Kemasan Kopi Kertas Paling Cocok Untuk Jaga Kualitas

Kemasan kopi kertas merupakan salah satu jenis kemasan yang banyak digunakan untuk produk-produk kopi di Indonesia. Pada dasarnya kemasan kopi kertas adalah kemasan yang ramah lingkungan dan bisa mejaga kelembapan suhu wadah biji kopi agar kualitasnya tidak berkurang. Para penikmat kopi pasti tidak ingin kualitas biji kopi berubah karena pemilihan kemasan kopi yang kurang tepat. Maka dari itu kamu sebagai pelaku bisnis kopi harus benar-benar memperhatikan kemasan kopi mana yang paling tepat supaya kualitas biji kopi tetap terjaga.

Pertimbangan Pemilihan Kemasan Kopi Kertas

Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan ketika kamu memilih kemasan kopi untuk mengemas biji kopi mau pun kopi yang telah digiling. Kualitas biji kopi akan menurun ketika penyimpanannya tidak tepat. Hal ini akan sangat terasa ketika biji kopi telah digiling dan disedu. Bagi pecinta kopi pasti paham betul bagaimana cita rasa kopi pada jenis tertentu tidak maksimal. Maka dari itu sebagai pebisnis kopi kamu harus paham betul supaya produk kopi yang kamu jual baik dalam bentuk biji kopi maupun bubuk kualitasnya tetap terjaga. Berikut ini beberapa hal yang bisa merubah kualitas biji kopi yang perlu kamu pahami.

paper-cup-baner-web

Kelembapan

Biji kopi pada dasarnya memiliki sifat higroskopi, yang mana artinya biji kopi dapat menyerap kelembapan lingkungan sekitar. Situasi kelembapan ini bisa mengurangi karakter rasa yang ada pada biji kopi sehingga kopi tidak nikmat lagi ketika diseduh. Kadar kecepatan biji kopi dalam menyerap kelembapan ini berbeda antara bubuk kopi dengan biji kopi. Ada beberapa yang berpendapat bahwa menyimpan biji kopi pada lemari pendingin akan menambah usia biji kopi supaya tahan lama. Tapi pada kebanyakan yang terjadi pada hal ini justru membuat biji kopi menyerap lebih kelembapan air yang ada dalam lemari pendingin. Sehingga menjadikan biji kopi akan tidak terlalu baik kualitas cita rasanya ketika sudah digiling dan diseduh.

Udara

Seperti bahan makanan lain pada umumnya yang mengalami oksidasi, biji kopi juga sama seperti itu. Saat udara mulai menyentuh biji kopi maka beberapa unsur rasa mengalami perubahan. Inilah sebabnya kandungan yang ada dalam biji kopi akan mudah menguap dan tidak stabil ketika terpapar udara luar. Maka dari itu kemasan biji kopi yang digunakan setelah biji kopi disangrai sangat diperhatikan untuk menjaga biji kopi tetap segar. Ada beberapa yang berpendapat, dengan kemasan biji kopi sekarang ini, sudah dapat menjaga ketahanan biji kopi tetap nikmat hingga satu bulan beberapa hari kurang lebih tanpa memindahkannya ke wadah kedap udara.

Biasanya kalau di kedai kopi, setelah membuka biji kopi dari kemasan langsung memasukannya ke wadah yang ada pada grinder. Bukanlah hal yang menjadi permasalahan serius karena kebutuhan biji kopi banyak dan tidak ada yang berlebih untuk hari berikutnya. Tapi kalau untuk konsumsi personal atau kebutuhan rumah, pilihan terbaik adalah memilih atau membeli biji kopi dengan kemasan yang memiliki fitur ziplock atau biasa dikenal dengan kemasan kopi standingpouch ziplock untuk mengunci rapat agar udara tidak dapat masuk.

Panas

Karakter cita rasa pada biji kopi terdapat pada kandungan minyak yang ada pada biji kopi. Saat suhu ruangan terlalu panas, maka hal ini akan menyebabkan kandungan minyak pada kopi menguap dan cita rasa biji kopi berubah ketika diseduh. Sebagian besar karakter cita rasa akan hilang karena minyak pada kopi ikut menguap disebabkan karena biji kopi kepanasan. Rekomendasi suhu ruangan sekitar 20-25C untuk penyimpanan biji kopi yang optimal. Supaya tidak mengganggu karakter cita rasa yang ada pada biji kopi.

Setelah mengetahui hal apa saja yang perlu kamu pertimbangkan ketika memilih kemasan kopi, selanjutnya kamu perlu mencari tahu jenis kemasan kopi apa saja yang bisa menjaga kualitas biji kopi atau kopi bubuk yang kamu jual. Menjaga kualitas produk adalah kewajiban setiap pebisnis dalam bidang apa pun itu. Termasuk kamu sebagai pebisnis kopi yang harus selalu menjaga kualitas produk baik itu dalam bentuk biji kopi mau pun kopi bubuk siap seduh. Salah satu kemasan kopi yang cocok untuk menjaga kualitas produk adalah kemasan kopi kertas. Pada proses pengemasan biji kopi yang perlu diperhatikan adalah pada saat penyegelan, di mana oksigen harus dipastikan keluar dari dalam kemasan. Dikarenakan kadar oksigen di dalam kemasan kopi inilah yyang menyebabkan biji kopi menjadi lebih cepat basi.

Keuntungan Menggunakan Kemasan Kopi Kertas

Dalam memilih jenis kemasan kopi untuk produk kamu tentu bukan hanya berdasarkan pertimbangan keawetan biji kopi itu sendiri, tapi juga faktor-faktor lain seperti dampak lingkungann, biaya, dan desain atau tampilan dari kemasan kopi itu sendiri. Ketika hal-hal ini yang menjadi pertimbangan kamu mulai dari kemasan kopi yang bisa menjaga kualitas produk, ramah lingkungan, biaya murah, dan tampilan yang menarik maka kemasan kopi kertas adalah pilihan yang tepat untuk kamu. Kemasan kopi kertas pada umumnya menggunakan kertas yang berjenis greaseproof atau kertas yang bisa menahan resapan minyak. Untuk bahan kertas greaseproof termasuk sebagai kertas “food grade” yang membuat bahan kertas ini aman sebagai pembungkus makanan. Keunggulan bahan kertas ini adalah tahan minyak dan tidak berbahaya bahkan jika bersentuhan dengan makanan.

Kemasan kopi kertas semacam ini biasanya ditutup hanya dengan cara digulung. Ada juga model klip khusus sebagai penyekat yang biasa dikenal dengan kemasan kopi kertas ziplock. Untuk kemasan kopi kertas ini lebih cocok ketika produk kopi yang kamu jual adalah kopi siap seduh atau kopi yang telah digiling. Selain itu ketika segmen konsumen kamu memang pecinta kopi yang telah memiliki canister atau tempat khusus untuk menyimpan kopi maka kemasan kopi kertas sangat cocok untuk produk kopi kamu. Begitu juga ketika kamu punya kepedulian atau konsen pada isu lingkungan, kemasan kopi kertas adalah yang paling tepat. Sebab keunggulan menggunakan kemasan kopi kertas adalah biodegradable dan sustainable yang mampu cepat terurai dan aman untuk lingkungan.

Dimana Bisa Mendapatkan Kemasan Kopi Kertas Berkualitas?

Sekarang ini kemajuan teknologi telah membantu banyak hal dari setiap bidang, termasuk juga dalam bidang bisnis. Kamu tidak perlu melakukan riset jasa cetak kemasan kopi dengan berkeliling di sekitar wilayah kamu tinggal. Cukuplah lakukan riset jasa cetak kemasan kopi di mesin pencarian. Kemudian pilih jasa cetak kemasan kopi yang paling sesuai dengan kamu. Salah satunya adalah dikemas.com. Jasa cetak kemasan yang bisa membantu kamu untuk memiliki kemasan kopi kertas dengan harga murah dan layanan yang tersedia beragam. Kamu bisa mendapatan gratis desain kemasan kopi kertas supaya produk kopi kamu tampil lebih menawan. Kemasan kopi kertas ukurannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Jadi, apakah kamu siap untuk meningkatkan kualitas produk dengan kemasan kopi kertas? Yuk konsultasikan kemasan kertas apa yang kamu butuhkan untuk produk kopi yang kamu jual. Dapatkan layanan gratis desain kemasan dan gratis biaya ongkos pengiriman kemasan secara cuma-cuma dengan hubungi kontak kami di bawah ini!

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar