Sebelum Bisnis Kopi, Kenali Dulu Jenis-Jenis Kopi Yang Ada

mengenal-jenis-kopi
sumber gambar: Unsplash.com/Jo Lanta

Bisnis kopi menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan. Mulai dari milenial hingga orang dewasa suka sekali dengan minuman ini. Kedai kopi dari yang jadul sampai yang kekinian juga banyak bias kita jumpai di pinggir jalan. Pokoknya pencinta kopi sangat beruntung karena kapanpun mereka ngidam ingin menyeduh, tinggal pilih mau racik sendiri di rumah atau pergi keluar untuk tinggal memesan dan tinggal minum. Belum lagi sekarang pencinta kopi bisa pilih mau minum kopi di mana. Tuntutan konsumen yang menginginkan cita rasa kopi yang enak didukung ornamennya, membuat banyak pebisnis putar otak. Mereka berlomba-lomba menghadirkan sesuatu yang baru, supaya tidak kalah saing. Nah, kalau kamu membaca tulisan ini karena ingin buka usaha juga, saatnya kamu tahu dulu ada apa saja sih macam-macam kopi? Mungkin malah kamu belum tahu. Yuk cari tahu sama-sama!

Macam-Macam Kopi Yang Harus Kamu Tahu

sumber gambar: Unsplash.com/Nathan Dumlao

Kopi itu kalau dilihat sekilas ya nggak ada bedanya, tapi bagi pencinta kopi pasti mereka mencari jenis kopi yang sesuai seleranya untuk di pesan. Nah, kalau kamu mau bisnis kopi harus tahu juga macam-macamnya biar nggak ngecewain calon konsumen. Oke? Lalu ada apa sajakah kopi yang biasanya dijual?

1. Espresso

Merupakan minuman yang dihasilkan dengan mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling dengan menyemburkan air panas di bawah tekanan tinggi. Selain disajikan sendiri, espresso sering dicampur dengan susu, krim susu, dan air panas. Minuman seperti cappuccino, caffe latte, dan mayoritas kopi populer lainnya menggunakan espresso sebagai bahan utama.

2. Caffe Latte

Para penikmat kopi harus paham mengenai apa yang mereka pesan. Jika mereka menginginkan secangkir kopi yang dicampur dengan susu, maka mintalah caffe latte, bukan latte saja. Caffe latte merupakan kopi espresso yang ditambahkan dengan susu. Saat memesan kopi ini, orang Indonesia sering salah menyebutnya dengan hanya mengatakan latte saja.

3. Cappuccino

cappuccino-machine
sumber gambar: Unsplash.com/Dimitri Bång

Terbuat dari espresso, susu yang diuapkan, dan susu berbuih. Cappuccino merupakan minuman khas Italia yang dibuat dari espresso dan susu. Unsur terpenting dalam membuat cappuccino adalah espresso serta tekstur dan temperatur susu.

4. Americano

Secara kasat mata, americano serupa dengan black coffee. Namun, cara membuatnya tidak sama dengan kopi hitam pada umumnya. Americano dibuat dari satu atau dua shot espresso, lalu ditambahkan air panas. Tidak akan ada buih berwarna cokelat yang kental layaknya espresso pada kopi jenis ini. Ada banyak varian minuman berbasis espresso mulai dari espresso itu sendiri, latte, cappuccino, moca, dan masih banyak lagi.

5. Flat White

Minuman yang cenderung subjektif dan variasinya tergantung pada negara atau café mana yang dikunjungi. Flat white terdiri dari textured milk dan espresso. Beberapa barista mungkin menggunakan takaran susu yang lebih sedikit dibandingkan dengan latte. Umumnya, flat white disajikan dengan dua variasi. Tanpa foam. Variasi ini adalah yang paling sering digunakan di banyak café dimana espresso (dalam shot standar) dikombinasikan dengan susu yang di-steam. Lalu variasi berikutnya adalah dengan foam. Variasi ini adalah yang cukup umum disajikan terutama oleh specialist coffee shop. Metode ini benar-benar menuntut keahlian dari baristanya, karena pada saat membuat textured milk-nya, si barista harus membuat micro foam yang benar-benar halus namun kerasa.

6. Affogato

Affogato memiliki arti tenggelam. Affogato merupakan minuman kopi dengan satu sendok es krim vanila yang ‘ditenggelamkan’ dengan segelas kecil espresso panas. Kopi jenis ini menjadi salah satu menu kopi yang paling gampang dibuat.

7. Macchiato

Memiliki kadar kopi dan susu yang agak beda. Perbandingannya 4:1. Mirip dengan latte, macchiato juga mencampurkan espresso dan susu. Ada dua jenis macchiato: espresso dan latte.

8. Mocha

Merupakan kombinasi espresso dengan susu dan cokelat. Komposisinya adalah 1/5 susu, 2/5 cokelat, dan 2/5 espresso.

9. Piccolo

Kopi jenis ini hampir mirip dengan latte. Yang membedakan adalah ukurannya yang lebih kecil dan rasa espresso-nya yang lebih kuat. Komposisinya meliputi 1 shot espresso dan susu.

10. Cafe au lait

Merupakan campuran kopi hitam dan susu panas. Cafe au lait memiliki kesamaan dengan cafe latte, yang membedakan hanya cafe au lait menggunakan kopi hitam bukan espresso.

Oke, barusan kita sudah review secara singkat dan poin utama dari masing-masing jenis kopi, sekarang mari kita masuk ke tips berbisnis kopi bagi kamu yang memang tertarik.

Tips Berbisnis Kopi Supaya Berhasil Bersaing Dengan Pengusaha Lain

tips-bisnis-kopi
sumber gambar: Unsplash.com/Tyler Nix

Siapa sih yang nggak mau sukses berbisnis? Apalagi menjalankan bisnis yang sesuai dengan passion, salah satunya kopi. Nah, kalau kamu butuh inspirasi, berikut ini kami berikan tips bisnis kopi supaya kamu nggak kalah saing sama pengusaha lain.

1. Tentukan target pasar bisnismu

Karena produkmu adalah kopi, lantas siapa yang akan kamu sasar dalam memasarkan produkmu? Target pasar yang berbeda akan membuatmu menggunakan paper cup yang berbeda pula. Pasar anak mudah akan menuntut kemasanmu lebih bersifat playfull, ramai, dan menggunakan warna-warna cerah. Sedangkan untuk pasar orang-orang dewasa biasanya cenderung lebih minimalis dan elegan. Kemasan yang seperti apa akan menentukan distributor seperti apa yang tepa

2. Tentukan tujuan pemasaran

Selain menentukan target pasar,, kamu juga harus menentukan tujuan memasarkan produkmu ini. Apa yang ingin kamu capai dalam memasarkan produk ini akan menentukan bagaimana kemasan paper cupmu. Jika kamu sudah mengetahui akan seperti apa paper cupmu maka kamu bisa menentukan distributor gelas kertas yang baik dan sesuai untukmu. Apakah tujuan pemasaranmu untuk mengenalkan atau memperluas produk terlebih dahulu. Atau ingin langsung agar banyak pembeli. Itu akan mempengaruhimu memilih distributor yang baik.

3. Kemasanmu cerminan bisnismu

paper-cup-sablon-skoci

Siapa sih yang tidak suka melihat kemasan yang bagus? Konsumen juga pasti akan lebih senang jika membeli sesuatu dan dikemas dengan apik. Kemasan yang menjadi garda terdepan menarik atau tidaknya produkmu menjadi hal penting yang tidak boleh terlewat. Berikan kemasan terbaik dari usahamu. Berhubung kopi erat dengan minuman panas, kamu bisa menggunakan paper cup sebagai kemasannya.

Dengan memilih kemasan yang tepat, desain oke, serta cita rasa kopimu yang unggul, bisa menjadi alasan konsumen untuk membeli lagi produkmu. So, jangan main-main dengan urusan kemasan. Kedengarnnya sepele, tapi dampaknya besar sebagai penentu sukses atau tidaknya bisnismu.

Kemasan menjadi kunci penarik perhatian calon konsumen karena konsumen akan melihat kemasan produk pertama kali. Jadi bagi kamu pelaku usaha minuman pastikan kemasan untuk produkmu baik dan tepat. Memilih kemasan juga tidak bisa asal-asalan, harus sesuai dengan produkmu baik dari jenisnya dan bahan bakunya.

Well, kalau kamu masih bingung soal kemasan, kamu bisa konsultasi dengan kami melalui dikemas.com. Kamu bisa dapat konsultasi gratis mengenai kemasan yang akan menunjang bisnismu. Jika kamu juga butuh desain untuk hiasan paper cup-mu sebagai penunjang visual kemasan, kami juga bisa buatkan desain gratis tis tis.

Pokonya segala tentang kemasan serahkan saja pada diKemas! Oke, jika ada pertanyaan atau apapun itu bisa disampaikan pada kolom komentar. See you di artikel selanjutnya ya!

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar