Tips Kemasan

Mengenal Kopi Solok Radjo, Kopi Primadona Dari Minang

Mengenal Kopi Solok Radjo, Kopi Primadona Dari Minang

Kopi Solok merupakan salah satu kopi nusantara yang berasal dari daerah Sumatera Barat. Dilihat dari namanya saja sudah dengan mudah tertebak jika kopi ini berasal dari Kabupaten Solok. Kopi ini adalah salah satu jenis arabica dengan grade specialty coffee.

Gimana nih sudah pernah dengar jenis kopi yang satu ini? Atau bahkan sudah pernah mencoba kopi asal Sumatera ini? Buat yang belum tahu dan penasaran jenis kopi yang satu ini. Yuk kita simak pembahasanya dibawah ini.

Nah kopi ini termasuk kopi yang istimewa dan digemari oleh para penikmat kopi dunia karena tastenya. Karakter aroma dan rasa yang sangat kuat dan berkarakter ini menjadikanya cukup dikenal di kalangan pecinta kopi dunia. Salah satu negara penikmat kopi yang satu ini adalah Thailand, Australia dan Italia.

Selain kini sedang naik daun dan banyak menjadi topik pembicaraan di kalangan penikmat kopi di tanah air. Ternyata kopi ini mampu menembus pasar internasional dan permintaan pasarnya cukup banyak. Kopi Solok ini disebut juga Kopi Solok Minang dan ditanam di daerah Gunung Talang dan Danau Kembar yang memiliki suhu dingin dan kaya humus.

KOPI ARABICA SOLOK

Daerah Asal

Kopi Arabica Solok ini merupakan kopi yang berasal dari Sumatera Barat. Kopi ini berasal dari daerah dataran tinggi di Sumbar di Kabupaten Solok. Tanaman biji kopi ini tumbuh subur di atas ketinggian 1.200 sampai 1900 mdpl. Uniknya kopi ini juga diproduksi secara tradisional. Proses penanamannya pun masih ditanam dengan cara yang alami. Maka bisa dikatakan kopi ini adalah kopi organik yang tanpa menggunakan pestisida dan bahan kimia.

Karakteristik

Kopi ini memiliki karakter yang berbeda dan cukup unik, memang kopi yang berasal dari nusantara Indonesia ini sangat kaya akan rasa. Berbagai jenis kopi memiliki karakter rasa dan aroma yang berbeda dan sangat khas.

Nah untuk kopi solok ini memiliki rasa yang lebih ringan dibandingkan dengan kopi pada umumnya. Aroma yang lebih dominan adalah aroma rempah. Karakter yang paling kuat pada kopi ini memiliki rasa lemon dan cokelat. Beberapa para pecinta dan penikmat kopi menyampaikan jika karakternya ini mirip dengan kopi Afrika.

Kelebihan

Jika dibandingkan dengan jenis kopi lainnya Kopi Solok ini memiliki kelebihan dari aromanya yang sangat rempah. Yakni aroma rempah yang sangat khas, selain itu juga ada aroma rasa citrus (lemon) dan cokelat yang menjadikan kopi ini rasanya sangat nikmat. Body nya yang cukup manis dan aromanya yang sangat banyak.

Nah itu tadi sedikit pembahasan kita tentang Kopi Solok yang jarang dikenal oleh masyarakat. Buat kalian yang mau jualan kopi penting nih buat memahami dan mengenal beberapa jenis kopi yang ada di nusantara. Salah satunya kopi yang satu ini, selain memiliki keunikan dan karakteristik yang khas. Kopi ini juga tak kalah nikmat dengan kopi lainnya.

Sekian pembahasan kita tentang Kopi Solok, selanjutnya akan kita sedikit bahas tentang referensi kemasan kopi yang paling banyak digunakan dan favorit para pengusaha kopi. Mau tahu ada kemasan apa saja? Berikut ini adalah salah satunya, semoga bisa menginspirasi.

KEMASAN KOPI SOLOK

Stand Pouch Aluminium Foil White Window

Deskripsi bahan

Kemasan ini namanya standing pouch aluminium foil yang sedang hits dan paling banyak digunakan saat ini. Bahanya adalah laminasi bagian luarnya doff atau istilah lainnya laminasi mate. Dilengkapi dengan zipper lock untuk tutup ulang kemasan, model stand pouch doff aluminium foil banyak dipakai para pelaku bisnis kopi bubuk maupun biji kopi.

Terbuat dari bahan full aluminium foil dengan kualitas food grade premium, kemasan stand pouch ini punya beberapa varian warna yakni hitam, gold, putih dan masih banyak lagi. Dan menariknya sekarang standing pouch ini ada beberapa warna loh. Bisa disablon dengan desain menarik dan kekinian juga. Sisi depan dan belakangnya juga bisa disablon maupun di tempelin stiker buat nunjukin produk brand kamu.

Kelebihan kemasan stand pouch :

  1. Laminasi pada kemasan stand pouch aluminium foil hitam, putih, gold, hijau, merah dsb. Banyak dicari para pelaku usaha kopi karena kemasan terlihat lebih elegan dan eksklusif.
  2. Stand pouch kopi dari aluminium foil ini dilengkapi dengan zipper lock yang berfungsi sebagai pengaman ekstra, sehingga aroma dan kualitas kopi masih bisa tetap terjaga meski kemasan sudah dibuka segelnya oleh para konsumen.
  3. Tidak hanya itu saja, kemasan kopi ini jg bisa ditambahkan lubang valve udara, sehingga konsumen bisa mencium aroma kopi tanpa menyebabkan udara luar masuk ke dalam kemasan.
  4. Untuk mempercantik kemasan, pelaku bisnis kopi juga bisa menambahkan sticker brand atau merk yang dipasarkan.
  5. Bisa ditambahkan window untuk melihat produk yang ada di dalam kemasan.

Standing Pouch Craft

Deskripsi bahan

Kemasan berikut ini adalah standing pouch craft, kemasan ini terbuat dari kertas coklat dan laminasi dalamnya alufoil. Berlaminasi dalam alufoil membuat produk bubuk tidak mudah menggumpal dan tetap menjaga aroma kopi lebih lama.

Untuk menutup kemasan ini bisa menggunakan mesin handsealer. Kemasan ini juga bisa diaplikasikan menggunakan sablon ataupun stiker untuk cetak desainnya. Gratis desain untuk setiap pembelian kemasan. Kemasan ini juga bisa ditambah dengan lubang valve (lubang hirup untuk aroma kopi).

Kelebihan kemasan

Kelebihan dari kemasan standing pouch craft ini adalah bahannya yang sangat elegan, kemasan ini juga bisa dilengkapi denģan window yang akan membuat produk kamu terlihat dari luar kemasan sehingga tampak lebih menarik. Menariknya lagi kemasan ini ditambah dengan adanya zipper lock sehingga ketika produk dibuka bisa ditutup kembali tanpa takut tumpah.

Kemasan Sachet

Deskripsi

Kemasan kopi sachet biasanya diproduksi dengan bahan aluminium foil, ataupun sachet metalize. Kedua bahan kemasan kopi sachet ini sering direkomendasikan karena cukup efektif untuk mempertahankan kualitas aroma dan citarasa kopi yang ada di dalamnya.

Kebanyakan kemasan kopi model sachet dipasarkan dengan takaran 2 gram, 5 gram, 7 gram, 8 gram, sampai 10 gram (takaran sekali minum).

Dikemas dengan bantuan mesin pengemas otomatis model three side seal, produsen bisa mengemas produk kopi sachet dengan rentang waktu yang sangat singkat karena dalam satu menit bisa menghasilkan puluhan kemasan kopi dalam bentuk sachet.

Demikian pembahasan kita tentang Kopi Solok dan referensi kemasan Kopi paling populer. Semoga membantu dan bermanfaat.