Menelisik Kopi Toraja Sulawesi, Kopi Eksotis Nusantara

 

Kopi Toraja Sulawesi merupakan salah satu kopi terbaik nusantara yang kini sudah dikenal oleh pasar Internasional. Jenis kopi toraja ini ada 2 varian yakni robusta dan arabica. Kopi toraja ini terkenal sangat eksotis karena dikenal sangat nikmat dan khas. Tidak hanya keindahan pulau, sejumlah objek wisata alam dan budayanya saja. Toraja dikenal kopinya yang sangat berkualitas dengan cita rasa dan karateristik yang sangat unik. Kopi Toraja Sulawesi ini dikenal dan menjadi komoditi bisnis kuliner di beberapa negara asia maupun eropa. Kopi ini salah satu varian kopi yang cukup populer karena kualitasnya yang tidak diragukan lagi. Menariknya kopi ini tumbuh subur di bumi Toraja yang berada di daerah daratan tinggi dengan iklim yang dingin.menelisik-kopi-toraja-sulawesi-kopi-eksotis-nusantara

paper-cup-baner-web

Memang sudah sejak dulu wilayah timur Indonesia ini menyimpan daya tarik dalam segala hal yang tidak bisa disebutkan satu per satu. Bahkan tak henti – hentinya selalu membuat kita takjub dengan keajaiban keindahan yang berada di daerah Toraja ini. Keindahan pemandangan, kebudayaan, termasuk kopi dari daerah ini sudah sejak dulu menjadi idola. Bagi yang sudah pernah mencoba Kopi Toraja ini pasti akan ketagihan karena rasanya yang ajaib. Beberapa orang bahkan menganggap kopi dari daerah timur di nusantara menyerupai kopi afrika. Hal ini tentu karena rasanya yang cenderung manis dan lebih memiliki karakter buah maupun rempah. Nah Kopi Toraja ini masuk menjadi salah satu kopi yang sangat eksotis karena memiliki rasa yang unik dan ajaib ini.

KOPI TORAJA SULAWESI

Daerah Asal Kopi Toraja Sulawesi

Daerah Rantepao adalah sebuah daerah yang cukup terkenal karena merupakan daerah penghasil kopi di toraja. Sapan di kabupaten Toraja Utara dan Pango – pango di kabupaten Tana Toraja. Kopi ini tumbuh di atas pegunungan atau dataran tinggi Sasean. Dan tumbuh subur di kawasan tanah vulkanik pada ketinggian mencapai 1400 – 2100 mdpl. Pohon kopi ini ditanam berjejer dengan aneka tanaman rempah – rempah. Kopi Toraja ini tidak terlalu harum namun agak lembut. Sedangkan untuk cita rasa kopi arabica Toraja ini tajam dengan aroma harum yang sangat memikat.

Karateristik Kopi Toraja Sulawesi

Karakter dari Kopi Toraja Sulawesi ini adalah memiliki ciri khas body yang tebal. Kadar kafein dalam kopi yang satu ini cukup rendah sehingga rasa asamnya tidak berlebihan. Rasanya cukup dominan dengan rasa coklat dan earthy. Rasa kopi Toraja ini terkenal sangat kuat sehingga menjadi favorit penikmat kopi di dunia.

Ketika secangkir kopi toraja ini diteguk maka mulut akan mendapat sensasi rasa yang menempel di langit – langit. Maka tak heran ya jika karateristiknya ini menjadikan harganya cukup tinggi di negara Eropa Utara. Bahkan menariknya kopi ini dianggap minuman yang sangat mewah.

Proses pulping kopi ini yang menggunakan metode semi washed atau giling basah menjadikan karakter rasanya memiliki kadar asam rendah. Rasa yang sangat terasa adalah rempah yang sangat kuat dan coklat hitam. Rasa seperti ini sangat disukai oleh negara Eropa Utara.

Ciri Khas

Ciri khas dari Kopi Toraja ini adalah pada bijinya memiliki bentuk dan ukuran yang tidak teratur dengan warna coklat tua. Hal ini menjadikan bentuk kopi Toraja sangat mudah untuk dikenali. Aromanya yang sangat harum dan khas menjadi karateristik meski pada saat pertama membuka kemasan. Menariknya kopi ini memiliki cita rasa aroma buah dan rempah yang sangat kuat. Rasanya tidak terlalu pahit saat dikonsumsi. Kadar kafeinnya cukup rendah sehingga tingkat asamnya pun rendah. Bagi para pecinta kopi yang memiliki masalah dengan lambung, kopi ini cukup aman untuk dikonsumsi. Keistimewaan inilah yang menjadikan kopi Toraja sangat disukai oleh para pecinta kopi di dunia.

Kelebihan Kopi Toraja Sulawesi

Kopi Toraja ini menjadi salah satu kopi yang sangat istimewa dan eksotis yang tidak hanya banyak digemari masyarakat nusantara maupun mancanegara. Salah satu yang menjadi alasannya karena kopi Toraja memiliki keunikan cita rasa dan juga aroma yang sangat khas. Karateristiknya yang menarik menjadikanya sangat unik dan terkesan eksotis. Biji kopi pilihan ini sangat berkualitas bukan tanpa melalui proses penanaman dan juga panen yang tepat. Perawatan yang sulit dan telaten ini menjadikan kualitas kopi semakin memiliki karakter unik. Proses panen kopinya saja sangat selektif. Hanya yang sudah tua saja yang dipanen.

Proses pengolahannya pun menggunakan metode giling basah, sehingga rasa asamnya rendah dan tidak pahit. Aroma dan cita rasa rempah yang kuat menjadikanya istimewa. Meskipun ada 2 jenis kopi Toraja yang terkenal yakni arabica dan robusta. Namun jenis kopi Toraja yang paling terkenal adalah arabica. Lokasi tanamnya pun sangat mendukung untuk jenis arabica ini.

Potensi Kopi Toraja Sulawesi

Kopi Toraja merupakan jenis kopi arabica yang disebut dengan queen of coffee. Ciri khas kopi seperti bau tanah. Pahitnya cukup menonjol namun kadar asam rendah. Sehingga tidak membuat mual saat dinikmati dan menjadi salah satu kopi yang menjadi favorit para pecinta kopi dunia. Kopi ini sudah jauh dikenal sejak zaman dulu dan menjadi salah satu kopi Indonesia yang di ekspor dengan permintaan yang cukup tinggi. Kopi ini kenikmatanya bisa disandingkan dengan kopi gayo, kopi luwak maupun kopi berkarakter kuat dan khas lainnya.

Untuk harganya sendiri di Indonesia tergolong memiliki nilai jual yang tinggi. Tentu hal ini wajar karena Kopi Toraja terkenal jenis kopinya arabica. Selain itu kualitas kopinya sangat baik dan ditanam, di panen dan di proses melalui beberapa tahapan dan seleksi yang sangat bagus. Secara umum biji kopi Toraja ini terbagi dalam 2 pilihan. yakni roasted bean atau kopi yang telah disangrai dan green bean atau kopi yang masih dalam bentuk biji kopi yang segar dan belum diolah.

Sepertinya menarik sekali untuk berbisnis kopi setelah mengetahui sedikit informasi menariknya Kopi toraja Sulawesi ini. Nah tak heran dong ya apabila sekarang ini sudah banyak kedai kopi yang menawarkan secangkir dan segelas kopi nusantara. Nah berikut ini adalah beberapa contoh kemasan yang biasa dipakai oleh para pebisnis kopi.

Kemasan Kopi Toraja Sulawesi

Standing Pouch Printing Glossy


standing-pouch-printing-glossy

Kemasan yang satu ini bernama standing pouch alupaper printing glossy terbuat dari bahan aluminium foil di bagian dalam dan bagian luar dilaminasi art paper yang bisa diprint dengan desain merk/ brand produk sesuai dengan kebutuhan para pelaku bisnis kopi.

Tak berbeda jauh dari standing pouch printing doff diatas hanya saja perbedaanya bahannya. Jika standing pouch glossy ini kemasan jadi lebih mengkilap dan lebih menonjol. Sehingga cukup menarik perhatian karena terlihat menawan, mewah dan elegan.

Standing Pouch Aluminium Foilstanding-pouch-aluminium-foil-toraja

Kemasan ini namanya standing pouch aluminium foil yang sedang hits dan paling banyak digunakan saat ini. Bahanya adalah laminasi bagian luarnya doff atau istilah lainnya laminasi mate. Dilengkapi dengan zipper lock untuk tutup ulang kemasan, model stand pouch doff aluminium foil banyak dipakai para pelaku bisnis kopi bubuk maupun biji kopi.

Terbuat dari bahan full aluminium foil dengan kualitas food grade premium, kemasan stand pouch ini punya beberapa varian warna yakni hitam, gold, putih. Dan menariknya sekarang standing pouch ini ada beberapa warna loh. Bisa disablon dengan desain menarik dan kekinian juga. Sisi depan dan belakangnya juga bisa disablon maupun di tempelin stiker buat nunjukin produk brandmu.

Kelebihan kemasan stand pouch :

  1. Laminasi pada kemasan stand pouch aluminium foil hitam dan putih, banyak dicari para pelaku usaha kopi karena kemasan terlihat lebih elegan dan eksklusif.
  2. Stand pouch kopi dari aluminium foil ini dilengkapi dengan zipper lock yang berfungsi sebagai pengaman ekstra, sehingga aroma dan kualitas kopi masih bisa tetap terjaga meski kemasan sudah dibuka segelnya oleh para konsumen.
  3. Tidak hanya itu saja, kemasan kopi ini jg bisa ditambahkan lubang valve udara, sehingga konsumen bisa mencium aroma kopi tanpa menyebabkan udara luar masuk ke dalam kemasan.
  4. Untuk mempercantik kemasan, pelaku bisnis kopi juga bisa menambahkan sticker brand atau merk yang dipasarkan.

Standing Pouch  Printing  Doff

standing-pouch-printing-doff-toraja

Kemasan ini namanya standing pouch alupaper printing doff terbuat dari bahan aluminium foil di bagian dalam dan bagian luar dilaminasi art paper yang bisa di print dengan desain merk/ brand produk sesuai dengan kebutuhan para pelaku bisnis kopi.

Pada umumnya kemasan stand pouch alupaper ini dipilih para pelaku bisnis kopi yang ingin naik kelas dengan kemasan yang sudah dibranding dengan merk/ brand produk yang dipasarkan, namun dengan minimal order yang masih cukup terjangkau. Kemasan stand pouch printing ini bagian dalamnya dilapisi bahan aluminium foil dengan dilaminasi art paper printing dengan tampilan glossy maupun doff.

Kelebihan standing pouch printing doff :

  1. Selama ini UKM terkendala minimum order untuk bisa memproduksi kemasan yang sudah dilengkapi merk/ brand produk yang mereka pasarkan.
  2. Meski tidak dilengkapi dengan zipper, tapi kemasan stand pouch ini bisa direkatkan dengan alat pres biasa disebut dengan istilah hand sealer.
  3. Laminasi glossy ataupun doff pada kemasan stand pouch alupaper, membuat kemasan terlihat semakin eksklusif dan elegan sehingga mempertajam desain merk/ brand yang dipasarkan.

Kemasan Sachet kemasan-sachet-toraja

Kemasan yang satu ini adalah kemasan sachet kopi, yang terbuat dari bahan aluminium foil. Selama ini kemasan sachet kopi sengaja diproduksi dengan bahan aluminium foil karena jenis material tersebut cukup kuat untuk mempertahankan aroma dan cita rasa kopi yang dikemas di dalamnya. Biasanya ada beberapa ukuran yakni 50 gram, 25 gram, 20 gram, dan 10 gram.

Selama ini produk kemasan sachet kopi yang paling banyak digunakan yaitu menggunakan kemasan sachet aluminium foil, bahan ini seringkali dipilih karena selain mampu menjaga keawetan produk, tapi juga kedap udara sehingga aroma kopi tidak cepat hilang ketika dalam plastik kemasan.

 

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar