Mengenal Kopi Jawa Paling Legendaris Yang Dulu Jadi Primadona

 

Kopi Jawa adalah salah satu kopi nusantara yang sudah dikenal sejak abad ke 18 di dunia Internasional. Kopi ini dulunya memang menjadi salah satu kopi favorit dan primadona. Aroma yang khas membuat kopi yang satu ini banyak penggemarnya dan menjadi andalan kedai kopi pada dulunya.

paper-cup-baner-web

Kopi Jawa adalah salah satu kopi yang memiliki kualitas super. Salah satu kopi yang terkenal adalah Kopi Jawa (Java). Memang pada dasarnya semua kopi dari nusantara memang rata – rata nikmat karena memiliki karakter dan juga cita rasa yang khas sendiri – sendiri. Tak terkecuali dengan Kopi Jawa yang satu ini, menjadi salah satu kopi ternikmat di dunia.

Sesuai namanya kopi ini adalah kopi khas dan asli dari pulau Jawa. Mutu dan cita rasa Kopi Jawa memang tidak bisa diragukan lagi, rasanya memang mantap dan aromanya sangat khas menjadi daya tarik tersendiri dari kopi yang satu ini. Kopi Jawa ini terkenal dengan jenis kopi arabica. Meskipun harganya terbilang cukup mahal namun penggemar kopi arabica jawa ini tetap banyak penggemarnya. Yuk kenalan lebih jauh lagi sama Kopi Jawa tentang karakteristik, cita rasa, ciri khas, aroma, kelebihan dan juga potensinya.mengenal-kopi-jawa-paling-legendaris-yang-dulu-jadi-primadona

KOPI JAWA

Daerah Asal Kopi Jawa

Kopi Jawa berasal dari Pulau Jawa asli yang tumbuh diatas ketinggian pegunungan sekitar 1.400 mdpl. Kopi ini dibudidayakan pertama kali oleh Belanda pada abad ke 18. Produksi kopi arabica ini terpusat di Pegunungan Ijen. Pada bagian ujung timur pulau Jawa. Kopi Jawa ini memang sangat khas dan memiliki karakter kuat. Berbeda dengan Kopi Sumatera dan Sulawesi yang mana diproses secara basah. Aromanya yang cukup tipis dan tingkat keasaman yang cukup rendah. Cita rasa yang khas dari Kopi Jawa ini adalah karakter rempahnya. Hal ini dipengaruhi oleh lingkungan dari tanaman kopi ini sendiri. Kondisi tanah, suhu udara serta kelembaban udara juga turut mempengaruhi aroma dan rasa dari kopi ini.

Karateristik Kopi Jawa

Kopi Jawa ini memiliki karateristik rasa yang cenderung tidak terlalu asam, dan memiliki rasa rempah. Karakternya beraroma tipis dengan kekentalan rasa yang seimbang. Metode pengolahan kopi yang satu ini yakni dengan menggunakan giling basah. Ini yang menjadikan cita rasanya tidak sekuat kopi dari Sumatera dan Sulawesi. Dengan karakternya yang menarik dan unik inilah yang menjadi alasan kopi ini digemari oleh para pecinta kopi dunia. Aroma rempah dan herbal inilah yang menjadi ciri khas rasa dari Kopi Jawa.

Ciri Khas

Ciri dari Kopi Jawa Arabica ini yakni memiliki biji yang lebih kecil jika dibandingkan dengan kopi robusta. Kandungan kafeinnya cukup rendah dan memiliki aroma khas yang sangat nikmat. Kandungan kafein yang ada didalamnya cukup rendah. Aroma rempah yang sangat tipis inilah yang menjadikan kekentalan dan keasamannya cukup medium dan rasanya pun seimbang.

Kelebihan Kopi Jawa

Keunggulan dari Kopi Jawa ini memiliki cita rasa yang sangat unik dan memiliki ciri khas tersendiri. Seduhan kopi dari pulau Jawa ini memiliki aroma rempah – rempah yang sangat khas yang menjadikan penggemarnya cukup banyak dari berbagai negara. Tak heran lagi tentunya jika dulunya Kopi Jawa Arabica ini menjadi kopi legendaris dan ternikmat karena karakternya yang cukup unik.

Kualitas kopi ini juga sangat super, cita rasa yang tinggi serta aroma khas rempah menjadikahnya sangat khas. Para pecinta kopi menyebut aroma rempah pada kopi ini sangat harum dan nikmat yang tidak akan didapat di kopi lain. Tingkat kekentalan kopi ini juga tidak terlalu tinggi. Maka dengan karakter menarik dan kelebihan yang dimilikinya banyak orang mengatakan kopi ini merupakan salah satu rajanya kopi arabica.

Menarik sekali ya fakta – fakta tentang Kopi Jawa ini. Karakter dan ciri khas yang unik setiap kopi menjadikan daya tarik tersendiri. Tidak bisa dibandingkan ciri khas dan karakter antara kopi satu dengan yang lainnya. Semua memiliki ciri khas masing – masing yang menjadikanya banyak penikmatnya. Nah berikut ini adalah kemasan Kopi Jawa Arabica yang paling sering digunakan oleh para pelaku bisnis kopi di dunia.

Kemasan Kopi Jawa

Standing Pouch Aluminium Foil

Kemasan ini namanya standing pouch aluminium foil yang sedang hits dan paling banyak digunakan saat ini. Bahanya adalah laminasi bagian luarnya doff atau istilah lainnya laminasi mate. Dilengkapi dengan zipper lock untuk tutup ulang kemasan, model stand pouch doff aluminium foil banyak dipakai para pelaku bisnis kopi bubuk maupun biji kopi.

Terbuat dari bahan full aluminium foil dengan kualitas food grade premium, kemasan stand pouch ini punya beberapa varian warna yakni hitam, gold, putih. Dan menariknya sekarang standing pouch ini ada beberapa warna loh. Bisa disablon dengan desain menarik dan kekinian juga. Sisi depan dan belakangnya juga bisa disablon maupun di tempelin stiker buat nunjukin produk brandmu.

standing-pouch-aluminium-foil-kopi-jawa

Kelebihan kemasan stand pouch :

  1. Laminasi pada kemasan stand pouch aluminium foil hitam dan putih, banyak dicari para pelaku usaha kopi karena kemasan terlihat lebih elegan dan eksklusif.
  2. Stand pouch kopi dari aluminium foil ini dilengkapi dengan zipper lock yang berfungsi sebagai pengaman ekstra, sehingga aroma dan kualitas kopi masih bisa tetap terjaga meski kemasan sudah dibuka segelnya oleh para konsumen.
  3. Tidak hanya itu saja, kemasan kopi ini jg bisa ditambahkan lubang valve udara, sehingga konsumen bisa mencium aroma kopi tanpa menyebabkan udara luar masuk ke dalam kemasan.
  4. Untuk mempercantik kemasan, pelaku bisnis kopi juga bisa menambahkan sticker brand atau merk yang dipasarkan.

Standing Pouch Craft

kemasan berikut ini adalah standing pouch craft, kemasan ini terbuat dari kertas coklat dan laminasi dalamnya alufoil. Berlaminasi dalam alufoil membuat produk bubuk tidak mudah menggumpal dan tetap menjaga aroma kopi lebih lama. Untuk menutup kemasan ini bisa menggunakan mesin handsealer.
Kemasan ini juga bisa diaplikasikan menggunakan sablon ataupun stiker untuk cetak desainnya. Gratis desain untuk setiap pembelian kemasan. Kemasan ini juga bisa ditambah dengan lubang valve ( lubang hirup untuk aroma kopi.
standing-pouch-craft-kopi-jawa
Kelebihan dari kemasan standing pouch craft ini adalah bahannya yang sangat elegan, kemasan ini juga bisa dilengkapi denģan window yang akan membuat produk kamu terlihat dari luar kemasan sehingga tampak lebih menarik. Menariknya lagi kemasan ini ditambah dengan adanya zipper lock sehingga ketika produk dibuka bisa ditutup kembali tanpa takut tumpah.
Menariknya lagi standing pouch ini juga bisa dikombinasikan dengan window. Sehingga kopi dalam kemasan bisa dilihat dari luar. Tentunya dengan begitu produk akan tampak lebih menarik.

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar