Inspirasi Kemasan Praktis Buat Usaha Bakso Aci Kekinian!

Usaha bakso aci saat ini menjadi salah satu peluang bisnis kuliner kekinian yang menjanjikan. Sajian bakso aci sekarang menjadi buruan kalangan anak-anak muda. Apalagi bagi mereka pecinta kuliner yang masih sangat bersemangat untuk bereksplorasi dalam dunia kuliner. Selain memburu makanan yang sedang kekinian, anak muda juga tetap akan menjatuhkan pilihannya pada makanan yang cita rasanya juga enak.

Makanan Kekinian Bakso Aci

Olahan makanan dari aci rupanya cukup banyak digemari masyarakat. Begitu juga sudah banyak pelaku usaha yang mulai tertarik menjalankan usaha makanan berbahan dasar tepung kanji salah satunya usaha bakso aci ini. Bakso aci yang mulai booming di tahun 2018 sampai sekarang masih banyak penikmatnya. Bakso aci yang punya cita rasa gurih dengan kuahnya yang segar membuat bakso aci cocok menjadi santapan saat cuaca dingin atau dimakan di malam hari. Untuk isian bakso aci juga sudah bisa mengenyangkan perut. Mulai dari bakso daging, tahu, bakso aci, pilus, serta toping pilihan lainnya sudah bisa membuat perut kenyang untuk 1 porsinya.

paper-cup-baner-web

Salah satu alasan yang menjadikan usaha bakso aci peluangnya menjanjikan adalah penggemarnya yang berasal dari kalangan anak muda. Pecinta kuliner dari kalangan anak muda ini suka dengan cita rasa bakso aci karena segarya kuah bakso dipadukan dengan pedasnya sambal dan bubuk cabe dalam satu porsinya. Kebanyakan anak muda suka dengan cita rasa makanan yang gurih dan pedas. Bakso aci adalah salah satu sajian yang bisa mewakili kedua cita rasa tersebut secara lengkap.

Selain itu pilihan toping yang bisa dipadukan dalam satu mangkuk bakso aci juga beragam. Mulai dari jenis toping yang kering sampai yang basah akan sangat cocok menjandi dampingan satu porsi bakso aci. Selain mengenyangkan penggemar bakso aci juga akan berpetualang dalam memadukan toping sesuai selera mereka. Beberapa toping kering dalam sajian bakso aci adalah cuanki lidah kering, pangsit goreng, dan pilus. Sementara toping basah biasanya ceker, bakso daging sapi, bakso daging ayam, bakso ikan, siomay, dan tahu.

Peluang Usaha Bakso Aci

Banyaknya penggemar makanan ini yang berasal dari kalangan anak muda menjadikan peluang usaha bakso aci tentu punya prospek yang menjanjikan. Proses produksinya juga cukup mudah. Bakan baku bakso aci mudah didapatkan di pasaran. Modal yang kamu butuhkan juga tidak besar. Kemudian harga jual yang bisa kamu tetapkan untuk usaha bakso aci juga bisa menyasar banyak kalangan. Kalau di pasaran untuk satu porsi bakso aci berkisar antara 15 ribu sampai 25 ribu tergantung varian toping yang dipilih. Jadi sudah bisa diperkirakan kalau segmen konsumen dari usaha bakso aci luas dari berbagai kalangan.

Resep Bakso Aci

Dalam menjalankan usaha bakso aci satu hal yang sangat penting untuk kamu lakukan adalah membuat sajian bakso aci dengan cita rasa yang sesuai dengan selera konsumen. Berikut ini resep yang bisa kamu kembangkan untuk usaha bakso aci.

Bahan Bakso Aci

– 4 sendok scop tepung tapioka /kanji

– 2 sendok scop tepung terigu

– 4 siung Bawah putih, uleg sampe halus

– 1 bungkus penyedap rasa

– Garam

– Air secukupnya

Bahan Kuah Bakso Aci

– 3 siung bawang putih

– 2 siung bawang merah

– 1 buah cabe merah

– Cabe rawit, sesuai selera (makin pedas makin enak)

– 1 buah jeruk limau

– Air

– Gula

– Garam

Cara Membuat Bakso Aci

1. Rebus air secukupnya, lalu masukkan bawang putih yang telah di haluskan kedalam air rebusan, garam, dan penyedap rasa. Diamkan hingga mendidih. Setelah itu taruh tepung terigu dan tapioka kedalam wadah tepung lalu masukan air yang telah mendidih. Uleni dengan sendok karena masih panas tunggu hingga agak dingin lalu cetak bulat-bulat kecil.

2. Goreng sebagian adonan baso aci yang telah di cetak bulat-bulat untuk dijadikan baso aci goreng yang nanti akan dimasukkan ke dalam kuah baso aci.

3. Siapkan air untuk merebus adonan baso, tunggu hingga air mendidih, jika air sudah mendidih masukkan cetakan aci, tunggu hingga basonya berada di atas lalu angkat.

4. Uleg semua bahan termasuk beberapa cabe yang diuleg untuk kuah kecuali limau dan ambil beberapa cabe rawit (utuh). Tumis bumbu yang telah diuleg jika sudah harus masukkan beberapa rawit utuh lalu beri air (untuk kuah) lalu beri garam dan gula. Terakhir masukkan baso aci yang telah direbus sebelumnya. Tunggu hingga mendidih.

5. Siapkan piring atau mangkuk, masukkan beberapa baso aci yang telah digoreng lalu masukkan kuah beserta ciloknya ke dalam mangkuk.

6. Kemudian terakhir iris jeruk limau menjadi 2, peras air jeruk limaulalu potongan limau masukkan ke dalam mangkuk.

7. Baso aci kuah pedas siap disajikan.

Kemasan Bakso Aci

Ada beberapa kemasan yang bisa kamu pakai dalam menjalankan usaha bakso aci ini. Sesuai dengan olahan bakso aci apa yang kamu jual. Kamu bisa menjual bakso aci matang dengan kemasan paper bowl atau kemasan thin wall. Selain dalam sajian matang, kamu juga bisa menjual bakso aci dalam bentuk frozen food. Berikut ini ulasan tentang kemasan untuk usaha bakso aci yang kamu jalankan.

Kemasan Paper Bowl

Paper Bowl
https://dikemas.com/

Kemasan berbentuk mangkuk dari bahan kertas ini banyak digunakan untuk produk-produk makanan. Mulai dari camilan, makanan berat, sampai makanan berkuah. Ukurannya juga beragam mulai dari ukuran kecil, sedang sampai besar. Kemasan paper bowl materialnya dilapisi bahan anti panas dan anti air. Jadi jangan khawatir kemasan akan bocor atau rembes. Untuk desainnya kamu bisa gunakan stiker atau sablon. Kemasan paper bowl juga dilengkapi dengan penutup. Jadi bakso aci akan tetap aman sampai ke konsumen ketika dikirimkan dengan layanan delivery.

Kemasan Thin Wall

Kemasan Thin Wall

Mirip dengan kemasan paper bowl, kemasan thin wall bentuknya juga bulat seperti mangkuk. Ukurannya bermacam-macam bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Dari material bahan, kemasan thin wall cenderung lebih kuat dibandingkan dengan kemasan paper bowl. Kemasan ini terbuat dari bahan plastik tebal dengan dilengkapi penutup di atasnya. Jadi cocok untuk mengemas bakso aci baik saat kuahnya dicampur atau dipisah.

Kemasan Vacuum Bag

Untuk kemasan bakso aci frozen food kamu membutuhkan peralatan tambahan yaitu mesin vacuum sealer. Fungsinya adalah untuk menyedot udara yang ada dalam kemasan supaya produk lebih awet dan tahan lama. Kalau jenis kemasannya adalah kemasan plastik nylon. Plastik nylon ini masuk dalam produk polimer sintetik yang mana plastik ini memiliki tingkat elastis yang cukup tinggi. Selain itu daya keratnya cukup kuat. Untuk cetakannya kamu bisa gunakan teknik sablon satu warna atau lebih dengan desain simple dan elegan.

Sudah mulai tertarik untuk memulai usaha bakso aci? Kalau urusan kemasan, kamu bisa percayakan dengan tim diKemas.com yang akan membantu kamu membuat kemasan yang tepat untuk usaha bakso aci yang kamu jalankan. Yuk konsultasikan kemasan bakso aci yang kamu butuhkan dengan menghubungi kontak di bawah ini!

Tinggalkan komentar