Resep Es Jadul Segar yang Bikin Kamu Nostalgia!

Es jadul di Indonesia ada beragam, mulai dari yang bentuknya es krim sampai minuman segar yang bisa melegakan tenggorokan. Meskipun es jadul pernah berjaya di masanya, sekarang ini justru udah mulai naik daun lagi. Apalagi sejak banyak akun-akun di twitter atau instagram yang sering posting es jadul atau jajanan jadul lainnya. Kalo keinget es jadul pasti keinget juga sama memori masa lalu dari jaman kamu SD masih bocah dan harganya juga murah. Buat generasi 90an ke bawah mungkin sekarang udah mulai kesulitan buat nyari es jadul di karena emang beberapa jenis es jadul udah nggak diproduksi atau udah jarang yang jual. Nah buat menyiasati hal ini buat kamu yang kangen sama es jadul justru kamu bisa bikin sendiri di rumah. Bahkan bisa kamu jadikan peluang usaha kuliner juga!

Aneka Resep Es Jadul

Beberapa jenis es jadul emang udah jarang dijual atau bahkan udah nggak diproduksi lagi. Tapi kalau resep es jadul dari dulu sampai sekarang masih sama kok. Tinggal inovasi dan kreativitas kamu aja yang bisa dieksplore biar varian rasanya juga makin beragam. Nah udah nggak sabar kan mau cobain resep makanan jaman dulu buat nostalgia? Cobain nih resep es jadul yang bisa kamu coba!

paper-cup-baner-web

1. Es Jadul : Ice Cream Potong

Masih inget kan sama es jadul yang satu ini? Ice cream potong jadul sampai sekarang juga masih jadi favorit banyak orang. Lebih lengkap lagi kalau es krim potong ini dicelupin ke lelehan cokelat. Nah tuh udah kebayang kan gimana enaknya? Daripada cuma bayangin, cobain deh bikin es krim potong sendiri di rumah!

Bahan

– Susu cari 500 ml

– Gula pasir 200 gram

– Penambah rasa vanila 1 sdt

– Ketan hitam rebus 100 gram

– Larutan maizena 100 ml

– Lelehan cokelat yang ditambahkan air secukupnya

Es Jadul : Ice Cream Potong

Cara Membuat

1. Campurkan gula, vanila, dan susu cari ke dalam paci, aduk rata. Masak sampai mendidih.

2. Tambahkan ketan hitam dan larutan maizena, aduk lagi sampai rata dan diamkan sampai dingin.

3. Tuang adonan ke dalam plastik es lilin. Bekukan dalam freezer.

4. Potong es yang sudah beku. Tusuk bagian bawah dengan tusuk sate dan celupkan ke cokelat air.

5. Es potong siap dinikmati!

2. Es Jadul : Dung Dung Puter

Kenapa namanya es dung dung? Karena awal mulanya es jadul yang satu ini dijajakan sama pedagang keliling dengan gerobak yang dilengkapi gong kecil. Hasil dari bunyinya adalah “dung, dung, dung” nah makanya dinamain es dung dung. Tapi ada juga yang nyebut es jadul ini es puter karena cara pengolahannya adonan diputer dalam wadah besar. Yuk cobain resepnya!

Bahan Es Dung Dung

– Gula putih 3 sdm

– Susu full krim bubuk 3 sdm

– Air panas 500 ml

– Es batu

– Garam kasar

Alat

– Baskom ukuran sedang

– Kaleng biskuit dan tutup

Es Jadul : Dung Dung Puter

Cara Membuat Es Dung Dung

1. Campurkan gula putih, susu, dan air panas. Aduk sampai rata. Diamkan sampai dingin.

2. Kemudian masukkan semua bahan dan putar dalam kaleng dan tutup rapat.

3. Siapkan baskom yang sudah diisi es batu dan garam kasar.

4. Masukkan kaleng yang berisi larutan susu ke dalam baskom. Putar kaleng selama sekitar 20 menit.

5. Es dung dung putar siap disajikan.

3. Es Jadul : Es Lilin Rujak

Siapa sih yang belum pernah cobain es jadul seger yang satu ini? Es lilin sebenernya variannya banyak banget. Mulai dari es lilin buah, es teh, yogurt, susu sampai es lilin rujak. Untuk bikin es lilin juga cukup mudah. Nah cobain deh bikin es lilin rujak yang super seger ini.

Bahan Es Lilin Rujak

1. Potongan tipis buah-buahan sesuai selera (mangga, bengkoang, nanas, dan lainnya)

2. Air matang secukupnya

3. Gula pasir secukupnya

4. Cabe merah keriting 5 buah dan rawit 3 buah

5. Air asam jawa 8 sdm

6. Irisan tipis gula merah

7. Garam secukupnya

Es Jadul : Es Lilin Rujak

Cara Membuat Es Lilin Rujak

1. Haluskan semua cabai, irisan gula merah, garam, dan tambahkan air asam jawa.

2. Rebus bumbu dalam panci dengan takaran air sesuai kebutuhan dan tambahkan gula pasir.

3. Setelah mendidih masukkan potongan buah. Diamkan sampai dingin dan meresap kurang lebih 30 menit.

4. Bungkus ke dalam plastik dan ikat ujungnya dengan karet, kemudian bekukan dalam freezer.

5. Es lilin rujak segar siap dinikmati!

4. Es Gabus

Kamu pernah cobain es yang satu ini kan? Kalo nikmatinnya pas masih terlalu beku kurang nikmat. Makan es gabus pas udah dingin juga kurang oke. Jadi paling pas emang nikmatin es gabus pas di tengah, nggak terlalu beku dan nggak terlalu lembek. Cobain yuk bikin es gabus!

Bahan

– Santan instan 1 bungkus

– Vanili 1 bungkus

– Garam ½ sdt

– Gula 200 gram

– Tepung hunkwe 200 gram

– Pewarna makanan merah, kuning, hijau

Es Gabus

Cara Membuat

1. Campurkan semua bahan dan bagi menjadi tiga adonan sesuai warna di wadah yang berbeda.

2. Rebus tiap adonan sampai mengental. Kemudian masukkan ke dalam loyang. Diamkan 30 menit di tempat terbuka sampai dingin.

3. Masukan adonan ke kulkas selama 15 menit. Setelah itu keluarkan dan potong sesuai selera.

4. Bekukan dalam freezer.

5. Es gabus siap disajikan.

5. Es Jadul : Es Goyang

Kalo es jadul yang satu ini dari tekstur dan rasanya mirip sama es potong. Bedanya adalah cara pembuatan dan bentuk akhir esnya. Kenapa namanya es goyang? Karena sejak jaman dulu es ini dijajakan sama pedagang keliling yang cara pembuatannya dengan menggoyangkan gerobaknya. Mau tau cara bikinnya? Yuk cek di sini!

Bahan

– Susu bubuk 25 gram

– Tepung hungkwe 20 gram

– Garam ¼ sdt

– Gula pasir 100 gram

– Santan 500 ml

– Cokelat batangan 100 gram, lelehkan

Alat

– Wadah besar

– Cetakan es

– Es batu

– Garam kasar

Es Jadul  Es Goyang

Cara Membuat

1. Campurkan semua bahan. Masak dengan api kecil sampai mendidih dan agak kental.

2. Siapkan wadah besar, isi dengan es batu yang banyak dan taburi garam secukupnya.

3. Masukkan adonan ke cetakan es, kemudian masukkan ke dalam wadah besar yang berisi es batu dan garam.

4. Goyangkan wadah selama 15 menit sampai adonan membeku atau mengeras.

5. Tusuk tiap tiap potongan es, keluarkan dari cetakan, dan celupkan dalam lelehan cokelat. Es goyang siap disajikan.

Kalo kamu udah ahli bikin beberapa es jadul ini, nggak ada salahnya loh kamu justru bikin usaha kuliner aneka es jadul. Tapi kalau kamu mau nyoba usaha kuliner, nggak cuma resepnya aja yang harus oke. Tapi kemasan jajanannya juga harus keren biar es jadul yang kamu jual makin menarik. Urusan kemasan, kamu percayakn ke tim diKemas.com yang bakal kasih konsultasi dan desain kemasan secara gratis spesial buat kamu.

Yuk konsultasikan kemasan jajanan yang kamu butuhkan dengan menghubungi kontak di bawah ini!

Tinggalkan komentar