Penting! Sebelum Menjalankan Usaha Jus Buah Perhatikan 5 Hal Ini!

Peluang bisnis kian hari kian banyak, mulai dari bisnis kuliner sampai bisnis barang pakai sehari-hari. Orang-orang juga semakin banyak yang memanfaatkan peluang bisnis ini. Apalagi semakin terbukanya peluang bisnis ini berbanding lurus dengan pola konsumsi masyarakat yang semakin tinggi. Jika kamu pintar melihat peluang, kamu bisa mendapat keuntungan dari hal ini. Usaha minuman, tepatnya usaha jus buah bisa jadi pilihan.

Usaha minuman adalah salah satu jenis bisnis yang perkembangannya signifikan dan tidak pernah surut. Banyak sekali ragam usaha minuman yang bisa dikembangkan dan dijalankan. Usaha jus buah adalah salah satunya. Peminat minuman ini selalu ada dan tidak terbatas usia. Jus buah adalah minuman yang dianggap sehat oleh banyak kalangan sehingga banyak yang tidak ragu untuk mengonsumsinya.

Kemudahan dalam menjalankan usaha ini juga menjadi nilai plus. Kamu tertarik untuk usaha jus buah ini? Eits, tunggu dulu! Sebelum menjalankan usaha jus buah ini ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar usahamu dapat berjalan dengan baik. Penasaran? Simak selengkapnya di bawaj sini!

1. Siapkan Pemasok Bahan Baku

Hal pertama yang harus kamu siapkan dalam menjalankan usaha jus buah adalah mencari pemasok bahan baku. Pastikan juga kamu mendapat bahan baku yang segar dan berkualitas, namun dengan harga yang tidak terlalu tinggi. Jus buah dibuat dari buah-buahan, ada yang sifatnya musiman dan ada yang setiap waktu tersedia. Tidak sulit untuk mencari pemasok buah-buahan segar untuk usahamu ini.

2. Buat Brand Usaha Jus Buah

Setelah memastikan kamu bisa menjalankan usaha jus buah ini karena memiliki pemasok, kamu harus menyusun brand untuk produk usahamu. Brand ini bukan sekadar merek, namun juga bagaimana konsep usahamu. Brand dipengaruhi dengan target pasarmu, produkmu, dan tujuan usahamu. Dengan menyusun brand kamu bisa menentukan logo produk, packaging, warna, dan lain sebagainya.

Brand ini juga yang akan menjadi identitas usahamu. Tujuan brand tentu agar orang-orang mengenal dan mengingat usahamu. Brand tidak boleh dipilih asal-asalan dan harus tepat sasaran. Melihat tren yang sedang berjalan saat ini perlu kamu lakukan untuk menentukan brand usahamu. Sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu.

3. Siapkan Tempat Usaha Jus Buah

Setelah konsep usahamu terbangun, kamu tinggal menyiapkan tempat usaha. Ada bermacam-macam tempat usaha yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa berjualan di tempat yang tetap dalam bentuk bangunan atau di tempat yang tetap dalam bentuk non bangunan seperti gerobak atau stand. Kamu juga bisa berjualan secara keliling, kamu membutuhkan gerobak untuk keliling.

Rumah juga bisa menjadi tempatmu berjualan. Menjadikan rumah sebagai tempat usaha juga menghemat anggaran atau modal yang kamu keluarkan. Usahakan tempat usahamu dekat dengan konsumen dan mudah dijangkau. Siapkan properti-properti yang menarik konsumen dan menjadi identitas di tempat usahamu. Orang jadi mengetahui bahwa disitu ada usaha yang kamu jalankan.

4. Siapkan Kemasan

Salah satu hal terpenting yang harus kamu siapkan adalah kemasan produk. Jus buah adalah produk cair, kemasan yang bisa digunakan adalah kemasan gelas. Namun kemasan harus dibuat semenarik mungkin agar menjadi pembeda dan meningkatkan nilai jual. Tidak hanya kemasan ada beberapa hal yang berkaita yang harus kamu siapkan juga.

Gelas plastik sablon

usaha jus buah gelas plastik

Kemasan yang bisa kamu gunakan adalah kemasan gelas plastik, kemasan ini hadir dalam berbagai ukuran. Mulai dari yang paling kecil 12 oz sampai yang paling besar 22 oz. Ada dua jenis plastik yang digunakan sebagai material dasar kemasan ini, plastik PP dan PET. Keduanya merupakan bahan yang aman untuk makanan. Agar lebih menarik dan menjual kemasan ini bisa dipercantik dengan sablon.

Lid Cup

usaha jus buah lid cup

Kemasan gelas plastik agar lebih menarik dan aman hadir dengan penutup. Usaha jus buah biasanya menggunakan penutup yang jenisnya lid cup berbahan dasar plastik. Penutup ini ada yang polos dan ada yang bergambar. Lid cup rapat menempel pada kemasan gelasmu sehingga jus buah yang ada di dalamnya aman terlindungi. Pastinya lid cup ini meningkatkan nilai jual produkmu.

Cup sealer

Cup sealer adalah mesin yang digunakan untuk merekatkan lid cup dengan kemasan gelas. Mesin ini memanfaatkan panas agar kemasan gelas dan lid cup menempel rapat. sehingga produk yang ada di dalamnya aman tidak mudah tumpah.

5. Pemasaran Produk

Hal terakhir yang perlu kamu perhatikan adalah soal pemasaran usaha jus buah kamu. Pemasaran bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Ada yang cara konvensional dan ada yang dengan cara modern. Lebih efektif untuk era saat ini adalah dengan teknik pemasaran modern salah satunya menggunakan media sosial. Buatlah strategi pemasaran yang unik dan menarik.

Itu dia beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum menjalankan usaha jus buah. Jika kamu sudah menerapkan hal-hal tersebut kemungkinan usahamu berkembang akan semakin tinggi. Jadi mulai kapan?

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar