Ide / Inspirasi Kemasan, Tips Kemasan

Ternyata Cup Plastik Bikin Bisnis Salad Buah Makin Dilirik

ternyata-cup-plastik-bikin-bisnis-salad-buah-makin-dilirik
salad-buah

sumber gambar: cookpad.com

Berkenalan Dengan Salad Buah

Bisnis salad buah boleh juga nih gaes. Salad buah dikategorikan dalam makanan sehat karena komponen utamanya adalah buah-buahan. Eits, salad buah tidak kalah populer kok dibandingkan dengan salad sayur. Belum lagi rasanya yang enak, bisa jadi pilihan menu diet favorit banyak pihak nih. Pokoknya salad buah nggak cuman sering dikonsumsi mereka yang pengen diet, tapi juga penggemar buah. Kini, buah nggak lagi dimakan begitu aja, tapi ada kandungan lain seperti susu atau yoghurt yang bikin salad buah makin istimewa dan menjadi primadona.

Well, kalau kamu mencoba bisnis ini besar kemungkinan bisnismu bisa mendulang rupiah dengan cepat. Siapasih yang menolak kelezatan makanan satu ini? Komponen buah di dalamnya juga bisa dipilih sesuai selera. Kalau nggak suka pisang ya request yang tanpa pisang. Kalau nggak suka suatu buah ya bisa diganti dengan yang lain. Pokoknya sesuai selera banget kalau mau menikmati enaknya salad buah.

Oke, sebelum kita bahas lebih lanjut soal bisnis salad buah, tidak ada salahnya untuk kenalan bagaimana sih cara buatnya? Siapa tahu kamu mau mencobanya dulu sendiri sebelum memutuskan menjadikan racikan buahmu sebagai jajanan yang menyehatkan.

Apakah Semua Jenis Buah Cocok Untuk Membuat Salad Buah?

Berbagai macam buah memang bisa ditambahkan ke dalam salad buah asal kamu menyukainya. Tapi, ternyata ada lho rekomendasi buah apa saja yang sebaiknya menjadi komponen dari salad buah.

1. Apel

Apel memiliki khasiat untuk menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolestrol baik. Berkat antioksidan flavonoid yang terkandung di dalamnya, apel dipercaya mampu menurunkan risiko penyakit asma dan penyakit paru obstruktif kronis.

2. Mangga

Buah yang banyak ditemukan di Indonesia ini tinggi serat dan kayak kandungan vitamin C, antioksidan, dan zatantiradang. Pokoknya selain rasanya enak, kandungan di dalamnya sangat recommended untuk menjadi bagian wajib dari jenis buah untuk salad.

3. Pepaya

Manfaat buah ini untuk melancarkan pencernaan sudah nggak diragukan lagi. Semisal kamu sedang ada masalah dengan pencernaah, susah BAB, cocok banget makan salad buah dengan banyak pepaya di dalamnya.

4. Semangka

Buah ini dipercaya dapat menurunkan tekanan darah karena kandungan di dalamnya. Semangka mengandung vitamin A dan C yang bagus untuk kesehatan mata juga.

5. Jeruk

Kandungan vitamin C dalam jeruk sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, jeruk juga mengandung kalium dan vitamin B. Bagus banget buat kesehatanmu!

Nah, lima buah di atas memang sering kita jumpai ada dalam salad buah. Sebenarnya kalau mau ditambahkan jenis buah lain seperti buah naga, kiwi, melon, pisang, alpukat, atau buah lainnya juga bisa. Sesuaikan saja dengan selera supaya mengonsumsinya jadi menyenangkan.

Resep Salad Buah Super Yummy

resep-salad-buah

sumber gambar: Unsplash.com/Sara Dubler

Sudah tahu buah apa saja yang bagus jadi bagian salad buah, kurang lengkap rasanya kalau nggak sekalian kita kasih tahu resepnya. Kan katanya pengen bisnis salad buah? Cobain dulu deh resepnya, gampang kok, kalau udah yakin pokoknya harus langsung praktek!

Bahan-bahan Salad Buah Super Yummy:

  • 1/2 buah melon
  • 1/2 buah semangka
  • 200 gram buah kelengkeng
  • 1 buah nanas
  • 1 buah naga merah
  • 200 gram anggur

Saus Creamy Salad Buah Super Yummy:

  • 160 gram (4 sachet) susu kental manis putih
  • 160 gram mayonaise
  • 200 gram keju cheddar
  • 160 gram yogurt plain (saya pakai Greek Yogurt, boleh pakai merek apa saja)

Cara Membuat Salad Buah Super Yummy:

  1. Langkah pertama, potong-potong buah jadi bentuk dadu (tujuannya biar rapi dan lebih cantik). Anggur belah jadi 2, bijinya perlu disingkirkan. Kelengkeng juga singkirkan bijinya. Setelah itu campurkan buah jadi 1 dalam baskom lalu bagi-bagi buah ke dalam cup kecil maupun cup besar. Sisihkan.
  2. Campurkan susu kental manis, yogurt dan mayonaise, aduk hingga bahan saus merata.
  3. Setelah itu siramkan saus ke atas buah.
  4. Parut keju di atasnya, sesuai selera saja banyaknya.
  5. Setelah semua step dilalui, sekarang simpan dalam kulkas, sajikan setelah dingin.
  6. Resep yang ini hasilnya banyak. Tergantung besar kecilnya cup yang dipakai juga sih. Cocok banget hasil resep ini dipakai buat jualan.

Sudah tahu buah apa aja yang cocok jadi salad buah, udah tahu juga cara bikin salad buah super simpel. Sekarang kamu perlu tahu hal-hal mendasar sebelum berbisnis salad buah.

Tips-Tips Berbisnis Salad Buah

Bisnis salad buah kelihatan sederhana dan mudah, tapi tetap nggak boleh sembrono.

1. Harus punya srategi pemasaran

Kalau kamu buka bisnis sendiri, kendala yang sering ditemui adalah soal promosi. Lack of promotion bisa bikin bisnis gagal berkembang. Strategi pemasaran buat pemula tentu penting banget. Kamu bisa mulai pemasaran dari hal-hal sederhana seperti memberikan tester dan biarkan mereka yang mencoba salad buahmu memberikan testimoni. Minta tolong saja sama mereka untuk promosi sekalian produk kamu di media sosial mereka.

2. Pilih buah yang nggak gampang busuk

Hal ini dimaksudkan supaya kamu bisa punya stok buah tanpa takut buahmu lekas busuk. Apalagi kalau kamu mahasiswa yang nggak punya waktu terlalu sering untuk belanja buah. Cukup beli sekali dalam seminggu untuk stokmu.

3. Pakai sistem pre-order untuk menekan risiko produkmu tidak laku

Kamu bisa promosi sekalian memberitahu bagi siapapun yang tertarik membeli salad buah dengan cara memesan. Kamu juga bisa batasi pukul berapa maksimal kamu menerima orderan. Kalau begini risiko produkmu tidak laku akan sangat kecil. Sistem pre-order cocok banget untuk kamu yang baru merintis awal. Kalau nanti bisnis salad buahmu sudah semakin besar dan banyak penggemarnya, restock (ready stock) sangat boleh karena pasti ada saja yang mau membeli.

4. Kesan pertama sebuah produk ada pada kemasannya, bikin kemasan salad buahmu semenarik mungkin!

Kalau kamu mau membuat visual salad buahmu makin menggoda, kamu bisa pakai jenis kemasan thin wall. Thin wall ini bentuknya mangkuk. Thin wall terbuat dari plastik PP dan plastik PET yang aman bagi minuman atau makanan. Kemasan ini juga transparan, namun lebih tebal sehingga produk di dalamnya kurang terlihat jelas. Buah-buah pada saladmu akan terlihat outstanding.

Thin wall hadir dalam berbagai macam ukuran mulai dari 200 ml. Kemasan ini juga memiliki penutup yang terbuat dari plastik tebal dan datar. Bentuknya yang mangkuk ini cocok untuk salad buah yang memiliki komposisi padat. Kemasan ini kokoh dan dapat digunakan kembali oleh konsumen.

Nah, itu tadi gambaran awal kalau kamu mau mencoba peruntungan dengan bisnis salad buah. Gampang kan? Pasarnya juga masih luas, jadi kamu nggak perlu pesimis untuk menjalankannya. Kalau masih ada uneg-uneg atau ingin berbagi kisah selama berbisnis atau ada keinginan membuka usaha sesuatu (apapun itu), boleh banget isi di kolom komentar. Ditunggu sharing-nya, because sharing is caring