Tips Bisnis Stabil Selama Pandemi Buat Usaha Kuliner!

Bisnis stabil selama pandemi adalah suatu kondisi yang ingin dicapai oleh para pelaku usaha. Baik itu skala kecil, UKM, atau pun skala besar. Semua bidang bisnis terdampak dengan adanya pandemi covid19 ini. Bahkan di negara-negara maju banyak pelaku usaha dan perusahaan yang mengalami banyak kerugian bahkan harus melakukan PHK ke para pekerjanya. Tapi untuk pelaku usaha kuliner hal ini memang cukup kompleks. Di mana kondisi perekonomian kebanyakan orang sedang kurang baik. Kemungkinan mereka untuk mengurangi membeli makanan atau jajan di luar.

Tips Bisnis Stabil Selama Pandemi

Pandemi covid19 pada dasarnya memberikan dampak yang signifikan terhadap bisnis UKM terutama untuk kamu yang bergerak di bidang bisnis kuliner. Banyak bisnis kuliner yang pada akhirnya harus menutup operasionalnya dikarenakan beberapa aturan yang diberlakukan pemerintah setempat supaya masyarakat untuk tetap berada di rumah. Tapi kondisi seperti itu sebenarnya tidak selamanya buruk bagi pelaku usaha kuliner.

paper-cup-baner-web

Masih ada peluang yang bisa kamu ambil dan kembangkan untuk menjadikan bisnis stabil selama pandemi covid19 yang belum bisa diprediksi kapan akan berakhir. Sebab pasar atau konsumen dari bisnis usaha kuliner tidak akan hilang tergantung jenis kulier yang seperti apa dan bagaimana cara pemasarannya yang bisa disesuaikan dengan situasi dan kondisi sekarang ini. Untuk bidang usaha kuliner dengan sistem online serta reseller tercatat justru mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Supaya pelaku usaha kuliner berada pada kondisi bisnis stabil selama pandemi, beberapa hal memang harus diperhatikan.Berikut ini tips untuk kamu pelaku usaha kuliner supaya bisnis stabil selama pandemi.

1. Maksimalkan Strategi Layanan Online Agar Bisnis Stabil Selama Pandemi

Kalau usaha kuliner yang kamu jalankan belum meneydiakan layanan online untuk konsumen, segeralah buat layanan online ini. Karena layanan online akan memudahkan konsumen untuk tetap bisa membeli produk kamu meski tetap di rumah dan mengurangi risiko penyebaran serta penularan virus corona. Banyak yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan layanan online usaha kuliner kamu. Mulai dari mendaftar sebagai mitra resto untuk layanan delivery makanan dari penyedia jasa transportasi online. Bisa juga dengan menyediakannya secara mandiri.

2. Bisnis Stabil Selama Pandemi : Bikin Kemasan yang Tepat

Kalau sejauh ini usaha kuliner yang kamu jalankan lebih mengandalkan layanan dine in atau makan di tempat, saatnya berpindah dengan mengandalkan layanan take away dan delivery. Salah satu hal yang bisa mendukung hal tersebut adalah pemilihan kemasan yang tepat. Sekarang ini sudah banyak jenis kemasan makanan yang cocok untuk mengemas beragam olahan makanan. Mulai dari yang berkuah, kering, bahkan sampai makanan beku. Berikut ini kemasan yang bisa jadi pilihan sesuai jenis makanan yang kamu jual.

– Kemasan Makanan Berkuah

Kemasan Makanan Berkuah
https://dikemas.com/

Kalau usaha kuliner kamu menjual makanan berkuah seperti soto, bakso, seblak, sop ayam, dan makanan berkuah lainnya, kemasan yang bisa kamu gunakan adalah kemasan paper bowl. Kemasan berbentuk mangkuk dari bahan kertas ini banyak digunakan untuk produk-produk makanan berkuah. Untuk kemasan paper bowl ini dilapisi bahan anti panas dan anti air. Jadi jangan khawatir kemasan akan bocor atau rembes. Untuk desainnya kamu bisa gunakan stiker atau sablon. Kemasan paper bowl juga dilengkapi dengan penutup. Jadi makanan akan tetap aman sampai ke konsumen ketika dikirimkan dengan layanan delivery.

– Kemasan Makanan Tanpa Kuah

Kemasan Makanan Tanpa Kuah
https://dikemas.com/

Untuk usaha kuliner yang menjual makanan tanpa kuah sebenarnya akan makin banyak pilihan model dan jenis kemasannya. Mulai dari kemasan paper luch box, box kardus, paper bowl, sampai food pail. Model kemasan tersebut kebanyakan kualitasnya sudah food grade dan sudah dilaminasi. Jadi makanan akan tetap aman sampai ke tangan konsumen. Untuk model cetakan desain kemasan makanan ada beraram. Mulai dari full color printing, sablon, dan stiker label kemasan.

– Kemasan Makanan Ringan

Kantong Kertas atau Paper Bag
https://dikemas.com/

Usaha kuliner seperti makanan ringan, camilan, atau jajanan yang kering akan cocok dikemas menggunakan kemasan kantong kertas atau paper bag. Jenis kantong kertas ini berbahan dasar kertas food grade yang tahan minyak atau greaseproof. Untuk desainnya adalah menggunakan teknik printing. Sangat cocok untuk kemasan makanan ringan. Simpel, praktis, plus vancy sekaligus ramah lingkungan.

– Kemasan Minuman

kemasan-minuman
https://dikemas.com/

Usaha kuliner juga tidak lepas dari sajian minuman. Ada tiga jenis kemasan minuman yang bisa kamu gunakan. Pertama adalah plastic cup atau gelas plastik. Kemasan gelas plastik cocok untuk jenis minuman dingin. Model dan ukurannya bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Kalau minuman yang kamu jual adalah minuman panas, maka paper cup adalah pilihan yang tepat. Jenis kemasan ketiga adalah kemasan botol plastik, cocok untuk mengemas kopi atau pun susu. Pilih kemasan minuman sesuai dengan kebutuhan kamu. Tentukan ukuran dan buat desain kemasan minuman yang menarik.

3. Buat Kampanye Pelayanan Bersih dan Sehat

Buatlah kampanye yang berkaitan dengan pelayanan tambahan yang memiliki nilai lebih pada kebersihan dan kesehatan dari usaha kuliner yang kamu jalankan. Seperti yang kita ketahui bahwa penularan virus corona itu bisa diputus dan ditekan dengan gaya hidup sehat. Salah satunya adalah dengan mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker, dan menjaga jarak secara fisik dengan orang lain. Kondisi seperti itu bisa kamu kampanyekan supaya konsumen yakin dan merasa aman ketika akan membeli produk kamu. Mulai dari kampanye pemakaian alat perlindungan diri bagi pekerja resto, ketersediaan air mengalir dan sabun pada setiap sisi tempat produksi, tempat produksi yang bersih dan sehat, dan kemasan produk yang steril dan higienis.

4. Buat Promo Menarik

Mungkin sekarang makin banyak orang yang memutuskan untuk tidak membeli makanan atau minuman di luar. Selain kondisi dan kualitas makanan yang dipertimbangkan, harga juga menjadi pertimbangan. Sebab semua orang secara ekonomi terdampak dari adanya wabah covid19 ini. Maka dari itu, pengeluaran untuk membeli makanan atau minuman juga harus diminimalisir. Sebagai pengusaha makanan kamu juga harus mengerti dan memahami kondisi yang dialami konsumen. Kamu harus membuat strategi supaya konsumen tetap bisa membeli produk meski kondisi ekonomi sedang kuang baik.

Salah satunya adalah dengan memberikan promo menarik untuk makanan atau minuman yang kamu jual. Bisa dengan menyediakan menu baru dalam kemasan paket hemat, bisa juga dengan kode promo atau kode unik yang bisa digunakan. Selain itu pemberian potongan harga atau diskon untuk beberapa item makanan juga akan menarik minat pelanggan. Terakhir, kamu juga bisa menerapkan pemberian free item untuk minimal pembelian dalam nominal tertentu.

5. Manfaatkan Media Sosial

Wabah covid19 ini mengharuskan orang-orang untuk menghindari kerumunan. Buatlah strategi yang efektif dan tepat agar penjualan tetap mencapai target dengan biaya promosi yang murah. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan media sosial untuk promosi. Selama masa pandemi ini banyak orang yang menghabiskan waktu untuk berselancar di media sosial. Seperti untuk mencari informasi terbaru, hiburan, hingga produk-produk yang ingin dibeli secara online tanpa harus keluar rumah.

Bentuk promosi yang bisa kamu buat juga beragam. Seperti pembuatan konten-konten video, gambar meme, foto produk yang menggiurkan, dan testimoni pelangan. Supaya konten-konten promosi yang kamu buat lebih interaktif dan lebih melibatkan pelanggan, kamu bisa buat konten promosi dengan challenge. Misalnya challenge video seperti yang ada di TikTok atau tantangan kontes foto di Instagram. Pastikan dalam konten challenge yang kamu buat harus mengandung unsur promosi produk dari pelanggan agar paparan produk bisnis kuliner kamu makin luas.

Itulah ulasan tentang tips bisnis stabil selama pandemi terutama untuk bisnis di bidang kuliner. Teruslah berusaha dengan sebaik mungkin untuk bertahan dan berkembang ya. Kalau kamu ingin konsultasi kemasan makanan kamu bisa hubungi kontak tim diKemas.com di bawah ini. Kami siap bantu bisnis kuliner kamu makin maju! Salam sukses!

Satu pemikiran pada “Tips Bisnis Stabil Selama Pandemi Buat Usaha Kuliner!”

Tinggalkan komentar