Kemasan Botol Kopi Kekinian Solusi Praktis Jualan Makin Laris!

Kemasan botol kopi jadi pilihan tepat untuk mengemas minuman es kopi kekinian yang makin menjadi tren bisnis kopi. Kalau tren sebelumnya minuman kopi lebih sering dinikmati di kedai kopi sambil nongkrong santai, sekarang sudah bergeser pada kebiasaan take away dan delivery. Apalagi sejak masa pandemi covid19 ini. Banyak kedai kopi atau kafe yang harus putar otak supaya produk mereka tetap bisa dibeli konsumen tanpa harus datang ke outlet. Beberapa memang ada pelaku bisnis kopi atau kafe yang lebih memilih menjalankan bisnis seperti biasa. Tapi dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat supaya pelanggan bisa minum dan makan di tempat. Ada juga yang lebih mengandalkan sistem take away atau delivery supaya risiko yang ditanggung tidak terlalu besar.

Pilih Kemasan Botol Kopi, Solusi di Masa Pandemi

Dalam kondisi pandemi covid19 seperti ini, strategi usaha kuliner dengan mengandalkan take away dan delivery adalah hal yang tepat. Karena dengan hanya menunggu pandemi berakhir entah kapan waktunya justru lama kelamaan akan mematikan bisnis yang kamu jalankan. Maka dari itu supaya penjualan dengan sistem take away atau delivery buatlah strategi yang tepat. Salah satu strategi yang bisa kamu lakukan adalah dengan memilih kemasan botol kopi supaya racikan kopi kamu tetap bisa dinikmati oleh pelanggan. Hal ini tentu saja perlu kamu lakukan bukan sekadar supaya kopi yang kamu jual laris manis. Tapi lebih dari itu strategi ini dilakukan untuk menguatkan eksistensi bisnis kopi yang kamu jalankan di tengah kondisi pandemi.

paper-cup-baner-web

Selain itu pemilihan kemasan botol kopi juga bisa meningkatkan daya saing bisnis kopi kamu. Coba kamu perhatikan bagaimana bisnis di bidang food and beverages persaingannya makin kompetitif. Modal utama untuk tetap bisa bertahan dan bersaing adalah menguatkan identitas bisnis agar konsumen makin kenal dan loyal sama produk atai bisnis mereka. Salah satu caranya adalah dengan melalui kemasan produk yang tepat.

Tips Bikin Kemasan Botol Kopi

Tips Bikin Kemasan Botol Kopi
https://dikemas.com/

Kemasan bukan sebatas untuk melindungi produk yang ada di dalamnya. Tapi lebih dari itu, kemasan bisa menciptakan citra dan kesan produk. Branding suatu produk sangat penting sebagai salah satu strategi marketing bisnis kopi kamu. Dalam membuat kemasan botol kopi yang tepat ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Berikut ini tips untuk membuat kemasan botol kopi biar racikan kopi kamu makin terjual laris.

1. Tentukan Model Kemasan Botol Kopi

Kemasan botol kopi ada banyak macam dan bentuknya. Ada yang bahan dasarnya dari plastik dan kaca. Plastik penyusun kemasan botol juga ada bermacam-macam, yang paling umum adalah plastik PET dan HDPE. Kamu harus menyesuaikan antara bahan dasar kemasan botol dengan produk yang akan kamu kemas. Selain itu bentuk kemasan botol kopi juga beragam. Ada yang berbentuk menyerupai pin bowling, ada botol dengan bentuk tabung, bagian leher pendek, bentuk kotak, bentul oval, dan lainnya. Pilih model kemasan botol kopi sesuai kebutuhan kamu.

2. Desain Kemasan Botol Kopi

Selain bentuk atau model kemasan, desain kemasan botol kopi juga harus kamu konsep dengan matang. Konsep desain kemasan menjadi hal yang sangat penting untuk produk minuman kopi yang kamu jual. Desain yang baik adalah desain yang bisa menyampaikan informasi seputar produk dan bisa menarik perhatian konsumen terhadap produk tersebut.

Ada produk-produk tertentu yang lebih baik menggunakan desain minimalis dan ada produk yang sebaiknya menggunakan konsep desain yang lebih kompleks. Buatlah konsep desain yang sesuai dengan identitas produk minuman kopi kamu. Kalau kamu memilih kemasan botol kopi jenis plastik, desain simpel dengan teknik cetakan sablon adalah pilihan yang tepat. Cukup dengan desain simpel dan satu warna supaya racikan kopi kamu tampil lebih menarik dan elegan.

3. Pilih Kemasan Botol Transparan

Kemasan botol transparan menjadi pilihan tepat untuk mengemas produk minuman kopi yang kamu jual. Apalagi kalau varian kopi yang kamu jual juga beragam. Semakin menarik warna minuman maka makin menarik pula produk minuman kamu saat dikemas dengan kemasan botol kopi transparan. Botol yang transparan akan menonjolkan warna produk kamu. Hal ini tentu saja bisa menjadi modal untuk menarik perhatian konsumen. Tapi jangan sampai kemasan botol kopi transparan tidak disertai desain kemasan.

Tetap gunakan desain kemasan supaya informasi mengenai produk minuman kopi yang kamu jual tetap tersampaikan. Kemasan transparan akan terlihat semakin menarik ketika isi minuman warnanya menggoda dan desainnya juga bagus. Setidaknya tambahkan desain seperti logo produk atau nama bisnis kamu. Kemudian tambahkan informasi lain seperti alamat media sosial atau kontak bisnis kamu. Selain itu kamu juga bisa tambahkan kolom varian rasa kalau minuman yang dijual beragam. Serta yang tidak kalah penting adalah kolom nama untuk menuliskan siapa konsumen yang memesan minuman kamu.

4. Pemilihan Warna Kemasan

Sebaliknya, kalua kamu memproduksi minuman-minuman dengan warna yang umum seperti bening air putih, coklat teh, atau hitam kopi maka warna kemasan yang mencolok akan membantu kemasan agar lebih menarik. Pewarnaan pada kemasan botol tidak harus pada seluruh bagian kemasan. Bisa pada bagian bawah saja atau sisi kanan dan kiri kemasan. Kreasikan kemasan botol kopi dengan warna-warna yang mencolok namun tidak terkesan norak. Dan usahakan warnanya tidak senada dengan isinya. Pilihlah warna yang berbeda dengan minuman atau isi botol.

5. Tentukan Cetakan Desain Kemasan

Selain desain dan warna, kamu juga bisa bermain dengan sticker pada kemasan botolmu. Sticker berguna sebagai penyedia informasi produk kepada konsumen dan identitas produk. Jika kamu sudah merasa kemasan botolmu sudah cukup menarik dari segi bentuk dan bahan serta tidak membutuhkan desain lagi, maka kamu bisa menjadikan sticker sebagai pilihan. Gunakan sticker yang tidak sekadar memberi informasi seputar produkmu, namun juga yang bisa mengambil perhatian konsumen. Tapi kalau kamu ingin desain kemasan yang lebih kompleks kamu bisa pilih cetakan sablon. Untuk cetakan sablon biasanya kamu bisa bermain dari satu hingga tiga warna sesuai kebutuhan kamu.

Selain kelima tips yang telah disebutkan dalam memilih kemasan botol kopi, ada hal lain yang perlu kamu perhatikan yaitu ukuran kemasan. Tentukan terlebih dulu botol yang akan kamu gunakan untuk mengemas minuman kopi kamu. Biasanya ukuran yang tersedia untuk kemasan jenis ini  mulai dari 125 ml, 250 ml, 500 ml, 750 ml, hingga 1 liter. Tergantung model atau jenis kemasan botolnya.

Nah jadi, kamu sudah siap untuk terus bertahan dan berkembang dalam menjalankan bisnis minuman kopi selama pandemi ini? Yuk konsultasikan kemasan botol kopi yang kamu butuhkan dengan menghubungi kontak tim diKemas.com di bawah ini!. Ada gratis layanan konsultasi dan desain kemasan juga loh!

Tinggalkan komentar