Menelisik Keunikan Cita Rasa Kopi Liberika Rangsang Meranti

Di Sumatera terdapat kopi unik yang dikenal dengan nama Kopi Liberika Rangsang Meranti. Kopi di negara Indonesia sangat melimpah ruah dan setiap masing – masing daerah kopi nusantara ini terkenal dengan karakternya masing – masing. Bagi sebagian orang mungkin tak banyak yang mengenal kopi yang satu ini. Di Sumatera sendiri biasanya terkenal dengan Kopi Gayo dan Kopi Lampung. Namun yang tak kalah menarik perhatian adalah kopi yang satu ini.
Kopi ini adalah kopi unik yang berada tepatnya di Kedaburapat, Rangsang, Meranti. Disebut – sebut sebagai kopi unik karena memiliki beberapa ciri khas khusus yang sangat menonjol. Secara kasab mata kopi ini memiliki ukuran yang lebih besar dari biji kopi pada biasanya. Berbeda dengan kopi jenis arabica dan robusta, kopi ini memiliki ciri khas tersendiri yakni memiliki biji yang sangat tebal. Sehingga proses pengolahannya tidak bisa manual.menelisik-keunikan-cita-rasa-kopi-liberika-rangsang-meranti
Ketebalan biji kopi yang satu ini menjadikanya tahan untuk disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama. Meskipun biji kopi ini besar namun kopi ini memiliki kadar kandungan kafein yang rendah. Jadi kopi ini sangat aman dikonsumsi bagi para pecinta kopi yang memiliki masalah dengan lambung. Keunikan lain dari kopi ini adalah keunggulan yang luar biasa karena mampu tumbuh di tanah gambut yang mana terkenal sulit untuk ditanami.

KOPI LIBERIKA RANGSANG MERANTI

Daerah Asal Kopi Liberika Rangsang Meranti

Kopi Liberika Rangsang Meranti ini dilansir berasal dari daerah Liberia, Afrika Barat. Biji kopi ini tumbuh dibawa oleh Belanda pada abad ke 19 dan dikembangkan pada abad tersebut sebagai pengganti tanaman arabica yang terserang penyakit. Dulu pada awal mulanya kopi ini dikenal dengan nama Kopi Sempian. Dan dulunya kopi ini tumbuh di provinsi Riau dan Jambi. Kopi ini tumbuh diatas tanah gambut dan di tanah mineral.
Uniknya kopi yang satu ini dengan yang lainnya karena dapat tumbuh di dataran rendah dengan ketinggian 2 mdpl. Kopi ini tumbuh di daerah Kedaburapat, Rangsang, Meranti. Meskipun kopi ini  tumbuh diatas tanah gambut yang mena terkenal dengan tingkat keasaman yang tinggi. Justru kadar kafein dan keasaman yang dihasilkan dari kopi ini sangat rendah.

Ciri Khas

Selain rasanya yang unik, kopi yang satu ini berukuran lebih besar jika dibandingkan dengan biji kopi lainnya, baik arabica maupun robusta. Kulit buah biji kopi ini cukup tebal. Sehingga tidak heran jika ukuran buah kopinya besar. Dengan begitu maka kopi ini bisa bertahan jauh lebih lama jika dibandingkan dengan kopi lainnya. Dengan keunikan dan kelebihan yang dimiliki dari kopi ini harga perkilonya mencapai 180.000 sampai 200.000 per kilo dalam bentuk bubuk. Harga yang cukup fantastis.

Karateristik

Berbicara soal keunikan rasa dan aroma dari kopi yang satu ini bisa dikatakan sangat menarik. Dilihat dari faktanya jika kopi ini tumbuh ditanah gambut yang mana memiliki kadar keasaman yang tinggi. Namun kopi ini memiliki kadar kafein yang cukup rendah yakni sekitar 0,9 sampai 1 %. Keunikan rasa lainnya yakni  perpaduan rasa seperti nangka, kopi dan coklat. Padahal tanaman ini ditanam tidak bersama dengan tanaman kakao. Melainkan tumbuh dalam satu lokasi dengan tanaman kelapa.

Kelebihan

Kopi Liberika Rangsang Meranti yang sebelumnya dikenal dengan nama Kopi Sempian ini memiliki kelebihan sudah memiliki hak paten dan memiliki sertifikat Indikasi Geografis. Sertifikat ini resmi diberikan pada sumber daya alam hayati, hasil pertanian pengolahan atau hasil kerajinan tangan yang memiliki khas dibandingkan dengan produk daerah lain.
Kopi ini memang menjadi salah satu kopi terunik di Indonesia yakni karena mampu tumbuh diatas tanah gambut. Di Indonesia sendiri hanya ada 2 jenis kopi yang mampu hidup dalam lahan gambut. Meskipun begitu kopi yang satu ini kualitasnya tidak bisa diragukan lagi.

Potensi

Jika dilihat potensi pasarnya, kopi ini cukup cerah dan menarik dari kopi yang lainnya. Hal ini karena melihat dari beberapa keunikan dan kelebihannya. Tak heran lagi meskipun di lokal sendiri jarang terkenal namun permintaan pasarnya cenderung naik dan semakin bertambah. Bahkan tidak hanya bisa menembus pasar lokal namun juga berhasil menembus pasar internasional.
Di daerah Rangsang Meranti ini biji kopi yang dihasilkan bisa mencapai 2 sampai 3 ton dalam satu tahun. Permintaan dari pasar lokal di kedai kopi di sekitar lumayan cukup banyak. Meskipun masih terbilang belum begitu naik pamor kopi yang satu ini. Namun kehadiran kopi unik yang satu ini kini perlahan mulai dicari oleh para pecinta kopi karena karateristiknya yang menarik.

KEMASAN KOPI LIBERIKA RANGSANG MERANTI

Standing Pouch Printing Doff

Kemasan ini namanya standing pouch alupaper printing doff terbuat dari bahan aluminium foil di bagian dalam dan bagian luar dilaminasi art paper yang bisa diprint dengan desain merk/ brand produk sesuai dengan kebutuhan para pelaku bisnis kopi.

Pada umumnya kemasan stand pouch alupaper ini dipilih para pelaku bisnis kopi yang ingin naik kelas dengan kemasan yang sudah dibranding dengan merk/ brand produk yang dipasarkan, namun dengan minimal order yang masih cukup terjangkau. Kemasan stand pouch printing ini bagian dalamnya dilapisi bahan aluminium foil dengan dilaminasi art paper printing dengan tampilan glossy maupun doff.

paper-cup-baner-web

standing-pouch-printing-doff-liberika

Kelebihan standing pouch printing doff :

  1. Kemasan yang sudah dilengkapi merk/ brand produk yang mereka pasarkan. Dengan adanya kemasan standing pouch alupaper printing ini.
  2. Meski tidak dilengkapi dengan zipper, tapi kemasan stand pouch ini bisa direkatkan dengan alat pres listrik atau UKM biasa menyebutnya dengan istilah hand sealer.
  3. Laminasi glossy ataupun doff pada kemasan stand pouch alupaper, membuat kemasan terlihat semakin eksklusif dan elegan sehingga mempertajam desain merk/ brand yang dipasarkan.

Standing Pouch Aluminium Foil

Kemasan ini namanya standing pouch aluminium foil yang sedang hits dan paling banyak digunakan saat ini. Bahanya adalah laminasi bagian luarnya doff atau istilah lainnya laminasi mate. Dilengkapi dengan zipper lock untuk tutup ulang kemasan, model stand pouch doff aluminium foil banyak dipakai para pelaku bisnis kopi bubuk maupun biji kopi.

Terbuat dari bahan full aluminium foil dengan kualitas food grade premium, kemasan stand pouch ini punya beberapa varian warna yakni hitam, gold, putih. Dan menariknya sekarang standing pouch ini ada beberapa warna loh. Bisa disablon dengan desain menarik dan kekinian juga. Sisi depan dan belakangnya juga bisa disablon maupun di tempelin stiker buat nunjukin produk brandmu.

standing-pouch-aluminium-foil-liberika

Kelebihan kemasan stand pouch :

  1. Laminasi pada kemasan stand pouch aluminium foil hitam, putih, gold, hijau, merah dsb. Banyak dicari para pelaku usaha kopi karena kemasan terlihat lebih elegan dan eksklusif.
  2. Stand pouch kopi dari aluminium foil ini dilengkapi dengan zipper lock yang berfungsi sebagai pengaman ekstra, sehingga aroma dan kualitas kopi masih bisa tetap terjaga meski kemasan sudah dibuka segelnya oleh para konsumen.
  3. Tidak hanya itu saja, kemasan kopi ini jg bisa ditambahkan lubang valve udara, sehingga konsumen bisa mencium aroma kopi tanpa menyebabkan udara luar masuk ke dalam kemasan.
  4. Untuk mempercantik kemasan, pelaku bisnis kopi juga bisa menambahkan sticker brand atau merk yang dipasarkan.

Standing Pouch Craft

Kemasan berikut ini adalah standing pouch craft, kemasan ini terbuat dari kertas coklat dan laminasi dalamnya alufoil. Berlaminasi dalam alufoil membuat produk bubuk tidak mudah menggumpal dan tetap menjaga aroma kopi lebih lama. Untuk menutup kemasan ini bisa menggunakan mesin handsealer. Kemasan ini juga bisa diaplikasikan menggunakan sablon ataupun stiker untuk cetak desainnya. Gratis desain untuk setiap pembelian kemasan. Kemasan ini juga bisa ditambah dengan lubang valve ( lubang hirup untuk aroma kopi ).standing-pouch-craft-liberika

Kelebihan dari kemasan standing pouch craft ini adalah bahannya yang snagat elegan, kemasan ini juga bisa dilengkapi denģan window yang akan membuat produk kamu terlihat dari luar kemasan sehingga tampak lebih menarik. Menariknya lagi kemasan ini ditambah dengan adanya zipper lock sehingga ketika produk dibuka bisa ditutup kembali tanpa takut tumpah.

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar