Ini Lho 8 Kelebihan Dan Kekurangan Standing Pouch Aluminium Foil Kopi

 

Ini Lho 8 Kelebihan Dan Kekurangan Standing Pouch Aluminium Foil Kopi

paper-cup-baner-web

Minuman kopi saat ini sedang hits yang banyak disukai oleh hampir semua orang. Minuman kopi sekarang ini bahkan naik kelas dan banyak dihidangkan di kafe-kafe. Beberapa daerah di Indonesia yang menjadi penghasil kopi menyediakan kopi dalam bentuk bubuk kopi maupun biji kopi yang dikemas. Biasanya menggunakan kemasan standing pouch aluminium foil dan didesain secara khusus.

Kopi yang dihasilkan di tanah Indonesia jenisnya beragam. Kopi lokal Indonesia ini banyak disukai oleh penggemar kopi di dalam dan luar negeri. Sehingga banyak yang kemudian membawa produk kopi untuk digunakan sebagai buah tangan atau disimpan sendiri sebagai persediaan. Oleh karena itu, kemasan kopi yang digunakan sebagai tempat produk kopi harus didesain dengan baik.

Kemasan yang digunakan sebagai tempat kopi umumnya memiliki ciri khas tersendiri dari setiap brand. Sekarang untuk menikmati secangkir kopi yang nikmat dapat lebih mudah dengan adanya kopi kemasan tersebut. Kemasan stand pouch alufoil yang digunakan sebagai tempat kopi menjadi banyak pilihan bagi pengusaha kopi. Bahan aluminium foil yang digunakan sebagai kemasan memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai pengemas kopi.

Kelebihan Standing Pouch Aluminium Foil

Standing pouch dapat menjadi kemasan untuk produk kopi yang memiliki banyak kelebihan dari kemasan jenis lainnya. Sekarang banyak pengusaha kopi yang menggunakan kemasan dari bahan aluminium foil ini sebagai pengemas produknya. Berikut ini kelebihan dari kemasan standing pouch aluminium foil untuk produk kopi.

  1. Kedap Udara

Stand pouch kopi yang digunakan sebagai pengemas harus dapat menjaga kualitas kopi didalamnya. Yang paling sering memberikan kontaminasi dari produk kopi kemasan adalah udara. Kemasan standing pouch berbahan aluminium foil dapat mencegah kontaminasi dari udara dan dapat dibuat sebagai kedap udara. Secara otomatis cita rasa dan aroma kopi dapat lebih terjaga dengan lebih baik menggunakan kemasan jenis ini.

  1. Kemasan Yang Memberi Daya Tarik

Kemasan suatu produk harus dapat menarik konsumen untuk membelinya. Bagaimanapun kemasan akan menjadi lirikan pertama dari konsumen sehingga kemudian tertarik untuk membeli produknya. Kemasan standing pouch dari aluminium foil ini dapat ditata berdiri di atas rak dan dapat terlihat dengan jelas oleh konsumen. Ini menjadi keunggulan dari kemasan standing pouch.

  1. Perlindungan Kualitas Produk

Kemasan standing pouch aluminium foil umumnya menggunakan kombinasi bahan plastik laminasi yang cukup tebal. Dari bahan kemasan ini dapat memberikan yang menjamin perlindungan menyeluruh dari produk kopi didalamnya. Kualitas produk kopi menjadi lebih terjamin keamanannya. Bahkan apabila cara pengemasannya benar dapat menjaga kualitas produk kopi dengan jangka waktu yang lama.

  1. Tersedia Berbagai Ukuran

Kemasan untuk produk kopi menggunakan standing pouch aluminium foil dapat memilih berbagai ukuran yang disesuaikan dengan kebutuhan. Ukuran dapat dipesan juga secara khusus. Umumnya ukuran yang tersedia seperti 10 gram, 20 gram, 50 gram, 100 gram, 250 gram, 500 gram dan 1.000 gram. Varian berat kemasan tersebut dapat memudahkan pemilihan bagi konsumen saat membelinya.

  1. Tersedia berbagai pilihan warna.

Keunggulan lainnya dari stand pouch alufoil adalah tersedia dalam berbagai pilihan warna yang menarik. Kemasan jenis ini dapat diberikan warna yang juga dapat dipesan sesuai dengan kebutuhannya. Dari warna kemasan tersebut dapat menjadi ciri khas sebuah brand produk kopi. Mungkin hanya melihat dari warna kemasan saja konsumen sudah dapat mengenali suatu brand.

  1. Dapat Dilengkapi Dengan Penutup

Kemasan standing pouch yang dapat dilengkapi dengan penutup seperti zipper dapat memberikan keunggulan dibandingkan kemasan jenis lain. Kemasan dapat dibuka dan ditutup kembali dengan rapat dengan mudah. Ini akan memberikan kemudahan bagi konsumen saat penyimpanan.

  1. Dapat Diberikan Logo Sesuai Brand

Logo dalam suatu brand produk kopi sangat penting dan logo ini dapat dicantumkan dalam kemasan stand pouch kopi dari bahan aluminium foil. Umumnya kemasan dari suatu produk seperti produk kopi akan mencantumkan logo suatu brand. Sehingga logo tersebut dapat menjadi suatu bentuk salah satu trik pemasaran.

  1. Kemasan Tampak Eksklusif

Kemasan standing pouch dari aluminium foil dapat memberikan kesan yang eksklusif. Dari bahannya sendiri sudah dapat memberikan kesan eksklusif tersebut. Apalagi jika kemasan standing pouch dapat didesain menjadi bentuk khusus yang menarik.

Kekurangan Standing Pouch Aluminium Foil

Selain dari kelebihan yang ada pada kemasan standing pouch aluminium foil di atas, ternyata ada juga kekurangan  yang harus diketahui sebelum memilih kemasan untuk produk kopi. Berikut ini beberapa kekurangan dari kemasan standing pouch aluminium foil.

  1. Tidak Tahan Terhadap Asam Dan Basa

Kemasan aluminium foil tidak tahan terhadap pengaruh asam dan basa. Oleh karena itu sebaiknya kemasan tidak didekatkan dengan bahan-bahan yang mengandung asam maupun basa. Tentu saja akan mempengaruhi produk yang ada didalamnya.

  1. Harus Dikombinasikan Dengan Bahan Lain Agar Kuat

Bahan aluminium foil jika dibuat menjadi kemasan tidak dapat berdiri sendiri dan harus dikombinasikan dengan bahan lain. Kemasan yang sudah dikombinasikan ini akan menjadi kokoh dan kuat.

  1. Harga Kemasan Lebih Mahal

Stand pouch alufoil memiliki harga yang lebih mahal daripada kemasan jenis lainnya. Harga yang mahal ini karena bahan baku aluminium foil sendiri dan kombinasi bahan lain yang harus diberikan.

  1. Tidak Dapat Didesain Sesuai Keinginan

Bahan aluminium foil memang dapat didesain tetapi kurang luwes jika harus didesain menjadi berbagai bentuk yang lucu. Kesan dari kemasan standing pouch aluminium foil menjadi lebih kaku.

  1. Tidak Tahan Terhadap Panas

Bahan aluminium foil tidak tahan terhadap panas. Oleh karena itu penyimpanan dari kemasan stand pouch kopi dari bahan aluminium foil ini sebaiknya menghindari panas terutama paparan sinar matahari secara langsung.

  1. Tidak Ramah Lingkungan

Kemasan dari bahan aluminium foil tidak dapat didaur ulang dengan baik oleh alam sehingga dapat dikatakan tidak ramah lingkungan. Bahan kemasan ini jika dibuang ke tempat sampah tidak dapat terurai sendiri seperti plastik atau kemasan yang ramah lingkungan.

  1. Desain Pencetakan Cenderung Lebih Mahal

Untuk mendesain dan mencetak kemasan dari bahan aluminium foil ini biayanya cukup mahal. Teksturnya yang lebih kaku membutuhkan model atau master desain yang dibuat secara khusus.

  1. Proses Pembuatan Desain Kemasan Cukup Lama

Untuk membuat kemasan dengan desain khusus dari bahan aluminium foil mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu hal ini juga dapat menjadi penyebab dari harganya yang cenderung lebih mahal dibandingkan jenis kemasan lainnya.

Standing pouch aluminium foil dapat digunakan sebagai kemasan produk kopi. Sebelum memilih kemasan dari bahan aluminium foil ini maka akan sangat baik jika mengetahui kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu. Sehingga pengusaha kopi dapat memilih jenis kemasan yang tepat untuk produk kopinya.

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar