Tips Kemasan

Sudah Tahu Ukuran Paper Cup untuk Produk-produk Usahamu?

Sudah Tahu Ukuran Paper Cup untuk Produk-produk Usahamu

Halo Sobat Dikemas! Semakin hari persaingan bisnis semakin ketat. Mulai banyak bermunculan UMKM yang semakin menyemarakan dunia bisnis. Makanan dan minuman masih menjadi lahan favorit untuk berbisnis. Peluangnya selalu terbuka lebar dan tidak pernah mati. Kamu salah satu pelaku UMKM makanan dan minuman?

Berbicara produk usaha pasti tidak dapat lepas dari berbicara tentang kemasan atau packaging produk. Pelaku UMKM saat ini mulai banyak yang memikirkan kemasan yang baik bagi produknya. Apakah kamu salah satunya?

Produk minuman yang menjadi bidang usaha paling ramai tidak terlepas dari kemasan yang terus mengalami inovasi. Paper cup adalah salah satu kemasan yang mengalami inovasi terus menerus. Sebelum kamu menggunakan paper cup untuk mengemas produk-produk minumanmu apakah kamu sudah mencari tahu tentang paper cup ini? Sudahkah kamu tahu ukuran paper cup ada beragam?

Cari Tahu Mana Ukuran Paper Cup yang Sesuai untuk Produkmu!

Yup, seperti yang telah disebutkan sebelumnya ukuran paper cup ada banyak. Mulai dari yang kecil sampai yang bisa menampung lumayan banyak. Penggunaan paper cup tidak terbatas pada minuman tertentu. Baik hangat maupun dingin bisa dikemas menggunakan paper cup ini. Simak ukuran paper cup dan cari tahu mana yang sesuai untuk produkmu.

1. ukuran 4 oz

ukuran paper cup 4 oz

Ini adalah ukuran terkecil. Penggunaannya beragam untuk macam-macam keperluan. Paper cup dengan ukuran ini berbahan dasar kertas food grade dan memiliki kapasitas 120 ml. Ukuran tepat dan terukur dari kemasan ini adalah diameter atas 5,5 cm dan diameter bawah 4,5 cm. Selain itu kemasan ini memiliki tinggi 6 cm dan cocok untuk dijadikan kemasan tester minuman.

2. ukuran 7 oz

ukuran 7 oz

Lebih besar daripada paper cup sebelumnya, paper cup ini berukuran 7 oz atau setara dengan kapasitas 175 ml. Kemasan ini juga berbahan dasar kertas food grade yang bisa disablon. Paper cup ini memiliki diameter atas 7,2 cm dan diameter bawah yang jauh lebih kecil  5,1 cm. Tinggi dari paper cup 7 oz adalah 8 cm. Cocok digunakan kemasan teh hangat atau kopi seduh.

3. ukuran 8 oz

ukuran 8 oz

Selanjutnya memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dari sebelumnya. Paper cup ini cocok untuk mengemas beragam minuman. Mengemas teh hangat atau kopi dengan ukuran yang jauh lebih besar dari paper cup sebelumnya. Paper cup ini memiliki ukuran tinggi 9,3 cm diameter atas 8 cm dan diameter bawah 5,5 cm.

4. ukuran 9 oz

ukuran 9 oz

Selanjurnya adalah ukuran terbesar diantara kemasan paper cup. Ukuran 9 oz ini setara dengan kapasitas 278 ml. Paper cup 9 oz memiliki diameter atas sebesar 8 cm, diameter bawah sebesar 5,6 cm dan tinggi 9,2 cm. Paper cup ini biasanya digunakan untuk mengemas minuman dalam porsi large atau jumbo.

Uuran Paper Cup Sesuai Jenis Produk Minuman

semua jenis minuman

Dari beragam ukuran tersebut ada ukuran-ukuran yang memang cocok untuk minuman tertentu. Secara mudahnya minuman dibagi menjadi dua, minuman dingin dan minuman hangat. Semua ukuran yang disebutkan di atas cocok untuk menjadi kemasan minuman hangat. Namun tidak semua cocok untuk mengemas minuman dingin.

Umumnya minuman dingin dikemas dengan ukuran 9 oz atau 8 oz karena rata-rata minuman dingin terdapat es batu di dalamnya. Adanya es batu akan otomatis membuat permukaan air menjadi naik sehingga membutuhkan kemasan yang besar untuk menampungnya. Namun sebetulnya paper cup tetap dapat menjadi kemasan minuman dingin dengan catatan tidak menggunakan banyak es batu.

Hayo yang mana ukuran yang sesuai dengan produkmu? Sudahkah kamu memakai paper cup dengan ukuran yang sesuai? Kalau belum yuk beralih menggunakan paper cup yang sesuai. Bingung? Konsultasikan saja dengan diKemas.com, ahlinya kemasan!