Kopi Sipirok Jadi Primadona Sejak Zaman Dulu, Gimana Karakternya?

 

Kopi Sipirok merupakan salah satu kopi nusantara yang memiliki karakter unik. Kopi ini adalah kopi dari Sumatera Utara. Kenikmatan dan keunikan rasa dari kopi – kopi Sumatera ini sudah tidak bisa diragukan lagi. Bahkan kenikmatannya ini terkenal tidak hanya di Indonesia saja namun juga sampai ke mancanegara. Memang tak seperti kopi – kopi lainnya yang namanya melambung tinggi. Namun bagi para pecinta kopi mungkin sudah mengenal kopi yang satu ini.kopi-sipirok-jadi-primadona-sejak-zaman-dulu-gimana-karakternya

Kopi Sipirok ini adalah kopi dari daerah Sumatera Utara, yang mana Sipirok ini berada di Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Nama Kopi Sipirok berasal pada nama daerah yang dulunya bernama Sipirok yang kemudian berubah menjadi kota Tapanuli Selatan. Kopi ini berasal dari dataran tinggi Sipirok, Sumatera Utara yang berada dekat dengan Mandailing. Dan Kopi dari Mandailing ini sudah terkenal dengan cita rasanya di dunia.

Kopi Sipirok ini sudah ditanam di Sumatera Utara sejak tahun 1800-an, pada saat itu pada masa penjajahan Belanda. Saat itu sedang ada perluasan perkebunan dan pengolahan Kopi Mandaliang. Daerah Sipirok ini sendiri merupakan daerah dataran tinggi dengan udara yang dingin. Jenis Kopi Sipirok ini adalah jenis kopi arabica yang terkenal rasa dan aroma yang nikmat.

KOPI SIPIROK

Daerah Asal Kopi Sipirok

Kopi Sipirok ini adalah kopi yang berasal dari daerah Sipirok, Sumatera Utara berdekatan dengan Mandailing. Kopi ini tumbuh di dataran tinggi dengan cuaca yang cukup dingin. Dengan begitu tanaman kopi ini tumbuh subur dan cocok ditanam disana.

Nama dari Sipirok ini berasal dari nama daerah Kecamatan Sipirok yang kini berubah menjadi Kabupaten Tapanuli Selatan. Jadi nama Sipirok adalah nama merk di perdagangan Internasional untuk kopi daerah Tapanuli. Bukan lagi nama varietas kopi dalam suatu daerah.

Ciri Khas

Tiap para pecinta kopi ini ketika menikmati memiliki kesan tersendiri pada cita rasa yang khas dan juga karakter kopi ini. Aroma yang unik memberikan sensasi yang cukup menarik pada kopi yang satu ini. Ciri khas dari kopi ini rasa pahit yang kental, dengan tingkat keasaman yang rendah. Dengan dipadukan rasa rempah dan juga coklat.

Dominasi rasa earthy pada kopi yang satu ini begitu kuat. Berbeda dengan kebanyakan jenis kopi yang lebih kuat rasa buahnya.
Karakter kopi yang menarik dan unik inilah yang menjadikannya disukai oleh para pecinta kopi di dunia.

Karateristik

Keunikan dari karateristik dari Kopi Sipirok ini adalah rasanya yang cukup legit. Jika diseruput rasanya menggoda. Tekstur dari kopi ini tidak pekat dan cukup lembut. Rasanya yang pahit menjadi sangat khas dan mudah mengalir. Karakter Kopi Sipirok ini ada rasa spicy seperti jahe dan sereh, coklat dan juga asam yang rendah. Rasa unik yang berkarakter khas ini yang membedakanya kopi Sumatera ini dengan kopi daerah sekitarnya.

Rasa asam yang terbilang cukup rendah dan cenderung memiliki karakter rasa agak manis, legit dan juga sensasi rasa kopi yang kental dan kuat. Dengan kadar tingkat keasaman yang rendah, kopi ini sangat aman untuk dikonsumsi oleh para pecinta kopi yang memiliki masalah dengan lambung.

Kemasan Kopi Temanggung

Standing Pouch Aluminium Foil

Kemasan ini namanya standing pouch aluminium foil yang sedang hits dan paling banyak digunakan saat ini. Bahanya adalah laminasi bagian luarnya doff atau istilah lainnya laminasi mate. Dilengkapi dengan zipper lock untuk tutup ulang kemasan, model stand pouch doff aluminium foil banyak dipakai para pelaku bisnis kopi bubuk maupun biji kopi.

Terbuat dari bahan full aluminium foil dengan kualitas food grade premium, kemasan stand pouch ini punya beberapa varian warna yakni hitam, gold, putih dsb. Dan menariknya sekarang standing pouch ini ada beberapa warna loh. Bisa disablon dengan desain menarik dan kekinian juga. Sisi depan dan belakangnya juga bisa disablon maupun di tempelin stiker buat nunjukin produk brandmu.standing-pouch-aluminium-foil-sipirok

Kelebihan kemasan stand pouch :

  1. Laminasi pada kemasan stand pouch aluminium foil hitam, putih, gold, hijau, merah dan masih banyak lagi. Kemasan ini banyak dicari para pelaku usaha kopi karena kemasan terlihat lebih elegan dan eksklusif.
  2. Stand pouch kopi dari aluminium foil ini dilengkapi dengan zipper lock yang berfungsi sebagai pengaman ekstra, sehingga aroma dan kualitas kopi masih bisa tetap terjaga meski kemasan sudah dibuka segelnya oleh para konsumen.
  3. Tidak hanya itu saja, kemasan kopi ini jg bisa ditambahkan lubang valve udara, sehingga konsumen bisa mencium aroma kopi tanpa menyebabkan udara luar masuk ke dalam kemasan.
  4. Untuk mempercantik kemasan, pelaku bisnis kopi juga bisa menambahkan sticker brand atau merk yang dipasarkan.

Standing Pouch Craft

kemasan berikut ini adalah standing pouch craft, kemasan ini terbuat dari kertas coklat dan laminasi dalamnya alufoil. Berlaminasi dalam alufoil membuat produk bubuk tidak mudah menggumpal dan tetap menjaga aroma kopi lebih lama. Untuk menutup kemasan ini bisa menggunakan mesin handsealer. Kemasan ini juga bisa diaplikasikan menggunakan sablon ataupun stiker untuk cetak desainnya. Gratis desain untuk setiap pembelian kemasan. Kemasan ini juga bisa ditambah dengan lubang valve (lubang hirup untuk aroma kopi).
standing-pouch-craft
Kelebihan dari kemasan standing pouch craft ini adalah bahannya yang sangat elegan, kemasan ini juga bisa dilengkapi denģan window yang akan membuat produk kamu terlihat dari luar kemasan sehingga tampak lebih menarik. Menariknya lagi kemasan ini ditambah dengan adanya zipper lock sehingga ketika produk dibuka bisa ditutup kembali tanpa takut tumpah.

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar