Mengenal Lebih Jauh Kopi Lampung Warisan Budaya Indonesia

 

Kalian para pecinta kopi adakah yang belum tahu tentang Kopi Lampung ? Nah di Indonesia ini ada berapa banyak jenis kopi yang kamu tahu nih? Keberagaman budaya menjadikan Indonesia kaya akan kopi yang tumbuh diberbagai daerah.

paper-cup-baner-web

Kopi yang berasal dari Indonesia ini cukup populer dan terkenal di seluruh dunia. Hal ini karena karateristik dari kopi ini sendiri tergantung daerah asalnya. Menariknya aroma dan cita rasa yang dihasilkan sesuai daerah asal kopi ini tumbuh. Nah ada beragam jenis kopi yang sangat terkenal, salah satunya adalah Kopi Lampung. Selain itu juga ada beberapa jenis kopi lainnya yang tak kalah menarik yang menjadi sorotan dunia.

Mulai dari Kopi Maluku, Gayo Sumatera, Kopi Sulawesi, Sidikalang Sumatera, Kopi Toraja, Kopi Temanggung, Kopi Bengkulu, Wamena Papua, Kopi Flores Bajawa, Kopi Aceh Gayo, Bali Kintamani, Kopi Lampung dan masih banyak lagi. Nah untuk kali ini kita bahas tentang seluk beluk Kopi Lampung dulu. Mulai dari potensinya, daerah penghasilnya dimana, karateristik, jenis kopinya, dan juga kelebihan dari kopi yang satu ini.

Bagi sebagian para pecinta kopi mungkin sudah ada yang mengenal dan tahu banyak tentang kopi yang satu ini. Namun tak sedikit pula yang belum mengetahui dan ingin tahu lebih banyak tentang Kopi Lampung. Nah buat kalian yang belum tahu tentang Kopi Lampung yuk kita kenalan lebih jauh kopi warisan budaya Indonesia ini. Kopi memang menjadi sebuah candu bagi para pecinta kopi di seluruh dunia.

Meneguk segelas kopi menjadikan para penikmat kopi ini mendapatkan sebuah ide dan inspirasi. Sehari rasanya kurang lengkap jika belum menikmati segelas kopi. Ngomongin soal kopi di Indonesia ini memiliki beragam jenis kopi dengan karakteristiknya masing – masing. Keunikan aroma dan rasa dari tiap kopi yang ada di nusantara ini tergantung dari daerah mana mereka berasal.

KOPI LAMPUNG

Daerah Asal Kopi Lampung

Provinsi Lampung terkenal kopi dengan kualitas terbaiknya, terkhususnya di daerah Lampung Barat sendiri merupakan penghasil kopi Lampung terbaik. Memang Kopi Sumatera memiliki jenis kopi dengan tekstur paling lembut dan halus.

Jenis kopi Lampung ini merupakan kopi robusta yang mana terkenal dengan rasa asam dan pahit yang strong. Bagi para pecinta kopi, Kopi Lampung memang cukup berkarakter dengan rasanya yang unik ini. Jenis Kopi Lampung ini masuk dalam kopi robusta yang mana memang memiliki arti yang kuat. Istilahnya menandakan sebuah kualitas dan cita rasa yang memiliki keunggulan rasa dan aroma yang sangat kuat dan mantap.

Karateristik Kopi Lampung

Kopi Lampung ini memiliki bau seperti coklat dan rempah – rempah, kualitasnya pun bermutu baik. Tipe Kopi Lampung robusta ini tumbuh diatas ketinggian 800 mdpl, dan tumbuh subur pada daerah dingin. Dibandingkan dengan kopi yang lainnya Kopi Lampung ini mengandung keasaman yang cukup ideal dan cukup aman untuk dikonsumsi.

Memang perbedaan rasanya dibandingkan dengan kopi robusta lainnya beda tipis. Namun bagi para pecinta kopi pasti sudah tahu perbandingannya melalui rasanya. Keunikan rasa dengan karateristiknya yang unik dan menarik ini yang menjadikan Kopi Lampung jadi salah satu alasan kopi ini cukup digemari.

Ciri Khas Kopi Lampung

Bagi para pecinta kopi mungkin sudah banyak dan tidak asing dengan rasa dari Kopi Lampung ini. Aroma dan cita rasa yang sangat khas menjadikan kopi ini banyak dinikmati oleh banyak orang bahkan pecinta kopi di seluruh dunia. Cita rasa yang berat dan kompleks ini tak kalah menarik dan unik dari kopi lainnya.

Nah untuk membedakannya dengan kopi lainnya kamu bisa membedakannya melalui bijinya. Perbedaan ciri khas dari Kopi Lampung Robusta ini bisa dilihat dari cara kerja roastingnya. Apabila dipanggang dengan tingkat kematangan yang lebih maka kopi akan terasa padat dan nikmat. Banyak para pecinta kopi yang memilih dikonsumsi dalam wujud espresso maupun kopi tubruk untuk mendapatkan original rasa kopi.

Kelebihan Kopi Lampung

Kopi yang baik dan berkhasiat adalah kopi dengan kualitas terbaik yang mana dipetik merah matang pada batang pohonnya. Memang faktanya Kopi Lampung robusta ini lebih disukai oleh para pelaku bisnis kedai kopi dan juga para pecinta kopi.

Secara umum Kopi Robusta Lampung Barat ini memiliki bentuk yang tinggi, acidity rendah dan dengan karakter yang earthy dan nutty. Untuk harga kopi yang satu ini memang cukup terjangkau. Namun semakin tanaman kopi tersbeut dirawat dengan baik, dipetik secara tepat dan proses penanganan yang tepat maka harganya bisa tinggi. Namun tenang saja, harga Kopi Lampung Barat ini tidak akan melebihi harga kopi arabica.

Potensi Pasar

Fakta menariknya Kopi Lampung Robusta ini merupakan penyumbang kontribusi ekspor terbesar di Indonesia. Kebanyakan kopi yang selama ini di ekspor adalah kopi robusta. Salah satunya adalah Kopi Lampung ini.

Potensi pasarnya cukup cerah dan pangsa pasarnya sangat terbuka lebar hingga sampai mancanegara. Potensi pasar yang cukup cerah ini menjadikan bisnis kopi sangat menjanjikan. Semakin meningkat para pecinta kopi maka akan semakin baik pula peluangnya. Nah apakah kamu tertarik bisnis kopi?

Bisnis kopi di era modern ini memang sangat menarik dan menjanjikan untuk dijalankan. Penikmatnya yang terus meningkat dan budaya nongkrong dan ngopi ini turut menjadi salah satu faktor pendukungnya. Gimana kamu tertarik juga? Nah ini dia nih beberapa contoh kemasan menarik dan unik dari kopi.

Kemasan memang menjadi salah satu faktor yang mendukung dalam meningkatkan penjualan. Maka tak heran jika para pelaku bisnis kopi saling berlomba – lomba membuat kemasan mereka jauh lebih menarik dibandingkan dengan kompetitor. Kemasan dengan desain, model dan juga jenis yang menarik mampu memberikan daya tarik lebih pada produk. Untuk itu kami berikan beberapa contoh kemasan menarik dari kopi yang biasanya banyak digunakan oleh para pelaku bisnis kopi. Diantaranya sebagai berikut :

Kemasan Kopi Lampung

Ada beberapa macam kemasan kopi yang biasanya digunakan oleh para pelaku bisnis kopi yang ada di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut. Pada dasarnya semua sama – sama menarik dan juga unik. Hanya saja yang membedakan adalah bahannya saja. Ada keunikan dan keunggulan dari masing – masing kemasan kopi ini. Yuk simak deskripsi lengkapnya mengenai kemasan standing pouch ini.

Standing Pouch Printing Doff

standing-pouch-printing-doff

Kemasan ini namanya standing pouch alupaper printing doff terbuat dari bahan aluminium foil di bagian dalam dan bagian luar dilaminasi art paper yang bisa diprint dengan desain merk/ brand produk sesuai dengan kebutuhan para pelaku bisnis kopi.

Pada umumnya kemasan stand pouch alupaper ini dipilih para pelaku bisnis kopi yang ingin naik kelas dengan kemasan yang sudah dibranding dengan merk/ brand produk yang dipasarkan, namun dengan minimal order yang masih cukup terjangkau. Kemasan stand pouch printing ini bagian dalamnya dilapisi bahan aluminium foil dengan dilaminasi art paper printing dengan tampilan glossy maupun doff.

Kelebihan standing pouch printing doff :

  1. Selama ini UKM terkendala minimum order untuk bisa memproduksi kemasan yang sudah dilengkapi merk/ brand produk yang mereka pasarkan. Dengan adanya kemasan standing pouch alupaper printing ini, UKM bisa memproduksi kemasan snack dengan merk/ brand produk hanya dengan minimal order 1.000 pcs.
  2. Meski tidak dilengkapi dengan zipper, tapi kemasan stand pouch ini bisa direkatkan dengan alat pres listik atau UKM biasa menyebutnya dengan istilah hand sealer.
  3. Laminasi glossy ataupun doff pada kemasan stand pouch alupaper, membuat kemasan terlihat semakin eksklusif dan elegan sehingga mempertajam desain merk/ brand yang dipasarkan.
  4. Jadi dengan cetak 1.000 pcs saja, UKM tidak perlu lagi menambahkan sticker brand atau merk pada kemasan stand pouh alupaper printing.

Standing Pouch Printing Glossy

standing-pouch-printing-glossy

Kemasan yang satu ini namanya standing pouch alupaper printing glossy terbuat dari bahan aluminium foil di bagian dalam dan bagian luar dilaminasi art paper yang bisa diprint dengan desain merk/ brand produk sesuai dengan kebutuhan para pelaku bisnis kopi. Tak berbeda jauh dari standing pouch printing doff diatas hanya saja perbedaanya bahannya. Jika standing pouch printing glossy ini bahanya lebih mengkilat dan terlihat lebih menawan.

Standing Pouch Aluminium Foil

standing-pouch-aluminium-foil-kopi-lampung

Kemasan ini namanya standing pouch aluminium foil yang sedang hits saat ini yang laminasi bagian luarnya doff atau istilah lainnya laminasi mate. Dilengkapi dengan zipper lock untuk tutup ulang kemasan, model stand pouch doff aluminium foil banyak dipakai para pelaku bisnis kopi bubuk maupun biji kopi.

Terbuat dari bahan full aluminium foil dengan kualitas food grade premium, kemasan stand pouch ini punya beberapa varian warna yakni hitam, gold, putih. Dan menariknya sekarang standing pouch ini ada beberapa warna loh. Bisa disablon dengan desain menarik dan kekinian juga. Sisi depan dan belakangnya juga bisa disablon maupun di tempelin stiker buat nunjukin produk brandmu.

Kelebihan kemasan stand pouch :

  1. Laminasi pada kemasan stand pouch aluminium foil hitam, gold dan putih, banyak dicari para pelaku usaha kopi karena kemasan terlihat lebih elegan dan eksklusif.
  2. Stand pouch kopi dari aluminium foil ini dilengkapi dengan zipper lock yang berfungsi sebagai pengaman ekstra, sehingga aroma dan kualitas kopi masih bisa tetap terjaga meski kemasan sudah dibuka segelnya oleh para konsumen.
  3. Tidak hanya itu saja, kemasan kopi ini jg bisa ditambahkan lubang valve udara, sehingga konsumen bisa mencium aroma kopi tanpa menyebabkan udara luar masuk ke dalam kemasan.
  4. Untuk mempercantik kemasan, pelaku bisnis kopi juga bisa menambahkan sticker brand atau merk yang dipasarkan.

Standing Pouch Craftstanding-pouch-craft

Nama kemasan ini adalah standing pouch craft, kemasan ini terbuat dari kertas coklat dan laminasi dalamnya alufoil. Berlaminasi dalam alufoil membuat produk bubuk tidak mudah menggumpal dan tetap menjaga aroma kopi lebih lama. Untuk menutup kemasan ini bisa menggunakan mesin handsealer.
Kemasan ini juga bisa diaplikasikan menggunakan sablon ataupun stiker untuk cetak desainnya. Gratis desain untuk setiap pembelian kemasan. Kemasan ini juga bisa ditambah dengan lubang valve ( lubang hirup untuk aroma kopi ).
Kelebihan dari kemasan standing pouch craft ini adalah bahannya yang snagat elegan, kemasan ini juga bisa dilengkapi denģan window yang akan membuat produk kamu terlihat dari luar kemasan sehingga tampak lebih menarik.

Kemasan Sachet Kemasan Kopi Sachet

Kemasan kopi sachet biasanya diproduksi dengan bahan aluminium foil, ataupun sachet metalize. Kedua bahan kemasan kopi sachet ini sering direkomendasikan karena cukup efektif untuk mempertahankan kualitas aroma dan citarasa kopi yang ada di dalamnya.

Kebanyakan kemasan kopi model sachet dipasarkan dengan takaran 2 gram, 5 gram, 7 gram, 8 gram, sampai 10 gram (takaran sekali minum).

Nah itu tadi adalah beberapa macam kemasan kopi yang biasa digunakan dan jadi favorit para pelaku bisnis kopi. Baik para pelaku bisnis kopi skala kecil maupun yang sudah besar. Beberapa kemasan diatas menjadi pilihan karena dinilai sangat menarik dan mampu menarik perhatian para konsumen. Semoga mengispirasi para pembaca sekalian. Sekian dan terima kasih

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar