Biar Secangkir Cup Kopi Murah Terlihat Lebih Wah, Coba Ubah Desainmu

biar-secangkir-cup-kopi-murah-terlihat-lebih-wah-coba-ubah-desainmu

Budaya minum kopi telah berkembang lama di dunia. Siapa sangka jika kopi instant bukan sesuatu yang baru di kalangan para penikmat kopi. Di era jadul, tepatnya sekitar tahun 1800-an, orang-orang sudah mengonsumsi kopi instant dalam keseharian. Dalam sejarah perkembangan budaya minum kopi, masa tersebut dikenal dengan istilah First Wave Coffee. Kopi instant dianggap punya nilai praktis yang amat memudahkan penikmati kopi kala itu. Tugas kita hanya tinggal menuang bubuk kopi kemasan lalu tinggal menambahkan air panas, tanpa perlu repot-repot menakar seberapa banyak kopi yang dibutuhkan untuk satu cangkir atau cup kopi panas.

Aktivitas serupa berlanjut hingga sekarang. Beragam jenis kopi kemasan hadir dengan citarasanya masing-masing. Bedanya, zaman dulu orang terbiasa menggunakan cangkir tanah liat/keramik sebagai wadah. Sedangkan sekarang, orang lebih suka mengandalkan paper cup kopi atau cup kopi panas.

Paper cup kopi merupakan jenis gelas yang menggunakan kertas sebagai bahan bakunya. Tentu saja proses pembuatan cup kopi murah ini tidak sembarang jadi. Bukan hanya dilipat hingga membantu gelas, tapi juga dilapisi oleh plastik tipis atau bahan semacam lilin agar gelas tidak mudah bocor dan tetap kokoh.

Penggunaan wadah kopi modern ini dilatarbelakangi

Perubahan perilaku masyarakat terhadap penggunaan wadah kopi modern ini dilatarbelakangi oleh beberapa alasan, yakni:

  1. Praktis

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, penggunaan paper cup kopi lebih praktis ketimbang cangkir biasa. Produk ini bersifat sekali pakai. Jadi begitu minuman habis, kita tinggal membuang gelasnya saja. Sementara jika menggunakan cangkir/mug pada umumnya, ada keharusan untuk mencucinya agar bisa digunakan kembali dalam keadaan bersih. Untuk kebutuhan skala rumah tangga memang tidak terlalu merepotkan. Namun untuk skala besar, semacam coffee shop, kegiatan mencuci berulang kali tentu menghabiskan tenaga dan membutuhkan modal sabun serta boros air.

Sisi praktis gelas kertas juga bisa kita lihat dari segi penyimpanan. Cup kertas tidak membutuhkan space penyimpanan yang terlalu luas karena bisa disusun menumpuk sampai tinggi tanpa khawatir pecah bila terjatuh. Tahan terhadap benturan dan guncangan. Sedangkan gelas atau cangkir biasa membutuhkan perlakuan khusus dan makan tempat. Jika menyimpannya tidak hati-hati alamat gelas akan pecah.

  1. Bobotnya Ringan

Alasan lain orang-orang mulai beralih ke cup kertas adalah bobotnya ringan. Kita tahu bahwa kertas merupakan material yang sangat ringan. Inilah yang dapat kita rasakan ketika gelas terbuat dari kertas. Jelas jauh  lebih ringan dibanding gelas yang terbuat dari kaca/keramik/tanah liat.

Karena ringan gelas kertas jadi lebih mudah dipegang dan dibawa bepergian.Bahkan, kita tidak khawatir bila anak-anak atau manula yang membawanya. Sebab gaya ngopi zaman sekarang tidak melulu duduk di belakang meja, tapi juga bisa dinikmati sembari mengitari mall, taman kota, atau spot-spot keramaian lainnya.

  1. Tidak Licin

Sebagaimana tekstur permukaan kertas, paper cup memiliki permukaan yang cukup kesat sehingga memudahkan kita ketika memegangnya. Sedangkan gelas biasa cenderung memiliki permukaan lebih licin, terutama ketika basah.

Selain itu juga, kertas merupakan material yang mampu meredam panas. Sifat seperti itu memberi kemudahan bagi kita saat memegang cup kopi panas. Tidak seperti gelas berbahan kaca yang permukaannya akan terasa sangat panas saat kopi baru dituang.

  1. Harga Murah

Ditilik dari segi harga, penggunaan cup kertas ternyata jauh lebih ekonomis. Ini karena bahan pembuatan cup kertas lebih murah dan proses pembuatannya lebih mudah dibandingkan gelas porselen atau sejenisnya. Karena itulah kini cup kopi murah semakin banyak dipilih oleh penjual minuman kopi, terutama yang baru merintis.

  1. Ramah Lingkungan

Kertas termasuk material organik yang nyaris tidak memberi dampak buruk terhadap lingkungan. Proses penguraian sampah kertas berlangsung lebih cepat daripada material lain dan tidak mencemari tanah. Bahkan, dapat didaur ulang menjadi produk baru dengan nilai kegunaan yang sama. Itu sebabnya kini mengapa gerai-gerai minuman yang sadar lingkungan satu per satu mulai beralih menggunakan cup kertas daripada cup plastik.

  1. Banyak Pilihan Desain

Nah ini dia yang paling diharapkan oleh pengusaha minuman kopi. Tidak dapat dipungkiri, nilai sebuah produk turut dipengaruhi dari kemasannya. Banyak minuman kopi yang citarasanya sebenarnya biasa-biasa saja. Racikannya nyaris tidak membutuhkan effort besar. Namun ketika disajikan dalam gelas yang apik, maka banyak orang yang “terpanggil” untuk membeli. Bahkan, harga jualnya bisa mengimbangi kopi-kopi mahal! Strategi seperti itu tentunya bukan rahasia lagi di kalangan pengusaha. Dengan modal yang sekecil-kecilnya, harus bisa mendatangkan keuntungan yang sebesar-besarnya.

Asyiknya menggunakan cup kertas, desain motif dan warnanya bisa kita tentukan sendiri (custom). Biaya pembuatannya tentu tidak semahal sablon gelas plastik, kaca, atau porselen.

            Cara Menentukan Desain Paper Cup

Sebelum membuka usaha minuman kopi, pastikan semua persiapan telah matang. Selain memilih penyalur biji kopi terbaik, penting kiranya mempertimbangkan model gelas seperti apa yang diinginkan. Menimbang banyaknya manfaat menggunakan paper cup, ada baiknya jika wadah minuman kopi ini yang diprioritaskan.

Paper cup dapat dibeli secara langsung di toko-toko perlengkapan bahan kue dan minuman, atau dipesan secara online di berbagai marketplace. Namun jika kita membeli yang langsung jadi, kita hanya bisa mengikuti model yang sudah ada. Sedangkan kita ingin menampilkan sesuatu yang berbeda dari biasanya. Maka alangkah lebih bagus lagi jika kita bekerja sama dengan percetakan/advertising untuk mendapatkan paper cup kopi dengan model sesuai keinginan.

Macam – macam Model Paper Cup

Untuk tahu lebih banyak tentang macam-macam model paper cup, silakan pelajari daftarnya berikut ini.

  1. Single Wall

Khusus model paper cup kopi model ini hanya memiliki lapisan dinding tunggal. Mampu menahan minuman dingin ataupun panas cukup baik. Hanya saja, tidak bisa terlalu lama mengingat lapisan dindingnya yang cuma satu itu. Paper cup single wall umumnya berdiamer kecil namun cukup tinggi. Harganya pun terbilang paling murah dibanding model paper cup kopi lainnya.

  1. Single Wall With Handle

Model yang kedua ini sebetulnya pengembangan dari model yang pertama tadi. Hanya saja, kali ini telah dilengkapi dengan gagang atau handle di bagian luar cup. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, single wall hanya memiliki satu lapisan dinding saja. Sehingga kurang bisa meredam suhu sampai ke pemukaan luar. Hal itu menyulitkan konsumen dalam memegang cup ketika hendak menikmati kopi panas. Maka ditambahkanlah gagang untuk memudahkan.

  1. Flat Wrap

Model gelas kertas untuk kopi selanjutnya adalah flat wrap. Flap wrap lebih canggih dibandingkan dua model sebelumnya. Sebab, kali ini dilengkapi dengan dua lapisan ganda. Dengan adanya 2 lapisan tersebut maka suhu panas dari dalam gelas tidak terlalu menembus ke luar. Sehingga memungkinkan konsumen memegang cup dengan nyaman walau kopi masih dalam keadaan panas.

  1. 3 Wall

Kalau yang ini  bahkan lebih canggih lagi daripada model kedua. Gelas sudah dilengkapi dengan lapisan penahan suhu sekaligus. Pertama, lapisan dinding, kedua lapisan karton bergelombang, dan terakhir lapisan luar yang membalut seluruh bagian gelas.

Itulah ulasan mengenai cup kopi murah yang terbuat dari kertas beserta macam-macam modelnya. Sekarang waktunya Anda memikirkan model cup seperti apa yang paling menarik dan dapat meningkatkan harga jual kopi Anda.

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar