Apa Pentingnya Peranan Sosial Media Dalam Bisnis Coffee Shop?

 

Di era modern ini dimana teknologi juga semakin canggih dan berkembang keberadaan sosial media menjadi trend gaya hidup masyakrat dari seluruh belahan dunia. Dimana pun keberadaannya hampir semua orang menggunakan sosial media secara aktif setiap harinya. Dengan perkembangan yang semakin cepat maka pertambahan masyarakat yang menggunakan sosial media ini juga turut naik terus menerus. Berbagai sosial media telah mecuri perhatian semua orang. Hampir semua aplikasi seluruh masyarakat mengenal dan menggunakan aplikasi yang sedang trend saat ini. Salah satunya adalah instagram, facebook, pinterest, tiktok, blog, wesbite, youtube, marketplace dan masih banyak lagi.

paper-cup-baner-web

Perkembangan teknologi yang tumbuh semakin pesat dengan penambahan fitur – fitur lengkap menarik didalamnya semakin mendukung untuk kegiatan bisnis pula. Sekarang pun sosial media bisa diakses oleh siapa pun, dimana pun dan kapan pun hanya dengan menggunakan smart phone. Dampak dari perkembangan teknologi yang semakin canggih tersebut tentunya sekarang menjadi mengubah cara masyarakat berkomunikasi dan berinteraksi dalam kehidupan bersosial.apa-pentingnya-peranan-sosial-media-dalam-bisnis-coffee-shop

Kehadiran Sosial Media Pada Coffee Shop

Menariknya lagi kehadiran sosial media yang semakin canggih ini tidak hanya berperan sebagai wadah untuk berinteraksi dan berkomunikasi. Akan tetapi juga dinilai sangat efektif sebagai media untuk promosi produk barang maupun jasa secara online. Selain itu sosial media juga dimanfaatkan sebagai media berkomunikasi antara penjual dengan pembeli.
Tentunya sosial media ini menjadi sebuah terobosan baru bagi dunia bisnis.

Ada beberapa keuntungan dengan promosi sosial media, salah satunya adalah menghemat biaya iklan, lebih efektif, cepat, jangkuannya jauh lebih luas. Selian itu dengan promosi secara onine tentu produk bisa dilihat calon konsumen, tentu dengan begitu akan memudahkan dalam menarik para calon konsumen baru. Tentunya kehadiran sosial media ini bisa menjadi senjata yang ampuh untuk memperkenalkan produk maupun jasa pada khalayak luas.

Tak hanya trend sosial media yang sedang berkembang dengan pesatnya namun juga trend anak muda milenial zaman sekarang yang memiliki kebiasaan baru di era modern ini. Trend ngopi sambil nongkrong kemudian foto dan mengupload kopi menjadi gaya hidup dan budaya para anak muda milenial. Ngopi sambil mengerjakan tugas, belajar kelompok maupun berkumpul bersama teman menyajikan kelezatan yang luar biasa. Maka tak heran ya seiring dengan perkembangan teknologi ini, peluang bisnis coffee shop turut berkembang dan semakin terlihat cerah prospeknya.

Peluang Bisnis Coffee Shop

Melihat peluang bisnis kopi yang semakin terbuka luas ini tak heran apabila kini kedai kopi semakin bermunculan dan bertambah banyak setiap harinya. Baik kedai kopi kecil maupun besar. Bahkan kedai dalam konsep modern maupun jadul pun kini laris dan ramai diserbu konsumen karena kekuatan sosial media. Padahal sebelum kemunculan sosial media dulu sangat kecil kemungkinan bagi para kedai baru, kecil bahkan dengan konsep jadul dikenal luas dengan mudah dan bersaing dengan para pelaku bisnis yang lebih dulu.

Dengan alasan tersebut tentunya bisnis kopi sekarang ini sangat menjanjikan keuntungan. Selain karena budaya dan trend gaya hidup anak muda milenial kini. Didukung dengan kehadiran sosial media ini turut membantu mencerahkan peluang bisnis coffee shop. Tentu dengan begitu banyak para pelaku bisnis yang tertarik menjajal bisnis menjanjikan ini. Semakin banyak para pelaku bisnis yang terjun dalam bidang ini maka persaingan pun semakin ketat. Peranan berbagai sosial media membantu pertumbuhan dan peningkatan penjualan.

Seperti yang kita ketahui jika sosial media ini menjadi sebuah gaya hidup masyarakat diseluruh belahan dunia. Dan mereka lebih banyak menghabiskan waktu berjam – jam bermain sosial media. Maka sudah pasti bisnis coffee shop ini akan mendapatkan konsumen dengan mudah dan jangkaunnya jauh lebih luas.

Tanpa menghabiskan biaya promosi yang banyak, dengan beriklan menggunakan sosial media ini cukup efektif dan efisien. Maka ketika kamu menekuni bisnis coffee shop ini pastikan jika kamu selalu aktif dalam / mempromosikan dan membuat konten. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengelola sosial media atau online coffee shop untuk menunjang kesuksesan bisnismu.

Mengelola Sosial Media Bisnis Coffee Shop

Memasang Iklan Berbayar

Kehadiran sosial media memang cukup luar biasa mampu memberikan perubahan dalam dunia bisnis. Dengan adanya fitur berbagai sosial media yang semakin lengkap dan menarik maka cukup mendukung dan meningkatkan penjualan. Hampir sekarang ini sosial media menyediakan layanan pasang iklan berbayar.

Salah satunya adalah facebook ads, instagram ads, pinterest ads, tiktok ads dan masih banyak lagi. Dengan keberagaman sosial media yang menyediakan fitur – fitur tersebut tentunya proses promosi jangkaunya sangat luas karena medianya tidak hanya satu, yang mana kesempatan mencapai target pasar dengan target yang berbeda sangat besar.

Membuat Konten Menarik

Untuk meningkatkan penjualan bisnis coffee shop ini tentu kamu harus rajin dalam membuat sebuah konten. Tujuan dengan adanya konten adalah dengan membuat iklan atau promosi terkonsep secara apik. Tentunya kamu harus membuat konten yang sesuai dengan bisnis kopimu. Sesuaikan dengan target yang kamu bidik, maka kamu bisa dengan mudah menyusun konsep konten dengan mudah.
Jangan melulu dalam mempromosikan produkmu harus selalu upload foto produk. Buat konsep yang lebih menarik dengan memberikan konten yang unik. Bisa video, foto atau gambar bisa pula menyelipkan quote dan juga tips dan trik. Hal tersebut bertujuan agar para pengguna tidak mudah bosan. Selain itu dengan adanya konten – konten menarik maka tidak hanya promosi produks aja namun juga memberikan manfaat dnegan informasi yang kita bagikan.

Komunikasi dan Interaksi

Sosial media merupakan sarana atau wadah untuk berkomunikasi dan berinteraksi antara penjual dan pembeli. Dengan adanya sosial media ini tentu antara penjual dan pembeli bisa saling berkomunikasi dan dengan mudah bertanya mau pun konsultasi tanpa harus ke lokasi langsung. Adanya sosial media ini pula hubungan penjual dan pembeli menjadi lebih dekat dan akrab meskipun berada pada lokasi yang jauh. Bahkan sebelum atau sesudah berkunjung di coffee shopmu komunikasi bisa dibangun untuk kedekatan yang lebih akrab lagi.
Dengan adanya sosial media ini pula interaksi akan saling terjalin dan pembeli yang memposting produkmu akan turut membantu meningkatkan interaksi dengan para calon konsumen baru lewat promosi yang diposting tersebut. Sosial media sudah menjadi makanan sehari – hari semua orang. Tentu hanya dengan sekali memposting foto produk maka akan terjadi interaksi yang jauh lebih luas. Maka dengan begitu produkmu akan mudah dikenali oleh masyarakat luas, yang mana artinya kesuksesan bisnis coffee shopmu imbas dari adanya kemajuan teknologi sosial media ini.
Namun selain dukungan dari penggunaan sosial media sebagai media promosi yang sangat efektif ini tentunya kamu juga perlu meningkatkan faktor lainnya. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kualitas, cita rasa dan ciri khas coffee shopmu. Buat sesuatu yang berbeda agar dapat memenangkan persaingan. Ketika coffee shopmu menampilkan sesuatu yang berbeda dari coffee shop sebelah maka sudah pasti kamu memiliki ciri khas sendiri yang membuat pelanggan repeat order dan kembali berkunjung. Nah semoga dengan kehadiran sosial media ini turut membantu meningkatkan penjualan produk dan menjadi jembatan menuju kesuksesan.

Tinggalkan komentar