[Press Release] Kelas Bisnis “Tanya-Jawab Izin BBPOM”

diKemas.com (Instagram: @dikemasrumahkemasan) telah melangsungkan kelas online bisnis dengan topik “Tanya-Jawab Izin Edar Produk Pangan Dari Badan POM”.

Bersama dengan pembicara kita Ibu Dra. Diah Tjahjonowati, Apt. MSi. selaku Kabid Informasi dan Komunikasi, BBPOM Yogyakarta.

Acara berlangsung pada Selasa, 16 Juni 2020, berdurasi satu jam (dari 10.00 – 11.00 WIB) ini diawali panyampaian materi power point dari Ibu Diah selama setengah jam, dan sisanya sesi tanya-jawab interaktif. Kelas dihadiri kurang lebih 25-30 puluh peserta. Peserta datang dari berbagai kota, tidak hanya dari Yogyakarta saja.

tampilan-kelas-tanya-jawab-izin-edar-bpom
Tampilan kelas tanya jawab izin edar BPOM diKemas.com bersama Kabid Informasi dan Komunikasi BBPOM Yogyakarta

Kenapa Butuh Izin Edar?

Seperti yang juga disampaikan Ibu Diah pada kelas online yang digelar Selasa (16/6) bahwa dengan memiliki izin edar bisa:

  1. Mendapatkan jaminan keamanan pangan
  2. Meningkatkan kepercayaan konsumen
  3. Meningkatkan pemasaran
  4. Mengantongi kepastian hukum

Dan tahukah kamu kalau tidak semua pangan butuh izin edar? Berikut ini telah kami rangkum materinya apa saja yang tidak memerlukan izin edar.

pangan-yang-tidak-butuh-izin-edar
Source, Instagram: @bisnis_ukm

Tanya-Jawab Perizinan BBPOM

Ibu Diah menjawab pertanyaan-pertanyaan dari peserta yang hadir. Dari jumlah pertanyaan dan ragam pertanyaan yang diajukan, sepertinya peserta memang banyak yang belum terlalu paham dengan produk yang harus atau tidak memerlukan izin edar.

pertanyaan-pada-saat-kelas-online-bpom
Contoh beberapa pertanyaan pada sesi tanya jawab

Sedikit kami rangkum pertanyaan dan jawaban di atas. Untuk pertanyaan dari Ije Jie, “Kalau produk home made makanan yang frozen izinnya wajib apa saja? Produk frozen sama: risol, kroket, chicken pie, pempek, sama pangsit palembang.”

Jawaban: Perlu izin MD. Dan yang perlu diingat adalah, biaya pengurusannya per aitem ya! Hal ini bisa mempermudah kalau semisal ada produk yang bikin orang keracunan, yang dihentikan edarannya hanya yang produk A saja untuk diselidiki (bukan menghentikan semua produk).

Pertanyaan berikutnya, dari Petra Sari: “Kalau prodyk home made cake, roti, kue pudding, izinnya wajib apa?”

Jawab: Tidak wajib, karena termasuk produk yang tidak perlu izin (makanan siap saji). Paling kalau memang mau bikin izin, bisa ke dinkes untuk dapat izin sanitasi. Meksipun tidak wajib izin edar, tapi kalau tetap mau cari juga itu gunanya buat kepercayaan konsumen supaya naik.

Selanjutnya pertanyaan dari Pensi, “Saya dari Tangsel, produksi kentang kering mustopa/ Kalau izin PIRT itu dibuat di Tangsel, kemudian owner ingin pindah provinsi lain, apakah izinnya harus buat baru?”

Jawab: Iya, karena izin usaha dikeluarkan sesuai dengan tempat produksi.

Adapun pertanyaan dari Rusti Marsanti, “Untuk semacam produk frozen MD atau PIRT? Umur simpan kurang dari sepekan.”

Bu Diah menjawab, itu jelas butuh MD karena namanya juga frozen food!

Kalau Kopi Izin P-IRT atau BPOM?

Berdasarkan kelas online, peserta jadi tahu kalau ada yang perlu P-IRT ada yang perlu BPOM. Di mana bedanya? Kalau kopi instan itu wajib SNI dengan persyaratan pangan MD buat izin edarnya. Lalu untuk kopi bubuk ini izin edarnya pakai P-IRT, karena tidak wajib SNI.

Biaya Pengurusan Izin Edar BPOM

Ibu Diah sempat menginformasikan perihal keluhan masyarakat soal biaya yang harus dikeluarkan. Angka yang ada itu sudah merupakan sistem tahunan dari pemerintah. Biaya urus BPOM itu sudah melalui kajian dan telah memperhitungkan banyak hal.

ibu-dra-diah-saat-menjawab-pertanyaan-mengenai-izin-edar
Ibu Diah dari BBPOM saat mengisi kelas online

Stay tune terus ya di Instagram kami @dikemasrumahkemasan untuk mendapatkan info update seputar kelas bisnis lainnya! Atau kamu juga bisa join grup telegram kami, klik di sini.

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar