Peluang Bisnis

Untung Banyak Bisnis Kopi Dengan Target Generasi Milenial

untung-banyak-bisnis-kopi-dengan-target-generasi-milenial

 

Tahukah kamu jika bisnis kopi milenial kini sangat berpotensi memberikan keuntungan yang menjanjikan? Bisnis kopi kini tengah menjamur dikalangan para anak muda milenial. Berbagai macam kedai kopi bermunculan di berbagai penjuru daerah di seluruh nusantara. Bisnis kopi ini sangat berpeluang cerah dan sukses bagi siapa pun yang mencobanya. Bisnis kopi ini menjadi salah satu bisnis paling trend karena sedang melanda para kaum anak muda di Indonesia. Dengan perubahan trend ngopi dan gaya hidup para anak muda inilah yang turut membantu meningkatkan pertumbuhan kedai kopi.

Keberagaman kedai kopi yang bermunculan ini tentu memiliki cita rasa dan ciri khas masing – masing kopi di setiap daerah. Baik dari jenis kopi maupun cara mengolah dan menyeduhnya. Keragaman budaya di Indonesia juga turut membuat jenis kopi di nusantara ini juga beragam. Cita rasa kopi yang ditawarkan tentunya berbeda tiap daerah. Inilah yang menjadi daya tarik dan candu sendiri bagi para kalangan anak muda. Selain beberapa alasan terkuat diatas ada pula alasan lain yang menjadikan bisnis kopi berpeluang cerah.untung-banyak-bisnis-kopi-dengan-target-generasi-milenial

Trend Kopi Di Kalangan Milenial

Kopi memang sudah ada sejak zaman dahulu dan menjadi trend pada masanya. Namun kini trend ini kembali muncul dengan fenomena yang lebih menarik yang mampu menarik perhatian para pelaku bisnis. Bisnis kopi menjadi idola para anak muda milenial, trend gaya hidup menjadi alasan utamanya. Namun selain alasan tersebut harga kopi yang cenderung murah menjadi alasan lain dibalik itu semua. Sejak dulu hampir semua orang menyukai kopi terutama bagi kaum adam. Namun di era modern ini semakin tak terbatas penggemarnya. Para anak muda milenial baik laki – laki maupun perempuan turut menyukai minuman ini.

Bisnis kopi memang tidak ada habisnya menjadi perbincangan yang cukup populer di beberapa tahun belakangan ini. Ngopi menjadi budaya atau trend masa kini. Meminum segelas kopi sambil nugas, belajar kelompok atau bahkan hanya sekedar berkumpul bersama teman – teman menjadi rutinitas yang tak ada habisnya. Bagi para kalangan milenial minun kopi dan kemudian mempostingnya pada media sosial menjadi trend yang kini hampir diikuti semua kalangan anak muda.

Sekarang ini kedai kopi atau tempat kopi menjadi sebuah markas kekinian bagi para anak muda ini. Baik kedai modern maupun kedai dengan konsep masa lampau pun menjadi incaran dan selalu ramai oleh anak muda. Bagi para pelaku binsis mungkin bisnis kopi ini menjadi salah satu bisnis yang wajib dan patut untuk dicoba. Siapapun yang mampu melihat peluang dan menjanjikannya keuntungan dari bisnis ini pasti berkeinginan untuk turut menjajal bisnis yang satu ini. Untuk siapa pun yang tertarik dengan bisnis kopi ini memang bukan perkara mudah untuk memulainya. Ada beberapa aspek dan hal yang perlu diketahui dan dipelajari. Perhatikan beberapa hal yang harus kamu pahami dalam memulai bisnis kopi ini.

Bagaimana Memulai Bisnis Kopi ?

Menggiurkannya bisnis kopi ini tentu menjalankannya tidak semudah yang kita kira. Akan ada banyak hal yang harus diperhatikan dan dipelajari agar memahami langkah serta bagaimana cara memulainya. Berikut ini akan kita bahas beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memulai bisnis kopi ini. Diantaranya sebagai berikut :

Menyiapkan Konsep

Sebelum kamu memulai bisnis kopi tentunya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan salah satunya adalah dengan menyiapkan konsep atau tema kedai kopi. Mengapa hal ini penting? Nah ketika kamu ingin membuka bisnis kopi maka mau tak mau kamu harus siap bersaing dengan para kompetitor bisnis sejenis yang tak terhitung jumlahnya. Agar bisnismu dapat bersaing maka kamu harus menyiapkan tema unik dan menarik yang mampu menampilkan ciri khas kedaimu.

Modal Bisnis

Meskipun kamu berani dan siap menghadapi segala tantangan dan juga resiko ketika menekuni bisnis kopi ini maka tak cukup hanya bermodalkan itu saja. Hal penting pertama kali yang perlu dipersiapkan adalah modal bisnis. Tidak hanya berupa uang saja namun juga mempersiapkan perhitungan detail dan rincian data serta perencanaan sistem. Apa saja yang dibutuhkan serta anggaran biaya yang dibutuhkan dalam berbisnis.

Kualitas dan Ciri Khas

Ada beberapa hal penting yang menjadikan bisnis kopi akan mudah berkembang. Untuk dapat meningkatkan penjualan maka kamu perlu upgrade dan memperbaiki beberapa aspek. Tingkatkan kualitas pelayanan, produk dan juga strategi pemasaran yang digunakan. Pastikan juga kamu membuat ciri khas kedaimu untuk membedakan kedai kopi milikmu dengan kedai kopi lainnya. Kamu bisa meningkatkan kecepatan, kualitas, harga, cita rasa dan juga konsep yang menjadi ciri khas. Dengan begitu kedaimu akan dengan mudah diingat dan dikenal oleh para anak muda milenial.

Memilih Lokasi Strategis

Dalam dunia bisnis apapun lokasi startegis menjadi aspek penting yang tak boleh ketinggalan. Rugi saja ketika marketing lancar dan bagus namun lokasi tidak mendukung maka akan sama saja. Pemilihan lokasi ini hubungannya erat dengan target pasar yang kamu bidik. Pastikan jika lokasinya mudah ditemukan, ramai, akses jalan mudah ditempuh dengan menggunakan kendaraan apapun, lahan parkir luas, dan yang pasti lokasi sekitar dekat dengan target pasar yang akan dibidik.

Menyiapkan Strategi Pemasaran

Menyiapkan strategi pemasaran memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia bisnis. Aspek ini merupakan kunci utama yang mendukung satu beberapa aspek lainnya. Memang semua harus  saling berjalan seirama agar tujuan yang diharapkan tercapai. Meski beberapa aspek lainya terpenuhi  namun jika pemasaran tidak dilakukan maka akan sama saja. pemasaran menjadi roda terdepan dan menjadi ujung tombak suatu bisnis.
Tanpa adanya strategi pemasaran maka produk tidak akan dikenal oleh customer. Maka pastikan kamu menyiapkan strategi pemasaran yang tepat dan sesuai. Gunakan target pasar yang dipilih sebelumnya, lakukan riset dan analisa terlebih dahulu kemudian susun startegi yang mendukung dan berpotensi cerah untuk memenangkan persaingan. Manfaatkan berbagai strategi marketing baik online maupun offline secara maksimal.

Menyiapkan Kemasan Menarik

Kemasan menjadi salah satu yang juga tak kalah penting dan wajib untuk meningkatkan penjualan. Kemasan semakin luas fungsinya tidak hanya sebagai wadah saja. Seperti yang kita tahu gaya dan trend minum kopi kemudian mengungah foto pada internet turut menjadi salah satu startegi pemasaran untuk memperkenalkan produk secara luas. Tentunya kemasan haruslah menarik dan juga unik. Kemasan dengan desain yang menarik mampu menarik para calon customer lain dan memudahkan dikenal luas oleh para masyarakat dimana pun berada.
Kemasan kopi kini biasanya didesain secara inovatif demi untuk menarik perhatian para calon customer. Selain rasa yang menjadi keutamaan bagi para pecinta kopi. Kebanyakan mereka juga tertarik dengan kemasan yang memiliki desain menarik sehingga menggiurkan untuk dicoba dan dinikmati. Penggunaan kemasan yang menarik juga disarankan untuk memudahkan dalam membawanya. Ada beberapa pilihan kemasan yakni cup plastik dan paper cup. Biasanya penggunaan cup plastik untuk kopi dingin dan ppaer cup untuk kopi panas. Maka pastikan jika kamu memilih kemasan sesuai fungsinya dan gunakan desain kemasan yang menarik.
Selamat mencoba dan semoga sukses :)
Sumber gambar : http://www.garuda-mas.com