Tips Bisnis Mie Organik, Makanan Sehat Menguntungkan!

Bisnis mie organik merupakan tren yang terjadi karena makin banyaknya orang yang peduli akan kesehatan. Sebab kesehatan saat ini sudah menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan. Selain itu orang-orang juga sudah mulai beralih pada gaya hidup sehat. Banyak hal yang kemudian menjadi pertimbangan supaya gaya hidup sehat bisa konsisten diterapkan.

Gaya Hidup Sehat

Sekarang ini gaya hidup sehat banyak diterapkan mengacu pada pertimbangan keseimbangan aktivitas fisik dan pola konsumsi. Kalau ngomongin aktivitas fisik, sekarang makin banyak pelaku bisnis olahraga yang menawarkan beragam kemudahan untuk orang. Mulai dari penyediaan jasa trainer, kelas olahraga, produk perlengkapan dan peralatan olahraga, sampai sewa arena olahraga. Selain olahraga yang dijadikan gaya hidup sebagai bagian dari gaya hidup sehat, pola konsumsi juga menjadi hal yang sangat penting. Ada beragam jalan yang ditempuh untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan memperhatikan pola konsumsi atau pola makan. Misalnya ada yang memutuskan untuk menjadi seorang vegan, seorang vegetarian, atau melakukan diet dengan beragam jenis.

paper-cup-baner-web

Peluang Bisnis Mie Organik

Dari hal ini menjadikan bisnis kuliner berinovasi serta memanfaatkan peluang dengan menyediakan berbagai olahan makanan sehat. Salah satu peluang usaha kuliner makanan sehat adalah olahan makanan mie organik. Bisnis mie organik ini merupakan bagian dari inovasi usaha kuliner yang tidak akan ada matinya. Karena dalam dunia bisnis kuliner banyak sekali jenis jajanan, masakan, ataupun berbagai produk olahan yang menarik untuk dicoba keperuntungannya. Makanan yang berasal dari bahan organik juga cukup digemari banyak orang. Hal ini disebabkan karena makanan yang berasal dari bahan organik sangat aman untuk dikonsumsi bagi kesehatan tubuh dan menjadi produk yang paling dicari oleh orang-orang yang menerapkan gaya hidup sehat.

Salah satu jenis makanan yang sangat difavoritkan oleh banyak orang adalah mie. Sudah pasti banyak orang yang memang sangat menyukai makanan cepat saji yang satu ini. Di samping pembuatannya yang mudah dan sederhana, rasanya juga nikmat. Tapi ketika mie dikonsumsi secara berlebihan atau terlalu sering juga tidak baik untuk kesehatan. Terutama terkait dengan pencernaan. Dari hal tersebut supaya mie tetap dapat dikonsumsi dengan lebih aman dan sehat muncullah mie organik di tengah adanya mie instan, mie telur, atau pun mie daging. 

Mie organik akan banyak diburu oleh orang-orang yang punya gaya hidup sehat karena terbuat dari bahan-bahan alami yang pasti sangat aman dan sehat untuk dikonsumsi baik itu untuk orang dewasa bahkan juga anak-anak. Jenis mie organik juga banyak menjadi salah satu menu favorit di banyak tempat makan mulai dari skala warung, kafe, hingga restoran. Bahkan ada juga tempat makan khusus makanan organik yang menjadikan mie organik sebagai salah satu menu andalan. Mie organik banyak disukai karena mie ini dibuat dari bahan-bahan yang menyehatkan seperti sayuran dan ekstrak buah-buahan.

Tips Bisnis Mie Organik

Peluang bisnis mie organik saat ini prospeknya juga semakin menjanjikan. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa sekarang makin banyak orang yang menerapkan gaya hidup sehat. Bisnis mie organik ini sangat cocok untuk kamu coba. Untuk memulai bisnis mie organik ini ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Ini dia tips bisnis mie organik yang bisa kamu lakukan!

1. Pastikan Olahan Mie Organik Tanpa Bahan Kimia

Dalam menjalankan bisnis mie organik yang perlu kamu perhatikan adalah konsumennya. Tentu para konsumen yang menginginkan mie organik tidak ingin makanannya mengandung bahan kimia yang justru akan merusak esensi dari gaya hidup sehatnya. Jadi pastikan olahan mie organik kamu benar-benar terbebas dari bahan-bahan kimia.

2. Tetap Jaga Kualitas Mie Organik

Untuk menjaga kualitas mie organik kamu harus konsisten dalam proses produksinya. Sah saja kalau Bunda berinovasi dengan produk-produk mie organik. Tapi yang harus diperhatikan adalah kualitas dari produk itu sendiri. Jangan sampai inovasi produk justru merubah kualitas produk mie organik.

3. Konsumen Yang Tepat Sasaran

Ketika kamu menjual mie organik pastikan bahwa segmen atau target kosumenya juga tepat sasaran. Lakukan terlebih dulu perencanaan bisnis mie organik dengan matang. Mulai dari konsep bisnis, riset pasar, riset target konsumen, serta strategi pemasarannya. Manfaarkan juga media sosial dengan isi konten yang menarik dan informatif.

4. Resep Mie Organik

Dalam menjalankan bisnis kuliner, hal yang sangat penting adalah bagaimana bisa menciptakan makanan dengan cita rasa yang sesuai selera konsumen. Berikut ini resep yang bisa kamu kembangkan ketika akan menjalankan bisnis mie organik.

Bahan Mie Organik

– 1 ikat sayur bayam, diambil daunnya saja. (sayurannya bisa kangkung, sawi, wortel, ubi ungu dan lainnya sesuai selera)

– 4 Sendok makan air

– 200 gram tepung terigu protein sedang

– 50 gram tepung beras

– Garam secukupnya

– 1 Butir telur ayam

– 2 sendok makan minyak goreng

– Air 200 ml

Cara Membuat Mie Organik

1. Siapkan nampan lebar untuk tempat adonan mie.

2. Masukkan bayam ke dalam blender dan tambahkan 4 sdm air. Blender bayam sampai halus kemudian sisihkan.

3. Campurkan tepung terigu, tepung beras, dan garam. Aduk sampai rata kemudian tambahkan blenderan bayam dan telur. Tambahkan juga 1 sdm minyak goreng, aduk rata dan uleni hingga kalis.

4. Bagi adonan menjadi 4 bagian. Pipihkan adonan mie dengan menggunakan cetakan.

5. Giling adonan yang sudah dipipihkan dengan gilingan mie ke level 2/3/4 dengan ketebalan sisi sesuai selera. Kemudian taburkan tepung terigu agar mie tidak lengket. Biarkan agar tepung mengering.

6. Panaskan air yang diberi 1 sdm minyak goreng sampai mendidih, rebus mie 3 menit, kemudian angkat dan ditiriskan.

7. Bahan dasar mie siap dimasak dengan olahan apa saja sesuai selera. Bisa dimasak mie goreng, mie kuah, mie tek-tek, mie ayam, campuran mie bakso dan lainnya.

8. Mie bisa disimpan di kulkas 3-5 hari dengan penyimpanan yang baik di dalam kemasan vacuum bag.

5. Kemasan Mie Organik

Ada dua jenis kemasan yang bisa kamu pakai dalam menjalankan bisnis mie organik ini. Tergantung dengan jenis bisnis mie organik yang kamu jual. Apakah dalam bentuk matang atau dalam bentuk mie organik frozen food. Berikut ini ulasan dan detail kemasan mie organik yang bisa kamu pelajari.

Kemasan Kertas

Paper Bowl
https://dikemas.com/

Kalau kemasan makanan dengan bahan kertas yang satu ini pasti kamu sudah familiar. Bahannya kertas, ada pilihan yang laminasi atau non laminasi. Jenis dan bentuknya beragam mulai dari paper lunch box, paper lunch box window, food tray, food pail, dan paper bowl. Kemasan ini cocok untuk mengemas mie organik yang sudah matang. Kalau untuk cetakannya adalah printing. Kamu bisa gunakan desain yang eye cathing dengan full color. Ukurannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Kemasan Vacuum Bag

Kemasan Vacuum Bag
https://dikemas.com/

Untuk kemasan mie organik frozen food kamu membutuhkan peralatan tambahan yaitu mesin vacuum sealer. Fungsinya adalah untuk menyedot udara yang ada dalam kemasan supaya produk lebih awet dan tahan lama. Kalau jenis kemasannya adalah kemasan plastik nylon. Plastik nylon ini masuk dalam produk polimer sintetik yang mana plastik ini memiliki tingkat elastis yang cukup tinggi. Selain itu daya keratnya cukup kuat. Untuk cetakannya kamu bisa gunakan teknik sablon satu warna atau lebih dengan desain simple dan elegan.

Gimana, udah mulai tertarik buat cobain bisnis mie organik yang menjanjikan ini? Kalau urusan kemasan, kamu bisa konsultasikan dengan tim diKemas.com ! Bebas biaya konsultasi sampai gratis desain! Yuk konsultasikan kemasan mie organik yang kamu jual dengan menghubungi kontak di bawah ini!

Tinggalkan komentar