa kardus. Bahkan tak jarang konsumen berpikiran kalau produk yang dikemas kardus kualitasnya lebih bagus dari produk yang dibungkus hanya dengan kemasan plastik.

Setelah kalian tahu nilai lebih apa saja yang dilihat konsumen dari kemasan kardus parcel, kini saatnya kalian melihat lima bentuk kemasan kardus parcel lebaran yang cukup efekti untuk dongkrak penjualan kue kering.

kardus parcel kue kering lebaran

Kemasan kardus parcel kue yang satu ini sangat unik. Bentuknya custom menyerupai kubah masjid, lengkap dengan pegangan dan mika transparan di sisi samping kardus. Jadi, meski bentuknya unik tapi konsumen bisa mudah membawa kemasan kardus parcel sekaligus bisa melihat isi parcel kue kering yang dikemas di dalamnya.

kemasan kardus parcel kue-kering

Nah, desain yang kedua ini hampir sama dengan konsep box parcel kue kering sebelumnya. Hanya saja bentuknya lebih simple seperti kotak kado yang bisa dibuka tutup, serta ditambahkan juga mika transparan di sisi kanan kiri sehingga konsumen bisa mengamati produk kue yang dikemas di dalamnya. Kebanyakan mika transparan sengaja ditambahkan agar konsumen tidak salah beli produk. Jangan sampai kemasan luarnya cantik, tapi dalamnya kue keringnya tak menarik.

kardus parcel kue

Desain kardus parcel kue kering yang ketiga ini lucu dan imut menyesuaikan suasana ceria hari raya Idul Fitri. Dengan konsep desain box parcel warna hijau dengan gambar anak-anak animasi bernuansa islami, bentuk box parcel kue ini menyerupai kemasan kardus oleh-oleh. Ya, bentuknya dilengkapi tentengan untuk memudahkan konsumen membawa barang, sekaligus di bagian depan ada mika transparan untuk memperlihatkan kualitas produk yang ada di dalam kardus parcel.

kardus kue lebaran

Dibuat dari kemasan kardus berbahan corrugated dengan ketebalan standar single wall, ternyata kemasan parcel yang satu ini tak kalah menjual. Apalagi ditambah dengan cetak sablon 1 warna, membuat tampilan kardus kue kering ini terlihat vintage. Agar tak kalah bersaing dengan kemasan kardus full colour, produsen kue kering ini juga menambahkan window di bagian depan kemasan. Jadi calon konsumen bisa tetap melihat kualitas kue kering yang ada di dalam kemasan.

parcel kue lebaran

Yang terakhir, meski bentuk kemasan kardus kue kering lebaran ini sederhana hanya berbentuk kotak persegi panjang tapi desain gambar yang ditampilkan juga cukup menjual. Menggunakan konsep desain keluarga, seperti ayah, ibu dan kedua anak yang sedang berbahagia karena menyambut datangnya hari raya. Agar kue kering yang dikemas didalamnya tidak rusak, produsen kue kering juga menambahkan sekat kemasan kardus sehingga toples kue kering tidak bergeser. Khawatirnya kalau kemasan toplesnya bergeser, maka kue kering didalamnya juga ikut remuk atau rusak.

Meski begitu, kualitas produk didalamnya juga jadi kunci utamanya, jangan sampai kemasannya sudah terlihat bagus tapi kualitas rasanya kurang mengena di lidah konsumen. Tentu ini jadi masalah besar, karena konsumen sudah bayar cukup mahal tapi kualitas rasa kue keringnya tak mengena di lidah mereka.

Kerasnya persaingan di dunia usaha kue lebaran, memaksa para pelakunya berpikir keras bagaimana caranya menarik minat konsumen dengan kemasan produk yang semenarik mungkin. Moment lebaran yang terbilang singkat serta permintaan konsumen yang cukup tinggi terhadap parcel kue kering, membuat para pelakunya mencoba berbagai macam cara untuk menarik minat konsumen. Salah satunya saja menggunakan desain kemasan produk yang menjual.

Jadi, buat kamu yang sedang mencoba bisnis kue lebaran, sebaiknya mulai siapkan kemasan kardus kalian dari sekarang. Jangan sampai desain kardus parcel yang kalian pakai kalah bersaing denga produk lain. Bakal kalah telak kalau kalian tak punya desain kemasan cantik, apalagi sekarang ini persaingannya bukan hanya harga murah saja yang dicari konsumen. Tapi dilihat dari desain kemasannya yang menarik mata.

Buat kalian yang belum punya kemasan parcel kue kering, kalian bisa mempersiapkan desain dan bentuk kemasannya dari sekarang. Kalau masih belum dapat ide juga, bisa konsultasi tentang desain gratis melalui customer servis Dikemas.com. Karena Dikemas.com memberikan pelayanan gratis desain bagi pelaku bisnis kue kering yang belum punya desain kardus kemasan. Informasi selengkapnya silahkan whatsapp ke nomor customer servis kami melalui 0821-9938-9966!