Mengulik Lebih Jauh Kopi Bali Yang Unik dan Langka

Kalo ngomongin soal Kopi Bali kebanyakan orang akan lebih mengenal dan menyebut Kopi Kintamani. Padahal di Bali tidak hanya memiliki Kopi Kintamani saja, namun juga ada Kopi Mengani. Meskipun kurang mendapat perhatian khusus dan kurang populer, kopi ini tak kalah menarik dan tak kalah nikmat jika dibandingkan dengan Kopi Kintamani.
Ada banyak tentang sejarah kopi di Bali ini. Kita akan bahas Kopi Bali yakni Kopi Kintamani dan Kopi Mengani. Berbeda dengan kopi – kopi di daerah nusantara, keunikannya dari sejarah Kopi Bali ini tidak dipelopori oleh pemerintahan Belanda. Namun berasal dari Pedagang Lombok yang membawa bibit kopi ke Bali pada abad ke 20.
Jika dibandingkan dengan daerah lain perkebunan di Bali ini memang bisa dikatakan paling muda. Kesuburan tanah vulkanis dan iklim di daerah Bali memang sangat cocok dan ideal untuk pertumbuhan kopi. Pada saat itu kopi yang dibawa oleh para pedagang Lombok adalah jenis Robusta, yang mana jenis kopi ini tahan hama dan memiliki kadar kafein yang cukup tinggi. Nah kita akan bahas 2 macam Kopi Bali yang nikmat dan unik, yakni Kopi Kintamani dan Kopi Mengani. Yuk langsung kita simak aja !
mengulik-lebih-jauh-kopi-bali-yang-unik-dan-langka

KOPI BALI MENGANI

Daerah Asal Kopi Bali Mengani

Kopi Bali Mengani adalah salah satu kopi bali kelas dunia yang sudah di ekspor di dunia sejak tahun 1825. Kopi ini ditanam di Desa Mengani, Bangjil, Bali. Jenis kopi ini tumbuh diatas ketinggian 1.000 – 1.200 mdpl.
Menariknya kopi yang satu ini merupakan biji kopi yang sangat unik dan langka. Dikatakan unik karena kopi ini memiliki keunggulan dalam hal karateristik yakni aroma granola yang menjadi salah satu ciri khas kopi ini. Meskipun persebaran kopi yang satu ini masih belum meluas namun soal rasa tak bisa diragukan lagi.

Karateristik Kopi Bali Mengani

Karakter Kopi Mengani ini sudah dikenal dan di budidayakan di Bali sejak tahun 1992. Dan sejak zaman dulu diekspor di negara lain seperti Amerika dan Eropa. Dalam sekali panen di Bali ini bisa mencapai hingga 14 ton biji kopi dengan kualitas baik. Biji Kopi Mengani ini memiliki ciri khas warnanya kuning langsat dan masuk dalam jenis kopi arabica. Semakin besar ukuran biji kopi ini maka akan semakin menyimpan rasa yang lebih kompleks.

Ciri Khas

Ciri dari Kopi Bali Mengani ini adalah memiliki ciri fisik buahnya besar, gemuk. Semakin besar ukuran biji kopi ini maka semakin menyimpan rasa kopi yang kompleks. Aroma dari kopi yang satu ini sangat harum yang khas. Bahkan memiliki karateristik aroma granola, tamarin dan buah jeruk yang menjadi salah satu ciri khas kopi ini. Meskipun kopi yang satu ini jarang terekspose namun untuk soal rasa tak kalah dengan Kopi Kintamani. Kopi ini masuk dalam ketegori jenis kopi arabica sehingga memiliki warna kuning langsat dan bentuk biji kopi yang gemuk.

Kelebihan Kopi Bali Mengani

Kopi mengani ini menjadi salah satu kopi yang sangat unik dan juga langka karena hanya tumbuh di Bali. Selain karena aroma dan rasanya yang unik, karena ada rasa khas granola dan tamarin. Rasanya tentu juga khas sehingga banyak disukai oleh para pecinta kopi diseluruh dunia.
Biji kopi yang dihasilkan sangat berkualitas karena ditanam dan dirawat dengan sepenuh hati. Sehingga rasanya pun juga berkarakter, proses pengolahan yang menggunakan natural proses sehingga faktor cuaca sangat menentukan kualitas biji kopi. Untuk menghasilkan rasa yang sweet caramel maka biji Kopi Bali Mengani ini diproses roasting sampai pada medium roast.
KOPI BALI KINTAMANI

Daerah Asal Kopi Bali Kintamani

Daerah Kintamani, Bangli Provinsi Bali adalah daerah penghasil Kopi Bali Kintamani ini. Kopi ini tumbuh diatas 900 mdpl di kawasan lereng gunung berapi batur. Kawasan pegunungan ini memiliki udara yang dingin dan kering. Dengan curah hujan yang banyak selama 6 bulan musim hujan. Kopi ini dikelola oleh para petani sekitar dan diberikan pupuk organik.

Jenis Kopi Bali Kintamani ini adalah jenis kopi arabica sehingga tidak heran jika perawatanya lumayan agak sulit. Keunikan dari kopi ini memiliki cita rasa yang khas yakni aroma citrus. Kadar kefeinnya cukup rendah sehingga tingkat keasamannya juga rendah. Hal ini yang menjadikan kopi ini diminati di seluruh dunia.

Karateristik Kopi Bali Kintamani

Karakter dari Kopi Bali Kintamani ini adalah adanya rasa asam segar seperti buah jeruk (citrusy) dan uniknya tidak meninggalkan rasa di mulut setelah meneguknya. Bentuk bijinya medium dan aroma yang dihasilkan dari kopi ini cukup kuat dan manis. Jika kebanyakan kopi di nusantara memiliki karateristik yang unik dengan khas rasa rempah. Berbeda dengan kopi ini malah justru ada rasa buah segar. Tentu kopi ini sangat cocok buat para pecinta kopi yang tidak terlalu menyukai rasa yang pahit.

Metode penyajian yang cocok dan nikmat untuk menikmati secangkir kopi ini salah satunya dengan cara tradisional dengan metode tubruk dan kemudian diberi gula. Rasa dari Kopi Bali Kintamani ini memang tidak bisa diragukan lagi. Memang sangat nikmat, dan untuk menikmatinya bisa secara single origin atau bisa juga dengan pelengkap lainya dengan cara di blend.

Ciri Khas

Salah satu ciri khas yang paling mudah untuk dibedakan kopi yang satu ini adalah green bean dimana ukurannya lebih besar dari arabica pada umumnya. Cita rasa dari Kopi Bali Kintamani ini adalah memiliki tingkat keasaman yang reguler, bermutu dan memiliki intensitas aroma yang kuat.

Rasa khas yang kuat dengan aroma rasa jeruk dan jeruk nipis. Kekentalan kopi yang satu ini bisa dikatakan sedang. Sehingga kopi ini memiliki cita rasa yang tinggi. Kopi ini tidak terlalu pahit dan tidak terlalu sepat. Hal ini dipengaruhi oleh cara petiknya, jadi sama sekali tidak terdapat cacat rasa.

Kelebihan Kopi Bali Kintamani

Kopi Bali Kintamani ini memiliki beberapa keunggulan diantaranya adalah cita rasa yang sangat khas, tahan dengan hama penyakit, berbuah sangat lebat. Beberapa keunggulan dari kopi ini telah diakui oleh konsumen mancanegara. Proses pengolahan biji kopi ini melalui tahap fermentasi selama 12 sampai 36 jam dan dikeringkan secara alami dengan dijemur dibawah terik matahari.

Kopi – kopi tersebut tumbuh subur dikawasan pegunungan Bali, potensi dari hasil panennya pun sangat melimpah dan menjanjikan. Tentunya jika mampu memanfaatkan peluang tersebut bisa menjanjikan apabila ditekuni mengingat kopi di Bali sudah dikenal dan disukai di mancanegara. Bahkan sudah sejak zaman dulu kopi – kopi ini populer dan diekspor karena keunikan rasanya dan juga langka dibandingkan dengan kopi nusantara lainnya. Nah berikut ini kita juga akan bahas mengenai beberapa kemasan kopi yang biasanya digunakan dan menjadi favorit para pelaku bisnis Kopi Bali.

Kemasan Kopi Bali Kintamani

Standing Pouch Aluminium Foil

standing-pouch-aluminium-foil-kopi-bali-kintamani

Kemasan ini namanya standing pouch aluminium foil yang sedang hits dan paling banyak digunakan saat ini. Bahanya adalah laminasi bagian luarnya doff atau istilah lainnya laminasi mate. Dilengkapi dengan zipper lock untuk tutup ulang kemasan, model stand pouch doff aluminium foil banyak dipakai para pelaku bisnis kopi bubuk maupun biji kopi.

Terbuat dari bahan full aluminium foil dengan kualitas food grade premium, kemasan stand pouch ini punya beberapa varian warna yakni hitam, gold, putih. Dan menariknya sekarang standing pouch ini ada beberapa warna loh. Bisa disablon dengan desain menarik dan kekinian juga. Sisi depan dan belakangnya juga bisa disablon maupun di tempelin stiker buat nunjukin produk brandmu.

Kelebihan kemasan stand pouch :

  1. Laminasi pada kemasan stand pouch aluminium foil hitam dan putih, banyak dicari para pelaku usaha kopi karena kemasan terlihat lebih elegan dan eksklusif.
  2. Stand pouch kopi dari aluminium foil ini dilengkapi dengan zipper lock yang berfungsi sebagai pengaman ekstra, sehingga aroma dan kualitas kopi masih bisa tetap terjaga meski kemasan sudah dibuka segelnya oleh para konsumen.
  3. Tidak hanya itu saja, kemasan kopi ini jg bisa ditambahkan lubang valve udara, sehingga konsumen bisa mencium aroma kopi tanpa menyebabkan udara luar masuk ke dalam kemasan.
  4. Untuk mempercantik kemasan, pelaku bisnis kopi juga bisa menambahkan sticker brand atau merk yang dipasarkan.

Standing Pouch Craft

standing-pouch-craft-kopi-bali-kintamani

kemasan berikut ini adalah standing pouch craft, kemasan ini terbuat dari kertas coklat dan laminasi dalamnya alufoil. Berlaminasi dalam alufoil membuat produk bubuk tidak mudah menggumpal dan tetap menjaga aroma kopi lebih lama. Untuk menutup kemasan ini bisa menggunakan mesin handsealer.
Kemasan ini juga bisa diaplikasikan menggunakan sablon ataupun stiker untuk cetak desainnya. Gratis desain untuk setiap pembelian kemasan. Kemasan ini juga bisa ditambah dengan lubang valve ( lubang hirup untuk aroma kopi ).
Kelebihan dari kemasan standing pouch craft ini adalah bahannya yang snagat elegan, kemasan ini juga bisa dilengkapi denģan window yang akan membuat produk kamu terlihat dari luar kemasan sehingga tampak lebih menarik. Menariknya lagi kemasan ini ditambah dengan adanya zipper lock sehingga ketika produk dibuka bisa ditutup kembali tanpa takut tumpah.

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar