Tas Spunbond, Pilihan Tepat Kurangi Pemakaian Plastik!

Tas spunbond saat ini sedang dipersiapkan sebagai terobosan baru untuk mengatasi masalah lingkungan di Indonesia. Benarkah tas ini ramah lingkungan dan mampu menggantikan kantong plastik? Sebuah Peraturan Gubernur yang berkaitan dengan plastik di wilayah ibukota Indonesia yaitu DKI, resmi disahkan. Peraturan tersebut adalah jawaban nyata dari menumpuknya limbah plastik yang kita keluarkan sehari-hari. Isi dari peraturan itu adalah mewajibkan warga untuk menggunakan kantong non plastik yang ramah lingkungan.

Lingkup yang dicakup oleh peraturan tersebut menyasar pasar tradisional dan pasar modern sehingga merata berlaku ke semua lapisan masyarakat. Suatu harapan yang sangat besar di balik disahkannya peraturan ini adalah berkurangnya penggunaan plastik yang nantinya akan berdampak pada berkurangnya limbah plastik. Pelarangan penggunaan kantong berbahan plastik ini telah mulai dijalankan pada tanggal 1 Juli 2020.

paper-cup-baner-web

Pelanggaran Terhadap Pelarangan Penggunaan Plastik

Adanya undang-undang yang mengatur penggunaan plastik ini memiliki konsekuensi pada masyarakat yang tidak mengindahkan peraturan ini. Isi peraturan tersebut menyebutkan sanksi yang akan diterima jika sebuah toko atau penjual yang melanggar akan menerima surat teguran atau uang denda atau pembekuan sementara dan yang paling tinggi adalah dicabutnya perizinan untuk berdagang. Langkah besar ini diambil karena melihat negeri ini yang telah banyak tertumpuk sampah plastik yang tidak dapat didaurulang dan lebih banyak memunculkan masalah-masalah pencemaran.

Pernah diungkapkan oleh ibu Susi Pudjiastuti bahwa negara kita adalah sumber sampah plastik rangking 2 di kancah internasional. Salah satu aspek yang paling terdampak oleh sampah plastik adalah kehidupan di laut. Ekosistem hewan laut terganggu oleh kehadiran limbah plastik.

Tas Spunbond Sebagai Pengganti Plastik

Kemudian masyarakat bertanya-tanya dengan apa akan menggantikan peran kantong plastik yang sudah bertahun-tahun kita gunakan untuk berbagai keperluan. Suatu alternatif yang patut untuk dijadikan andalan adalah tas kain spunbond. Kita dapat mengandalkan tas ini untuk menggantikan kantong berbahan plastik karena tas ini memiliki kekuatan yang sama-sama handal. Bahkan, tas dengan bahan ini lebih kuat. Bisa kita lihat pada keseharian saat kita berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Tas dari bahan plastik sering kali kurang kuat menahan beban dan terpaksa menggunakan dua lapis plastik. Sedangkan, dengan kantong spunbond tidak perlu menggunakan dua lapis. Dari aspek keramahannya terhadap lingkungan, tas ini juga jauh lebih unggul. Tas ini dapat dicuci ulang dan digunakan berkali-kali. Saat diujicobakan pada masyarakat, ternyata penggunaan tas ini berhasil menurunkan limbah plastik sebanyak 15%. Dengan angka keberhasilan di wilayah ibukota ini diharapkan wilayah lain juga segera melakukan gerakan pengurangan limbah plastik.

Kelebihan Lain Tas Spunbond

Kelebihan lain dari kain spunbond adalah kan ini memiliki daya tahan atau keawetan yang baik. Kekuatannya juga sangat baik dengan tingkat kerusakan yang sangat rendah. Permukaan kain ini halus dengan kepadatan yang rapat. Bila terkena noda, kain ini dapat dicuci dengan mudah. Kelebihan yang paling disukai dari kain ini adalah harganya yang terjangkau. Tentu saja hal tersebut merupakan kabar menyegarkan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia karena masalah ekonomi juga adalah sektor yang harus dipikirkan.

Untuk kepentingan fashion, tas ini bisa jadi souvenir dan juga lebih trendy dibandingkan kantong plastik biasa. Berbagai warna dan desain dapat dipilih untuk melengkapi keindahan kantong belanja kita yang sekaligus dapat membangkitkan mood.

Apa Itu Tas Spunbond 75 Gsm?

Untuk Anda yang akrab dengan dunia tekstil tentunya istilah-istilah berat dan ukuran sudah tidak asing lagi. Namun bagi yang awam atau baru menyelami dunia kain, mendengar kata tas spunbond 75 gsm rasanya agak asing. Sebagian bertanya apa singkatan dari gsm itu? Sebagian yang lain mengira bahwa penulisan gsm itu adalah salah ketik atau typo dari kata ‘gram’. Ternyata huruf tersebut bukan salah ketik karena huruf gsm yang tertulis di belakang angka 75 itu memiliki kepanjangan yaitu gram per squared meter. Paduan angka dan huruf ini menunjukkan klasifikasi kain spunbond. Setiap klasifikasi atau sub jenis kain ini mempunyai kekuatan yang berbeda sehingga nantinya penggunaannya juga akan berbeda.

Ada tiga jenis kain spunbond menurut ketebalannya (gsm) yang sering digunakan di Indonesia.

a. Kain Tas Spunbond 50 Gsm

Kain ini adalah yang paling tipis dibandingkan 2 kain spunbond lainnya. Oleh karena itu, penggunaannya menyesuaikan beban yang dapat diangkat oleh kain ini. Kain ini biasa digunakan untuk membungkus tas jinjing wanita atau pun helm yang baru saja dibeli dari toko.

b. Kain Spunbond 75 Gsm

Kain ini memiliki ketebalan yang baik dan kekuatan yang lebih tinggi dibandingkan jenis yang pertama. Perpaduan antara kekuatan dengan tekstur yang baik membuat kain ini sangat mudah untuk dijahit namun tidak mudah rusak. Bahan ini sangat cocok untuk membuat tas belanjaan atau goodie bag. Maka, sudah tidak heran lagi jika tas spunbond 75 gsm sangat banyak digunakan untuk berbelanja.

c. Kain Spunbond 100 Gsm

Kain ini adalah yang paling tebal dan dapat menahan beban lebih berat daripada dua jenis kain spunbond lainnya. Karena tebal dan kuat, kain ini cocok digunakan untuk mengangkat pakaian laundry yang banyak.

Fungsi Lain Tas Spunbond

Tidak hanya sebagai sarana membawa belanjaan atau barang, tas ini dapat difungsikan sebagai alat promosi brand perusahaan dengan menampilkan materi iklan pada salah satu sisi tas atau keduanya sekaligus. Cara menyematkannya ada beberapa cara. Yang pertama adalah sablon. Tas spunbond sablon memiliki warna yang paling cemerlang di banding metode lain untuk menyematkan desain. Yang kedua adalah printing. Dengan cara printing, gambar desain akan menempel namun warna yang dihasilkan sedikit lebih samar dari pada tas spunbond sablon. Dua cara tersebut sangat diminati dalam penyematan desain.

Metode iklan dengan tas ini dinilai sangat efektif karena tanpa sadar, pemakai tas belanja tersebar ke berbagai tempat umum seperti pusat perbelanjaan, maka desain tas itu dapat dilihat banyak orang. Selain sebagai ‘iklan berjalan’, tas spunbond sablon juga dapat digunakan sebagai cenderamata pada pesta pernikahan, reuni sekolah/kampus/komunitas dan lainnya. Dengan menyematkan nama acara, tanggal dan lokasi kita akan selalu diingatkan tentang saat-saat menyenangkan bersama orang-orang terkasih. Warna dasar yang digunakan juga tersedia dalam berbagai warna. Kita dapat memilih sesuai selera atau sesuai dengan tema acara yang diusung.

Berdasar ulasan di atas ditambah dengan pengalaman kita sehari-hari, ternyata tas spunbond memiliki banyak manfaat lebih banyak dari harapan. Tidak hanya sebagai pengganti kantong plastik, tetapi juga sebagai media promosi dan untuk mengingat suatu momen. Ini alasan yang sangat kuat menjadikan tas berbahan spunbond sebagai bagian dari kehidupan kita. Dengan banyaknya manfaat tas ini, mari kita segera bergerak menuju kehidupan yang lebih baik dengan beralih ke tas spunbond dan kita kurangi limbah sampah plastik di bumi pertiwi. Yuk pesan tas spunbond yang kamu butuhkan dengan menghubungi kontak diKemas.com di bawah ini!

Tinggalkan komentar