Serba-Serbi Bisnis Jus Buah Yang Harus Kamu Ketahui

serba-serbi-bisnis-jus-buah-yang-harus-kamu-ketahui
sumber gambar: Unsplash.com/Roman Kraft

Bisnis jus buah memang sangat menjanjikan karena siapapun yang terjun ke jenis usaha minuman, untungnya nggak main-main. Apalagi di Indonesia yang merupakan daerah tropis, kaya akan buah-buahan. Sehingga bisnis ini cocok dijalankan untuk masyarakat kita. Selain itu, kebutuhan masyarakat akan asupan serat selain makan buah langsung yaitu dengan mengonsumsi jus buah menjadi peluang usaha yang tidak boleh dilewatkan.

Jika kamu tertarik menjalankan bisnis jenis ini, kamu juga harus memperhatikan serba-serbinya supaya tidak salah mengambil langkah.

Kendala Yang Sering Dihadapi Dalam Berbisnis Jus Buah

jus-buah
sumber gambar: Unsplash.com/Roman Kraft

Meskipun kelihatannya berbisnis ini sangat mudah, nyatanya ada saja kendalanya yang tidak bisa diabaikan. Kira-kira apa saja ya kendalanya?

1. Pesaingnya banyak

Karena orang-orang memiliki mindset kalau bisnis jus buah menguntungkan, pasti akan ada banyak pihak yang berbondong-bondong menjalankan bisnis ini. Ini juga menjadi salah satu kendala karena kalau saking banyaknya pesain tapi usaha yang kita jalankan tidak diperhatikan dengan baik, maka bisa terkena seleksi alam alias berakhir gulung tikar.

2. Terdapat beberapa jenis buah yang munculnya musiman

Kadang, konsumen memiliki rasa favorit misalnya mangga. Padahal, seperti mangga, alpukat, dan beberapa jenis buah lainnya hanya bisa ditemukan saat musimnya saja. Kalau di luar musim, mungkin ada tapi sudah pasti harganya mahal. Kalau kita tetap menggunakan buah yang sedang langka, otomatis harga jus juga naik. Tetapi, kita tidak bisa memungkiri bahwa konsumen pasti tidak akan senang jika harga yang misalnya hanya 10.000 berubah menjadi 15.000 hanya karena bahan dasarnya sedang langka.

3. Buah tidak tahan lama, stoknya rentan busuk

Kalau kamu niat berbisnis ini, kamu harus mempersiapkan tempat penyimpanan supaya buah-buahnya tidak kelas busuk. Kalau busuknya banyak sebelum dipakai akan sangat merugi. Pastikan buah-buah stokmu bersih supaya tidak rentan busuk. Lalu, sebelum disimpan sebaiknya dimasukkan ke dalam plastik untuk melindungi kandungannya sehingga bisa sedikit lebih awet.

Keuntungan atau Keunggulan Berbisnis Jus Buah

Tenang, selain bahas kelemahan, kita juga akan bahas keunggulan berbisnis jus buah kok. Mungkin beberapa di antara kamu ada yang sudah familiar, tapi berikut ini akan kami rangkumkan kembali.

1. Merupakan jenis usaha yang baik untuk kesehatan konsumen

Seringkali pelaku bisnis hanya mementingkan soal rasa dan mengabaikan soal dampaknya bagi kesehatan konsumen. Tanpa dipublikasikan, jus buah jelas sangat baik untuk kesehatan. Jadi, kamu tidak perlu khawatir usahamu ini tidak laku. Asalkan strategi marketing baik dan kamu menjaga kualitas jusmu, dijamin orang-orang yang pernah beli akan ketagihan.

2. Tingkat repeat order-nya tinggi

Kalau kamu bisa menghadirkan jus buah yang segar dan pastinya dari buah-buah alami yang sudah terbukti khasiatnya, pelangganmu pasti akan kembali lagi. Kalau kamu bisa menjaga konsistensi rasa enak dan kualitas nomor satu, bisnismu pasti akan berjalan lancar. Eits, kamu jangan terlena sekalipun repeat order-nya tinggi. Kamu perlu melakukan inovasi secara berkala supaya konsumenmu juga tidak bosan dengan rasa yang itu-itu saja.

3. Tidak perlu pusing memikirkan lokasi, di mana saja bisa!

Karena jenis bisnis ini juga bisa kamu jalankan di rumah, kamu cukup menyediakan space untuk memajang jus buahmu, misalnya di halaman rumahmu. Kalau kamu hanya memasang papan pengumuman jika kamu menjual jus buah juga bisa, jadi pembeli tinggal pesan dan kamu akan menyajikan. Pokoknya tidak perlu ribet memikirkan lokasi karena konsumen minuman biasanya lebih suka membawa pulang untuk dikonsumsi di rumah.

4. Target pasarnya luas dan tidak perlu biaya promosi yang besar

Siapa saja bisa mengonsumsi jus buah kok, dari anak kecil sampai orangtua. Mereka mau rasa buah apa juga suka-suka. Pokoknya sangat fleksibel sehingga tidak perlu pusing memikirkan segmentasi pasar yang spesifik. Selain itu, biaya promosi juga tidak sebesar kalau bisnis fashion. Kamu cukup pasang pengumuman dalam bentu banner/spanduk atau bisa juga promosi melalui story media sosial juga sudah sangat membantu. Asalkan ada gambar buah dan cup jus dijamin orang langsung tahu kalau di situ ada yang jual jus buah. Gampang banget kan?

Oke, setelah sebelumnya sudah membahas soal kelebihan dan kekurangan bisnis jus buah, sekarang waktunya kita membahas soal bagaimana supaya produkmu bisa laris manis.

Strategi Marketing Biar Jus Buahmu Laris Manis

Kalau sudah menjalankan bisnis, pasti yang diinginkan adalah produk dagangan laris manis dan menghasilkan keuntungan yang minimal bisa menutup modal. Nah, kalau begitu simak jurus marketing di bawah ini yuk!

1. Lakukan riset pasar terlebih dahulu

Usaha jus buah juga perlu riset, jangan asal stok buah dan menjalankan usaha. Kamu juga perlu tahu, rasa apa saja sih yang biasanya laris? Kalau kamu asal stok buah dan ternyata rasa itu jarang dicari, bisa-bisa kamu rugi. Riset awal memang penting banget untuk kelancaran usaha ke depannya.

2. Gunakan banner sebagai salah satu cara promosi

Kalau kamu menjalankan bisnis rumahan ataupu bukan, banner sebagai pertanda kalau kamu menyediakan jus buah sangat penting. Biasanya pendiri kedai jus buah atau pengusaha jus buah akan memasang banner dengan gambar buah segar berikut tampilannya setelah menjadi jus. Hal ini juga bisa menjadi salah satu penggugah selera dan alasan orang ingin mampir untuk membeli daganganmu!

3. Tentukan mau tempat usaha booth atau gerobak

Tempat usaha untuk bisnis jus buahmu bisa berupa booth atau gerobak karena tempat usaha yang menetap relatif mahal penyewaannya. Meskipun berupa booth atau gerobak tempat usahamu tetap bisa menetap asal mendapatkan izin usaha atau beroperasi di daerah tersebut. Buat booth atau gerobak yang menarik sehingga konsumen penasaran dan mencari tahu produkmu. Booth atau gerobakmu harus jelas mencantumkan produk apa yang kamu jual.

4. Gunakan cup plasti sebagai kemasannya

Selain booth atau gerobak, yang harus disipakan untuk membuka usaha minuman adalah kemasan dari produkmu. Minuman merupakan produk yang penyajiannya menggunakan kemasan gelas. Ada beberapa jenis kemasan gelas yang bisa kamu pakai sesuai dengan produk minuman yang kamu jual.

Cup plastik untuk minuman dingin

cup plastik untuk minuman dingin

Produk-produk minuman dingin biasanya menggunakan kemasan gelas plastik yang bahannya fleksibel namun kokoh dan cocok untuk suhu dingin yang rendah. Cup plastik hadir dengan bermacam-macam ukuran. Paling kecil adalah gelas plastik dengan ukuran 12 oz atau setara dengan 350 ml. Lalu ada ukuran 14 oz setara dengan 400 ml, 16 oz setara dengan 470 ml, dan 22 oz setara dengan 650 ml. Cup plastik untuk minuman dingin ini juga bisa hadir dengan dua  tampilan yang bisa dipilih, polos dan sablon.

5. Lid cup

Lid cup merupakan pelengkap dari kemasan gelasmu. Sebagai usaha minuman kekinian, kemasan yang digunakan juga harus merepresentasikan aspek kekinian tersebut. Tidak menggunakan kemasan konvensional adalah salah satu bentuk representasi dari kekinian tersebut. Lid cup merupakan penutup kemasan gelas yang biasa digunakan untuk menutup kemasan dengan rapat. Tutup kemasan ini berbeda dari tutup gelas biasa karena tutup ini menempel erat dengan kemasan dan berbahan dasar plastik. Lid cup ini bisa hadir dalam dua tampilan, polos dan sablon.

6. Cup sealer

Jika kamu membuka usaha minuman kekinian dan menggunakan kemasan kekinian seperti di atas maka kamu juga membutuhkan cup sealer. Kegunaan dari cup sealer adalah untuk menyegel tutup gelas agar menempel pada kemasan gelas sehingga tidak mudah tumpah. Jika tidak menggunakan cup sealer tutup cup tidak akan menempel karena cara kerja dari cup sealer ini adalah dengan memanaskan plastik penutup sehingga dapat menempel dengan baik. Untuk kemasan ukuran 12 sampai 16 oz bisa menggunakan mesin cup sealer yang sama.

Mempersiapkan hal-hal di atas harus dilakukan sebelum kamu membuka usaha. Segala hal yang diperlukan sebelum membuka usaha bisa kamu dapatkan melalui diKemas.com. Melalui diKemas.com kamu akan mendapatkan apa-apa saja yang kamu butuhkan untuk membuka usaha minuman. Baik dari kemasan cup, lid cup, sampai mesin cup sealernya.

Kalau kamu mau sharing seputar bisnis minuman, silakan sampaikan melalui kolom komentar ya! Kami tunggu.

 

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar