Tips Kemasan

Kepoin Fakta Beras dan Kandungan Nutrisi Didalamnya!

Kepoin-Fakta-Beras-dan-Kandungan-Nutrisi-Didalamnya

Ada beberapa jenis beras Indonesia yang terkenal di seluruh dunia. Beras negara kita ini masuk dalam beras premium karena menguasai pasar dunia. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang berhasil memasuki pasar dunia. Tentunya hal ini didukung karena beras Indonesia merupakan beras dengan kualitas terbaik.

Beras merupakan bulir padi atau gabah yang telah dipisahkan dari sekam (Jawa merang). Salah satu tahapan dalam proses pengelupasan beras dari kulitnya dengan cara ditumbuk. Cara ini dilakukan untuk melepaskan kulit gabah dari isinya. Beras pada umumnya tumbuh tahunan. Dapat tumbuh sekitar 1 m – 1,8 m.

Beras merupakan produk bahan pangan pokok di seluruh dunia. Di benua Asia beras memang menjadi makanan pokok sehari-hari masyarakat. Di Indonesia sendiri memang menjadi salah satu penghasil beras terbesar di dunia yang mencapai hingga 90%. Indonesia ini memang sangat cocok ditanami beras karena memiliki iklim yang hangat dan curah hujan tinggi.

Fakta Tentang Beras

Beras paling besar didominasi oleh pati 85%. Beras juga mengandung protein, vitamin, mineral dan air. Warna dari beras ini sendiri berbeda-beda diatur berdasarkan gen pengatur warna. Beras ini ada beberapa macam dan warnanya, salah satunya adalah beras putih, merah, hitam, ketan dan ketan hitam. Masing-masing jenis beras ini memiliki perbedaan baik rasa maupun kandungan gizi.

Beras merupakan salah satu bahan makanan pokok masyarakat Indonesia. Bahan pangan ini salah satu sumber karbohidrat dan energi. Jenis beras yang paling disukai masyarakat Indonesia adalah beras putih. Rasa dari beras putih ini cukup nikmat jika dibandingkan dengan beras lainnya. Rasanya cenderug pulen, tawar dan sedikit agak manis.

Indonesia ini merupakan salah satu negara di Asia terbesar ke-3 yang memproduksi beras terbanyak dunia. Bahkan karena masyarakat Indonesia yang menjadikan budaya makan nasi adalah sebuah kewajiban, konsumsi beras per kapita terbesar di seluruh dunia.

Nah uniknya beras ini juga ada banyak jenis dan macamnya. Diantaranya adalah beras butir panjang, gandum utuh, basmati, beras jasmine, aromatik dan beras japonica. Varietas beras lainnya ada beras nasi arborio, beras ketan, merah dan lain sebagainya.

Kandungan & Gizi Beras

Beberapa Kandungan dan Gizi yang terdapat pada beras adalah sebagai berikut :

Serat

Serat pada beras berbeda-beda tergantung jenisnya, jika beras merah mengandung 1,8 % serat jika sudah direbus maka memiliki 3,5 % serat. Maka beras putih mengandung 0,3 % serat. Dan di dalam beras ini terdapat kandungan pati yang membantu memberi makan bakteri dalam usus. Manfaat beras inilah merangsang pertumbuhan bakteri baik dalam tubuh untuk proses pertumbuhan.

Kandungan menarik lainnya dalam nasi putih ini serat tidak larut. Hemiselulosa mengandung serat larut yang disebut pati resisten. Nasi putih ini juga dikenal dapat membantu menghilangkan sembelit dan manfaat lain seperti, menurunkan kadar kolesterol, mengontrol kadar gula, mengurangi resiko penyakit jantung dan memelihara bakteri baik dalam usus.

Senyawa

Beras ini memiliki pigmen yang merupakan varietas merah yang kaya akan antioksidan. Asam fitat merupakan antioksidan yang banyak ditemukan dalam beras merah.

Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral yang terdapat pada beras merah lumayan cukup banyak jika dibandingkan dengan beras putih. Ada seperti mineral, mangan, selenium, tiamin, niacin, magnesium, dan tembaga. Taimin ini adalah vitamin B yang berfungsi untuk membantu metabolisme karbohidrat. Sedangkan magnesium membantu reaksi enzim yang terlibat sintesis DNA. Dan mangan membantu metabolisme karbohidrat dan protein.

Karbohidrat

Kandungan karbohidrat dalam beras cukup banyak terutama dalam bentuk pati. Bahkan mencapai hingga 90 % dari total berat kering. Pati terdiri dari glukosa yang dikenal dengan amilosa dan amilopektin. Ketika dimasak pun beras ini maka tidak akan menempel.

Folat

Kandungan yang terdapat dalam beras ini salah satunya adalah folat. Folat ini membantu tubuh untuk membentuk DNA dan bahan genetik lainnya. Maka dari itu nasi putih sangat baik terutama bagi ibu hamil yang sedang membutuhkan asupan asam folat. Dalam secangkir beras mengandung 195 hingga 200 mcg. Jumlah tersebut setengah dari jumlah setiap hari yang dibutuhkan untuk dikonsumsi.

Nah demikian adalah sekilas info tentang fakta beras dan kandungan didalamnya yang perlu kamu tahu. Terutama bagi para pebisnis beras sembako. Selanjutnya kita akan mengulik sedikit kemasan beras.

Kemasan Beras

Karung Beras Plastik Bening 10 Kg

Karung plastik beras memiliki model bening, digunaka untuk isi 10 kg, menggunakan sablon 1 warna.

Kemasan Karung Beras 20 Kg

Kemasan karung beras ini untuk isi 20kg, dengan sablon 2 warna.

Plastik Beras 5 Kg Buram PE

Kemasan plastik Beras 5 Kg bahan PE buram ini di kombinasikan dengan sablon 1-3 warna.

Plastik Beras 2 Kg PP Bening

Kemasan plastik Beras 2 Kg bahan PP Bening dapat dikombinasikan dengan sablon 1-3 warna.

Sekian pembahasan kita tentang beras dan juga beberapa kemasan beras paling hits. Semoga dapat memberikan inspirasi dan pencerahan tentang kemasan beras. Semoga bermanfaat.