Makanan Jaman Dulu yang Dimodifikasi Jadi Hits dan Unik!

Makanan jaman dulu mungkin udah mulai jarang buat ditemuin di beberapa wilayah. Kalau makanan jaman dulu khas dengan cita rasa dan tampilannya yang simpel sekarang makanan jaman dulu justru dimodifikasi supaya tampil lebih menarik dan kekinian. Di dunia bisnis kuliner peluangnya memang selalu ada, bahkan semakin terbuka lebar kalau bisa memunculkan ide yang kreatif dan inovatif. Kalau kita lihat sekarang makanan jadul masih punya peluang usaha yang terbuka lebar dan penggemar setia. Mulai dari orang tua sampai anak-anak muda yang lahir jauh sebelum makanan jadul ini berjaya di masanya.

Eksistensi Makanan Jaman Dulu

Dalam dunia bisnis kuliner tren yang terjadi tentu aja ngalamin pasang surut. Bisa aja makanan A sekarang lagi ngetren, satu atau dua bulan berikutnya kalau ada inovasi makanan baru tren makanan A juga bisa redup eksistensinya. Apalagi untuk makanan kekinian yang sekarang jumlahnya udah nggak bisa dihitung lagi pakai jari. Tiap waktu ada aja inovasi makanan yang unik dan menarik. Tapi tetap dalam dunia bisnis kuliner tetep aja ada makanan yang sifatnya timeless. Contoh umumnya adalah makanan nasional yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata yaitu soto, sate, gado-gado, rendang, dan nasi goreng. Kelima makanan tersebut sampai sekarang eksistensinya nggak pernah redup meskipun banyak inovasi yang bermunculan.

paper-cup-baner-web

Makanan jaman dulu juga ada yang sifatnya timeless dan akan lebih menarik ketika dikreasikan dengan tampilan dan varian rasa yang lebih beragam dengan tanpa menghilangkan versi orisinalnya. Kalau di beberapa kota di Indonesia, makanan jadul mulai diangkat lagi dan dimodifikasi dengan tampilan yang lebih kreatif dan inovatif jadi olahan makanan kekinian yang peluang usahanya menjanjikan. Makanan jaman dulu apa aja ya kira-kira yang sekarang udah dimodifikasi jadi lebih menarik dan kekinian? Yuk cek selengkapnya di sini!

1. Pisang, Makanan Jaman Dulu Jadi Banana Nugget

Pisang, Makanan Jaman Dulu Jadi Banana Nugget

Kalau pisang identik sama sajian makanan jaman dulu yang diolah jadi pisang rebus atau pisang goreng biasa. Sekarang, pisang justru diolah jadi makanan kekinian yang tampilannya lebih unik dan kreatif. Salah satunya adalah banana nugget yang jadi salah satu jajanan kekinian yang banyak peminatnya. Pisang pada dasarnya adalah bahan makanan serba guna yang tetap enak mau diolah jadi menu apa aja. Bahkan kalau kita perhatikan, pisang juga jadi varian rasa untuk berbagai olahan makanan. Mulai dari varian rasa biskuit, roti, sereal, sampai minuman.

Banana nugget hadir jadi salah satu inovasi dalam mengolah bahan makanan pisang. Jajanan kekinian banana nugget ini tampil sebagai pisang goreng dengan tepung roti dan ditaburi beragam toping. Mulai dari toping cokelat, keju, nutela, greentea, vanila, red velvel, oreo, kacang almond, dan varian toping lainnya yang pilihannya bisa disesuaikan dengan selera. Bahkan jajanan banana nugget sekarang juga udah jadi bisnis kuliner waralaba yang tersebar di banyak wilayah di Indonesia. Kamu udah pernah cobain banana nugget? Toping favorit kamu yang apa nih?

2. Es Krim Mochi

Es Krim Mochi

Kalau kue mochi versi makanan jaman dulu olahannya hanya dijadikan kue mochi dengan isian kacang dan gula, sekarang ada olahan es krim mochi yang juga nggak kalah enak dan lezat. Kue mochi adalah kue tradisional asal Jepang yang sudah lama jadi salah satu kue favorit orang Indonesia. Bentuknya bulat, teksturnya kenyal, dan khas dengan rasa manis yang pas.

Inovasi untuk menjadikan kue mochi semakin menarik adalah dengan menghadirkan es krim mochi sebagai dessert lembut dan lezat. Kamu bisa bayangin kan sensasi ketika menggigit bulatan kue mochi yang berisi es krim lembut? Apalagi varian rasa es krim mochi juga beragam. Mulai dari es krim mochi green tea, mangga, strawberry, cokelat, oreo, vanilla, dan varian rasa es krim mochi lainnya. Yummy! Lumer ditambah sensasi dingin dan manis, dessert yang sempurna!

3. Ketan Susu

Ketan Susu

Kalau makanan jaman dulu yang satu ini selain mengenyangkan juga bisa menambah daftar jajanan enak buat dijadiin temen ngemil nih. Ketan identik sama olahan makanan tradisional, salah satunya adalah jadah ketan dengan rasa gurih yang cocok jadi teman ngopi di pagi hari. Tapi sekarang ketan hadir dengan olahan yang lebih menarik dan kekinian yaitu tansu atau ketan susu. Tansu atau ketan susu termasuk jajanan tradisional yang hits di jaman sekarang.

Jajanan ketan susu sekarang jadi makanan kekinian yang jadi favorit anak-anak muda. Selain karena rasanya memang manis dan mengenyangkan, varian toping yang ditawarkan juga beragam. Selain dilumuri dengan susu kental manis atau creamer, ketan susu juga ditambah toping yang bisa dipilih sesuai selera. Mulai dari toping keju, oreo, cokelat, kacang, almond, red velvet, green tea, dan aneka toping lainnya.

4. Makanan Jaman Dulu Leker Dikembangin Jadi Crepes

Makanan Jaman Dulu Leker Dikembangin Jadi Crepes

Leker adalah salah satu makanan jaman dulu yang berasal dari Solo. Nama leker berasal dari sebutan orang Belanda yang menyebut kue manis tipis ini “leker” ketika mencicipinya. Leker yang dimaksud itu “lecker” yang dalam bahasa Belanda artinya adalah enak atau lezat. Bentuk dari kue leker ini mirip sama martabak, tapi ukurannya lebih kecil dan adonannya lebih tipis. Ciri khas dari kue leker ini adalah adonan kue yang renyah. Kalau dulu isian leker sebatas cokelat, pisang, dan susu kental manis, sekarang isiannya makin beragam dan ukurannya makin besar. Itulah kenapa crepes muncul menjadi bagian dari inovasi kue leker.

Crepes adalah kue leker versi ukuran yang lebih besar dan isiannya lebih beragam. Mulai dari rasa manis, asin, dan gurih bisa dijadikan pilihan untuk isian crepes ini. Bahkan crepes sekarang ini juga udah mulai banyak dijadikan bisnis kuliner waralaba di banyak wilayah di Indonesia. Varian isian crepes itu banyak banget. Kalau rasa manis ada keju, cokelat, oreo, green tea, nutela, kacang almond, dan isian lainnya. Ada juga kalau yang punya selera gurih asin yaitu sosis keju mozarela, cornet, telur, ayam, daging sapi, dan isian lainnya.

5. Singkong Tela Tela

Singkong Tela Tela

Sama halnya dengan pisang goreng, singkong kalau olahan makanan jaman dulu hanya sebatas direbus atau digoreng untuk teman ngopi di pagi atau sore hari. Selain mengenyangkan, singkong juga merupakan bahan pangan yang terjangkau dan mudah didapatkan. Olahan singkong biasanya identik dengan makanan tradisional seperti lepet, lemet, sawut, combro dan masih banyak lagi. Tapi sekarang sngkong juga dikreasikan jadi jajanan yang hits dan kekinian. Salah satunya adalah tela-tela singkong.

Sebenernya tela-tela singkong juga sama dengan singkong goreng biasa. Tapi yang membedakan dan bikin tela-tela singkong lebih menarik adalah dari tampilannya yang lebih simpel dan varian rasanya yang lebih beragam. Tela-tela singkong bentuknya mirip irisan kentang goreng, kemudian setelah digoreng matang ditaburi dengan berbaga pilihan bumbu bubuk. Selain mengeyangkan rasa gurih dari tela-tela singkong ini cocok jadi temen ngemil.

Itulah lima makanan jaman dulu yang sekarang dimodifikasi jadi snack kekinian. Apakah kamu tertarik untuk bikin usaha kuliner dari ide makanan jadul ini? Meski pun nantinya makanan yang kamu jual adalah jajanan jadul salah satu yang bisa bikin tampilannya lebih kekinian selain inovasi makanannya adalah dari inovasi kemasan jajanan jadul. Hal ini tentu aja bukan tanpa alasan karena kemasan makanan adalah salah satu unsur penting dalam membangun sebuah brand. Kalau tampilannya makin keren dan kekinian udah pasti makin menarik calon konsumen buat beli kan?

Nah kalau urusan kemasan kamu bisa konsultasikan kemasan snack kekinian dengan menghubungi kontak tim diKemas.com di bawah ini!

Tinggalkan komentar