Frozen Food Hits, Begini Cara Mengemas Frozen Food Yang Benar

Ngomongin soal bisnis sekarang ini bisnis yang sedang banyak digandrungi oleh para pelaku bisnis adalah bisnis frozen food. Bisnis yang satu ini menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Makanan frozen food menjadi banyak pilihan para masyarakat karena dinilai sangat praktis dan simpel. Ditengah padatnya aktivitas yang sangat sibuk makanan ini cukup membantu meringankan karena makanan ini sangat cepat penyajiannya. Selain itu trend makanan korea seperti eomuk, tteobokki, steamboat, dan seblak kini masih saja terus menjadi idola para anak muda. Dengan beberapa alasan tersebut tentunya makanan frozen food merupakan salah satu bisnis yang patut untuk dijajal dan direkomendasikan.
Frozen food merupakan salah satu jenis makanan siap saji yang pengolahannya sangat mudah. Nah buat kalian yang kepengen menjajal bisnis yang satu ini bisa banget nih, nah akan tetapi ada hal yang perlu untuk dipertimbangkan sebelum kalian memulai bisnis yang satu ini. Pastikan kalian memahami bagaimana cara mengemas frozen food yang benar. Pengemasan yang benar maka akan melindungi makanan dengan baik agar tidak rusak. Sehingga menjamin kualitas makanan dan membuatnya menjadi lebih awet dan tahan lama. Itulah mengapa kalian dianjurkan untuk memahami dan mempelajari bagaimana pengemasan frozen yang benar.makanan-frozen-food-hits-begini-cara-mengemas-frozen-food-yang-benar
Tentu jikalau dilihat fungsi dari pengemasan sendiri untuk melindungi produk agar tidak rusak dan menjaga kualitas makanan itu sendiri. Nah perlu diketahui pula jika fungsi utama yang lainnya dari sebuah kemasan adalah sebagai sarana untuk promosi. Kemasan yang cantik akan menarik perhatian para calon pembeli. Dengan begitu pula akan meningkatkan minat mereka untuk membeli. Selain itu dengan adanya kemasan maka akan memudahkan calon pembeli untuk mengenali produk, jenis produk, dsb. Kemasan yang baik dan benar tentunya juga memiliki informasi yang berguna untuk calon pembeli. Itulah mengapa peranan kemasan sangat peng dalam sebuah bisnis.

Cara Yang Benar Mengemas Frozen Food Yang Benar

Beberapa makanan frozen food yang biasa kita temui yakni ada nugget, sosis, bakso, daging, ikan, ayam, tempura, daging ham, stick crab, pempek, siomay, dimsum, dan masih banyak lagi. Makanan tersebut biasanya dijual dalam bentuk beku atau lebih dikenal frozen food. Frozen food ini dibuat beku agar lebih awet dalam waktu yang lama. Nah sebelumnya perhatikan bagaimana cara mengemas makanan beku tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara yang benar untuk mengemas frozen food :

Kemasan Tertutup Rapat dan Kendap Udara

Makanan yang dikemas dalam wadah yang tertutup dan kendap udara tentunya menjamin makanan dari partikel asing. Daya tahan produk juga menjadi lebih lama sehingga bisa dikonsumsi dalam jangka panjang. Selain itu kemasan yang tertutup sudah pasti aman dan mencegah dari sebuah kerusakan makanan.
Pastikan menggunakan plastik yang kendap udara dan plastik yang digunakan juga aman untuk produk makanan. Sehingga ketika dikonsumsi tidak membahayakan tubuh manusia. Biasanya plastik yang digunakan untuk mengemas frozen food adalah jenis plastik nylon.
Nah kegunaan masing – masing plastik berbeda – beda tentunya, untuk plastik nylon tersebut biasanya banyak digunakan untuk kemasan makanan, plastik anti panas, sayur dan lain sebagainya. Salah satu alasannya karena jenis plastik ini fleksibel dan memiliki kekuatan tinggi, hampa udara, memiliki elastisitas tinggi dan tahan banting.

Proses Pembuatan Wajib Bersih

Untuk cara pengemasan yang benar berikutnya yakni proses pembuatan harus higienis. Maka pastikan jika proses pembuatannya harus bersih serta steril dari benda – benda asing. Meskipun bisnis kalian masih dibilang kecil maka upayakan untuk selalu menjaga kebersihan peralatan, bahan dan prosesnya terjaga kebersihannya. Pastikan mencuci terlebih dahulu semua peralatan yang digunakan sampai bersih. Bahkan ketika sudah selesai digunakan langsung dicuci agar untuk proses pembuatan selanjutnya sudah bersih dan tak ada bahan makanan yang menempel.
Selanjutnya pilih dan gunakan bahan baku yang berkualitas, dan pastikan selama proses pembuatan selalu dalam keadaan bersih. Dengan begitu makanan yang dihasilkan akan baik. Hindari untuk menggunakan bahan baku dengan kualitas rendah. Rajinlah mengecek dengan teliti  dalam melihat adanya kerusakan pada makanan. Apabila bahan makanan sudah dipastikan baik dan segar maka tentunya akan menghasilkan makanan yang baik pula.
Nah satu hal yang paling penting cuci tangan sebelum dan sesudah proses pembuatan maupun pengemasan makanan beku. Hal ini tentu untuk menjaga agar makanan ketika dikemas tidak terkontaminasi dengan bahan – bahan asing ataupun partikel yang tidak seharusnya ada dalam makanan tersebut.

Pilih Kemasan Praktis

Untuk hal yang satu ini tentu sangat penting, kemasan yang simpel dan mudah dibawa akan sangat memudahkan calon konsumen saat membawanya. Selain itu menjaga agar kemasan mudah untuk dibuka dan tidak membinggungkan saat dibuka.
Pastikan juga ukuran kemasan yang ada sesuai dengan produk makanan yang berada didalamnya. Hindari kemasan yang memanipulasi  dengan adanya wadah yang terlalu besar namun isi didalamnya terlalu sedikit. Ataupun bahkan wadah yang terlalu kecil sehingga isi terlihat lebih penuh dan kurang cantik saar dilihat dari sisi penampilan. Maka penting untuk membuat kemasan dan isi sesuai.

Pastikan Kemasan Menarik

Nah selain fungsi kemasan sebagai wadah untuk melindungi agar kualitas dari makanan tersebut tetap terjaga. Kemasan juga digunakan sebagai media untuk promosi, dengan alasan tersebut tentu penting sekali sebelum mengemas pastikan untuk memilih kemasan yang menarik. Kemasan yang menarik akan membuat calon konsumen tertarik untuk membeli pula. Selain itu kemasan juga sangat dibutuhkan guna untuk memberikan informasi detail produk. Dengan adanya detail produk maka calon konsumen maupun konsumen akan dengan mudah mengenal produk frozen food tersebut.

Menghindari Freeze Burn

Dalam kasus frozen food atau makanan beku ini tentunta dalam pengemasan harus memikirkan daya tahan. Hal yang terpenting yakni memastikan bahwa makanan sesuai dengan prosedur pembuatan dan terhindar dari freeze burn. Freeze burn sendiri merupakan adanya perubahan warna, bentuk, tekstur, warna dan tentunya cita rasa bahkan nilai gizi didalamnya. Apabila bentuk makanan dan nilai gizinya terjaga maka dapat dipastikan bahwa makanan tersebut layak konsumsi dan aman bagi kesehatan.
Nah itu tadi adalah beberapa cara mengemas produk frozen food yang benar dan wajib kalian ketahui sebelum memutuskan untuk menjajal bisnis frozen food ini. Untuk kalian yang mau memulai bisnis frozen food ini namun masih binggung mau memasan kemasan yang menarik dengan desain yang cantik tak perlu khawatir lagi karena dikemas.com menyediakan berbagai jenis kemasan frozen food. Dengan berbagai ukuran dan berbagai macam bahan, dan yang lebih menariknya lagi kalian bisa mewujudkan desain impian kalian. Jadi tunggu apalagi yuk bisa pesan sekarang atau bisa tanya – tanya dulu sama CSnya.
Ada banyak keuntungan loh dengan pesan kemasan di dikemas.com, diantaranya desain gratis, konsultasi gratis, bahan berkualitas dan bisa dapetin beberapa bonus lainnya juga. Sekian dan semoga artikel diatas dapat membantu dan bermanfaat bagi pembaca sekalian.

paper-cup-baner-web
Konsultasi (WA)

8 pemikiran pada “Frozen Food Hits, Begini Cara Mengemas Frozen Food Yang Benar”

    • Selamat pagi pak/bu, untuk frozen food pengemasannya menggunakan vacuum bag ya. Untuk info lebih lanjut terkait kemasan frozen food, WA: 081231562447 (Agustin)

      Balas
    • Kalau kemasab yang ditanyakan bisa pakai vacuum bag kak, untuk info harga atau mau tanya tanya bisa langsung WA: 081231562447 (Admin)

      Balas
    • Halo kak mey, untuk konsultasi kemasan bisa langsung WA customer service diKemas.com ya, bisa konsul sampai paham. WA: CS Silvy: wa.me/6282199389966

      Balas

Tinggalkan komentar